Rekan rekan.. apa sudah pernah ada yg membahas?..
1. kalau putaran engine CW searah jarum jam.. untuk pusher impacknya pada mesin gimana ya? rusakkah?
2.trus utk propeler apa cukup dibalik saja atau ada design khusus utk pusher?
3.Kalau engine saduh breakin normal unclockwise runing bagus ... trus di balik putarnya apakah perfomansinya berubah atau tetap sama?
Mohon pencerahannya.. suhu...
Kalau putaran engine dibalik untuk pusher...
Moderator: sudjai sarmo
- Dedy
- Staff Sergeant
- Posts: 317
- Joined: 24 Apr 2007, 12:48
- Location: Manado
- Ary
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1107
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Wah Om Ded dah mulai pusher ya..
Yg pernah saya coba , phusher nggak masalah pada mesin tapi mesin jgan didalam cowling ya...
Kalau motor elektrik gampang kita rubah jadi pusher tapi kalau engine IC ada dua
kemungkinan , pakai prop khusus pusher, jadi mesin tetap berputar normal CCW dan cara kedua
dengan prop biasa tapi engine yg memang bisa dirubah putaraannya CW , biasanya engine model ini
posisi karburatornya bisa diputar 90 derajat dari posisi asal, ini berhubungan sama letak porting dan timingnya sehingga mesin yg awalnya berputar CCW bisa berputar CW, contohnya beberapa
model dari engine merk ENYA..
Masalah breakin sih cukup sekali saja pada waktu engine masih baru ....
Yg pernah saya coba , phusher nggak masalah pada mesin tapi mesin jgan didalam cowling ya...
Kalau motor elektrik gampang kita rubah jadi pusher tapi kalau engine IC ada dua
kemungkinan , pakai prop khusus pusher, jadi mesin tetap berputar normal CCW dan cara kedua
dengan prop biasa tapi engine yg memang bisa dirubah putaraannya CW , biasanya engine model ini
posisi karburatornya bisa diputar 90 derajat dari posisi asal, ini berhubungan sama letak porting dan timingnya sehingga mesin yg awalnya berputar CCW bisa berputar CW, contohnya beberapa
model dari engine merk ENYA..
Masalah breakin sih cukup sekali saja pada waktu engine masih baru ....
- Dedy
- Staff Sergeant
- Posts: 317
- Joined: 24 Apr 2007, 12:48
- Location: Manado
Iya nih Om.. pengen coba coba ..berarti ada engin khusus yg bisa dual mode CW dan CCW kalau posisi karburator bisa di putar jga.. Kalu OS engine berarti pake prop khusus CCW ataupun prop dibalik namun posisi karburator didepan prop mempengaruhi kinerja mesinkah? sedangkan kalau normal CCW sedotan udara membantu pemasukan udara ke karburator..
- Ary
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1107
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
- Dedy
- Staff Sergeant
- Posts: 317
- Joined: 24 Apr 2007, 12:48
- Location: Manado
- seasickers
- Senior Airman
- Posts: 183
- Joined: 23 Jan 2007, 13:50
- Location: Semarang
- Contact:
Yup om, ngapain pake mesin yang aneh-aneh, untuk pusher pake engine biasa aja cuman dibalik posisinya dan tentunya pake propeller khusus pusher.
Kalo mesin dibalik putarannya bisa nyala tp idle saja untuk dapat powernya gak akan bisa om, alih-alih nyala mesinnya tapi malah fuel nyemrot dr karbunya bisa jadi.
Kalo prop pusher pitch nya berbalikan dng prop normal, tp kalo prop normal di balik kan gak ngerubah pitchnya tapi arah putarannya . bukan begitu suhu?
Kalo mesin dibalik putarannya bisa nyala tp idle saja untuk dapat powernya gak akan bisa om, alih-alih nyala mesinnya tapi malah fuel nyemrot dr karbunya bisa jadi.
Kalo prop pusher pitch nya berbalikan dng prop normal, tp kalo prop normal di balik kan gak ngerubah pitchnya tapi arah putarannya . bukan begitu suhu?