Autorotation terpaksa

Moderators: Syafik, ferry, medy, thom45

User avatar
ferry
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2015
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Autorotation terpaksa

Post by ferry »

Sabtu 1 maret biasa kami latihan di Laguna seperti biasa namanya Juga MOC kalo gak crash malah gak bisa tidur nyenyak sepertinya ada aja yg kurang...... :lmao:.....demikian juga pagi ini 2 buah heliku crash dengan sempurna yaitu heli Beam E4 dan Trex 600 nitro.....sebenernya persiapan ini dan itunya/pernak-pernik heli sdh ready pd malam harinya, dateng kelapangan dengan membawa pasukan kesayangan yg akhir2 ini selalu menemani.....dimulai dengan Beam E4 setelah pre flight check sdh dilakukan mulailah heli kubawa ketengah lapangan dan hover dgn sempurna baru setelah itu melakukan sedikit manuver......setelah selesai baru kemudian berputar2 dgn figure 8 pas heli ngebang kekiri mendadak ESC cut Off akhirnya Beamku auto dengan terpaksa dan sedikit kehilangan putaran akhirnya hard landing yg terjadi karena ESC mati shg tidak ada kerusakan apapun kecuali antenna retainer lepas....diyakinkan bahwa heli oke dicoba kembali untuk hover ternyata emang tdk bermasalah......setelah istirahat dulu menenangkan jempol akhirnya kuputuskan terbang dgn Trex 600 nitro.....range check dll sdh dilakukan heli hover dgn mantap....berputar2 sejenak mulailah idle up switch on heli meraung2 dan melakukan manuver2 dgn cukup tenaga.....rupanya saya sedikit kelupaan pada bukaan nedle valve shg heli sedikit lean.....pantesan kok tenaganya agak beda dari biasa.....tanpa disadari saat heli inverted 3 meter dari tanah mendadak mesin mati......alamak sdh terbayang rupiah didepan mata sambil jempol berusaha untuk auto dgn membalik posisi inverted ke posisi normal......syukur berhasil landing dengan sempurna tanpa kehabisan putaran blade......boleh juga nih heliku yg satu ini.....akhirnya terbersit dlm benak untuk suatu saat mencoba autorotation dengan terencana.......emang urusan yg satu ini jarang dilatih dengan khusus soalnya sdh terbayang berapa rupiah harus keluar dompet kalo gagal melakukannya......sialnya krn Trexku utuh dan tdk ada lecet sedikitpun aku maksain diri menstar engine lagi tanpa menceknya lebih dulu.....alhamdulillah stang secher putus dengan sempurna krn kondisi piston dgn linernya seret bukan main.......ini menjadi pelajaran yg cukup berharga dikemudian hari......akhirnya walaupun cukup puas dengan latihan pagi ini.....cuma hati sedikit kecut harus repair engine kalo sampai dirumah....waduh gak bisa tidur pulas nih...... O:)
User avatar
andre77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1472
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

wah ini akibat dari over heat yah pak Fery sampe macet akhinya pistonnya.
User avatar
sevenslidegrills
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1527
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Post by sevenslidegrills »

Om ferry, tapi klo misalnya om ferry bukan MOC saya yakin sampeyan gak bakal bisa autorotation. Justru karena selalu dihadapnkan dg kondisi dimana kita harus menghindari hard landing, jadi refleksnya udah otomatis ke autorotation. Justru yg gak pernah crash ato kebiasaan hover doang klo tiba2 ESC cut off ato engine mati diatas mesti cuma bengong gak tau harus gimana.
Hehehehehe..... Salut om ma respon jempolnya.

Good decision, in hard situation!
=D> =D> =D> =D>
User avatar
ferry
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2015
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Post by ferry »

andre77 wrote:wah ini akibat dari over heat yah pak Fery sampe macet akhinya pistonnya.


@Andre iya om engine over heat terlalu lean dan piston ceket.....sdh dibongkar om cuma partnya belom cari lagi
@Erick mungkin karena sering terpaksa lama2 jd bisa ya!!.....kekekeke.....terus terang kalo direncanakan aku masih ngeri...... [-(
User avatar
tn
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 974
Joined: 17 Jan 2007, 17:44
Location: seribu sungai (Banjarmasin)
Contact:

Post by tn »

om Fery....MOC nya jangan kelamaan di pegang ach hehehehehehe
kan anda salah satu mentor saya dalam diskusi awal2 aero dulu (waktu pertama kali sama2 nerbangkan esky)
User avatar
ferry
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2015
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Post by ferry »

tn wrote:om Fery....MOC nya jangan kelamaan di pegang ach hehehehehehe
kan anda salah satu mentor saya dalam diskusi awal2 aero dulu (waktu pertama kali sama2 nerbangkan esky)


Iya nih Om sering banget rasanya akhir2 ini......gpplah mungkin ada pelajaran dari kejadian tersebut diatas paling tidak reflex jd terlatih kalo sewaktu2 engine mati mendadak..... :-k
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Wah sayang terlewatkan ya, 2 hari gak bisa terbang... pastinya minggu depan udah terbang lagi pasti...
User avatar
ryan
Posts: 3
Joined: 11 Oct 2007, 18:12
Location: surabaya

Post by ryan »

Wah sebagai saksi mata kejadian, saya yang ngeliat ikut tegang. hahaha
User avatar
andre77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1472
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

@ryan,kok tegang sih kenapa emangnya sampe tegang.
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Seperti apa ya... kok pada tegang...
ada dokumentasinya gak ya... :o
Post Reply

Return to “SURABAYA”