Page 1 of 2

Kalau putaran engine dibalik untuk pusher...

Posted: 08 Feb 2008, 09:07
by Dedy
Rekan rekan.. apa sudah pernah ada yg membahas?..
1. kalau putaran engine CW searah jarum jam.. untuk pusher impacknya pada mesin gimana ya? rusakkah?
2.trus utk propeler apa cukup dibalik saja atau ada design khusus utk pusher?
3.Kalau engine saduh breakin normal unclockwise runing bagus ... trus di balik putarnya apakah perfomansinya berubah atau tetap sama?

Mohon pencerahannya.. suhu...

Posted: 08 Feb 2008, 09:29
by Ary
Wah Om Ded dah mulai pusher ya..
Yg pernah saya coba , phusher nggak masalah pada mesin tapi mesin jgan didalam cowling ya...

Kalau motor elektrik gampang kita rubah jadi pusher tapi kalau engine IC ada dua
kemungkinan , pakai prop khusus pusher, jadi mesin tetap berputar normal CCW dan cara kedua
dengan prop biasa tapi engine yg memang bisa dirubah putaraannya CW , biasanya engine model ini
posisi karburatornya bisa diputar 90 derajat dari posisi asal, ini berhubungan sama letak porting dan timingnya sehingga mesin yg awalnya berputar CCW bisa berputar CW, contohnya beberapa
model dari engine merk ENYA..

Masalah breakin sih cukup sekali saja pada waktu engine masih baru ....

Posted: 08 Feb 2008, 10:00
by Dedy
Iya nih Om.. pengen coba coba ..berarti ada engin khusus yg bisa dual mode CW dan CCW kalau posisi karburator bisa di putar jga.. Kalu OS engine berarti pake prop khusus CCW ataupun prop dibalik namun posisi karburator didepan prop mempengaruhi kinerja mesinkah? sedangkan kalau normal CCW sedotan udara membantu pemasukan udara ke karburator..

Posted: 08 Feb 2008, 10:08
by Ary
benar kalau Os sepertinya putarannya nggak ada yg bisa dibalik jadi mesti pakai prop khusus pusher
bukan prop yg biasa dibalik lo, prop biasa biar dibalik juga nggak bisa ....
karbu didepan prop dan dibelakang prop pengaruhnya nggak terasa juga...

Posted: 08 Feb 2008, 10:18
by Dedy
Pernah kejadian waktu breakin OS saya pake stik arahnya padahal CCW lha kok heran saya hembusan angin bukan ke blakang pesawat.. tpi malah ke depan dan mundur pesawatnya pak...mungkin karena pake stisck ke sentak jdi CW trus hidup pak.. tpi yg pasti tenaganya ga keluar kali ya pak..

Posted: 08 Feb 2008, 12:47
by Ary
Iya memang sering kejadian engine putar terbalik tapi tidak bisa throttle lebih tinggi lagi jadi sekedar idle saja...

Posted: 08 Feb 2008, 16:07
by Dedy
hmm gitu ya om..masih penasaran jga nih.. apa harus dicoba dulu x ya om.. korbanin engine 1.. hehe.. try n error....om engine enya yg khusus putar CW utk pusher pernah tau dimana ya?

Posted: 08 Feb 2008, 16:30
by justinus
Pake aja prop pusher. Enginenya bisa apa aja.

Posted: 08 Feb 2008, 18:11
by Dedy
justinus wrote:Pake aja prop pusher. Enginenya bisa apa aja.


Jadi tanpa merubah putaran mesin om?

Posted: 09 Feb 2008, 19:09
by seasickers
Yup om, ngapain pake mesin yang aneh-aneh, untuk pusher pake engine biasa aja cuman dibalik posisinya dan tentunya pake propeller khusus pusher.
Kalo mesin dibalik putarannya bisa nyala tp idle saja untuk dapat powernya gak akan bisa om, alih-alih nyala mesinnya tapi malah fuel nyemrot dr karbunya bisa jadi.
Kalo prop pusher pitch nya berbalikan dng prop normal, tp kalo prop normal di balik kan gak ngerubah pitchnya tapi arah putarannya . bukan begitu suhu?