Page 1 of 2
beginner mau tanya
Posted: 20 Jan 2008, 19:39
by Redblur
mau tanya dong
gmn caranya landing tapi tidak loncat2
padahal throttle sudah close eh masih gas nya kenceng
apa trim nya di kurangin ???
glow plug itu untuk semua engine yah?
apa ada ukuran nya??
engine 10 dan 15 bisa ngankat berapa gram??
Posted: 21 Jan 2008, 11:11
by christoffel
Pada pesawat, proses landing yg benar itu harus dikondisikan agar pesawat pada tahap hampir stall, alias kecepatannya sudah hampir memasuki stall speed. Stall speed pada tiap pesawat pasti nggak sama, faktor yg paling dominan adalah wing loading & airfoil sayap.
Jadi, body pesawat akan turun (ketinggiannya) bukan karena elevator down (malah biasanya elevator sedikit up) tapi karena memang daya angkat sayap sudah nggak cukup untuk bikin pesawat naik.
Idealnya, saat touch, hidung pesawat malah agak naik, jadi sepertinya pesawat masih pengen terbang, tapi nggak bisa karena kecepatannya nggak cukup tinggi.
Landing loncat2 itu berarti pesawat masih memiliki cukup kecepatan untuk naik, disamping juga ada kemungkinan faktor bounching akibat hard landing ...
Saran saya, jangan terlalu takut untuk nambah throttle ... (Banyak orang takut untuk nambah throttle saat landing karena takut pesawatnya nggak bisa berhenti). Landing dg bantuan mesin jauh lebih enak daripada landing dengan mesin mati ....
Dengan sedikit elevator up, sudut serang sayap akan bertambah, akibatnya drag juga nambah, jadi pesawat akan lebih ngerem. (kalau pesawatnya malah naik, berarti kecepatannya masih terlalu tinggi). Trus setelah memasuki tahap hampir stall, gunakan tenaga mesin untuk menjaga agar kecepatan pesawat bisa bertahan konstan, sampai touch. baru tutup throttle ....
Wah, koq jadi panjang ya ... Sorry ... mudah2-an bisa membantu, dan nggak tambah bingung.
Posted: 21 Jan 2008, 11:13
by christoffel
glow plug nggak bisa sama untuk semua mesin .... ada macem2 pak ...
tapi OS8 secara umum bisa untuk semua ....
Posted: 21 Jan 2008, 16:31
by Redblur
nah itu masalah nya
aku dah close throttle terus sampe runway panjang aku tahan dikit2 eelvator eh malah naik
Posted: 21 Jan 2008, 17:28
by x wing
landing gear nya pake sepatu khusus biar ga kepanasan... karena terik nya matahari...
udah main engine euy... HEBAT mas blur
Posted: 21 Jan 2008, 20:33
by Yudha
idlle throtle nya terlalu tinggi tuh blur
Posted: 21 Jan 2008, 21:23
by Redblur
jadi trim nya di turunin ?
@xwing
hihihihi,jadi duta perusak lingkungan !!
@christoffel
beda glowplug nya itu dari mana yah pak?
Posted: 22 Jan 2008, 00:29
by su-31
christoffel wrote:Landing loncat2 itu berarti pesawat masih memiliki cukup kecepatan untuk naik...
Yudha wrote:idlle throtle nya terlalu tinggi tuh blur
makasih buat oom Christoffel, bang Yudha & rekan lain tuh Blur...
Ayo, tanya terus.., belajar trus.., terbang terusssssssssss !.
Jangan ngecewain oom Kucing ya... he he he.
Posted: 22 Jan 2008, 05:36
by Ary
christoffel wrote:glow plug nggak bisa sama untuk semua mesin .... ada macem2 pak ...
tapi OS8 secara umum bisa untuk semua ....
Salam pak Chris, baru gabung ya, dah ditungguin dari dulu...
gimana kabar anak2 asuh pondok candra? dah mantap semua ya... pada hover semua sy dengar...
Pak redblur ini,

(ups avatarnya dah kelihatan ada kumisnya blur) semangatnya tinggi skl pak Chris,
beri pencerahan yg banyak pak, biar keracunan enginenya tambah mantap...

Posted: 22 Jan 2008, 06:03
by Redblur
su-31 wrote:christoffel wrote:Landing loncat2 itu berarti pesawat masih memiliki cukup kecepatan untuk naik...
Yudha wrote:idlle throtle nya terlalu tinggi tuh blur
makasih buat oom Christoffel, bang Yudha & rekan lain tuh Blur...
Ayo, tanya terus.., belajar trus.., terbang terusssssssssss !.
Jangan ngecewain oom Kucing ya... he he he.
tapi om wis kemaren aku dah close terus naikin elevator malahan naik ke atas lagi hehehehe
