Mesin panas.
Moderator: sudjai sarmo
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Mesin panas.
Mesin Anda panas? Jangan cemas dulu. Mesin itu dari sononya memang dibuat untuk mengubah energi panas menjadi energi mekanik jadi makin besar energi panasnya semakin banyak pula energi mekanik yang bisa didapat,tetapi karena bahan pembuat mesin yang tidak tahan panas maka mesin itu sendiri tidak boleh kelebihan panas,karena kalau mesin mengalami overheating akan terjadi pemuaian yang berlebihan,kalau pistonya yang berlebihan memuainya maka mesin akan ngeJAM,kalau linernya maka kompresi akan drop dan kalau panasnya sangat berlebihan lagi maka mesin akan lumer. Karena mesin harus ringan,biasanya didisain dengan pendinginan udara,jadi untuk mengurangi panas mesin maka udara yang mengalir dan menerpa mesin harus banyak.Setting karburator juga sangat berpengaruh pada suhu mesin.Biasanya rekan2 mengesett karburator pada posisi rich untuk mengurangi overheating.Thermometer sangat penting kita miliki agar kita bisa tau panas mesin.Pemilihan bahan bakar berikut minyak pelumasnya ternyata banyak sekali pengaruhnya pada temperatur mesin dan otomatis berpengaruh juga pada performnace dari mesin tersebut. Selamat terbang.
- wa2n
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1648
- Joined: 17 Feb 2007, 13:23
- Location: Banjarbaru (KalSel)
- Contact:
- andre77
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1472
- Joined: 17 Jan 2007, 14:38
- Location: BANJARMASIN
- Contact:
- wa2n
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1648
- Joined: 17 Feb 2007, 13:23
- Location: Banjarbaru (KalSel)
- Contact:
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- idayats
- Senior Airman
- Posts: 147
- Joined: 06 Mar 2007, 09:28
- Location: KulonProgo/Jakarta
- Contact:
Saya, lagi cari2 cara praktis ngetes engine terlalu panas atau normal.
Saya pakai Heli Raptor 30V2 dengan engine TT 39 aslinya.
Sampai saya ukur temperatur pakai temperatur gun.
di headnya di sirip-sirip 125 deg C
di antara backplate dan head 97 deg C
di back plate 70 deg C
Sementara saya mau ukur di busi nggak bisa karena haeli kan posisi mesin di bawah.
Ini kondisi sudah rich (asap cukup banyak) kalau di buat lean power memang tambah enak. tapi takut over heated.
Ada yang bilang coba pegang di backplate kalau panasnya kaget itu over heated, tapi kalau pmasih bisa di pegang barang satu detik itu nggak apa2.
Tolong para pakar bisa kasih pencerahan.
Saya pakai Heli Raptor 30V2 dengan engine TT 39 aslinya.
Sampai saya ukur temperatur pakai temperatur gun.
di headnya di sirip-sirip 125 deg C
di antara backplate dan head 97 deg C
di back plate 70 deg C
Sementara saya mau ukur di busi nggak bisa karena haeli kan posisi mesin di bawah.
Ini kondisi sudah rich (asap cukup banyak) kalau di buat lean power memang tambah enak. tapi takut over heated.
Ada yang bilang coba pegang di backplate kalau panasnya kaget itu over heated, tapi kalau pmasih bisa di pegang barang satu detik itu nggak apa2.
Tolong para pakar bisa kasih pencerahan.
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
@ Reva:
Raptor 50 saya terbang 15 menit begitu landing langsung saya ukur pakai DURATRAX dengan jarak 2cm pada bagian cylinderhead terukur 110 derajat C, saya pikir masih normal. Tertinggi pernah 160 derajat C bunyi mesinya nggak enak, agak ribut lalu saya rich, sekarang agak turun.
Mesin Piston temperatur tertinggi ada di cylinderhead, jadi disanalah titik pengukuran. Untuk menurunkan temperatur engine bisa dengan cara ganti impeller blower dengan yang banyak bilah impellernya.
Mesin itu sendiri kalau terlalu dingin akan boros bahan bakar.
Untuk mesin berpendingin air temperatur kerja antar 70 derajat C sampai 90 derajat C, kalau lebih dari itu airnya akan menguap dan habis lalu mesinya akan overheating.
Raptor 50 saya terbang 15 menit begitu landing langsung saya ukur pakai DURATRAX dengan jarak 2cm pada bagian cylinderhead terukur 110 derajat C, saya pikir masih normal. Tertinggi pernah 160 derajat C bunyi mesinya nggak enak, agak ribut lalu saya rich, sekarang agak turun.
Mesin Piston temperatur tertinggi ada di cylinderhead, jadi disanalah titik pengukuran. Untuk menurunkan temperatur engine bisa dengan cara ganti impeller blower dengan yang banyak bilah impellernya.
Mesin itu sendiri kalau terlalu dingin akan boros bahan bakar.
Untuk mesin berpendingin air temperatur kerja antar 70 derajat C sampai 90 derajat C, kalau lebih dari itu airnya akan menguap dan habis lalu mesinya akan overheating.
- wa2n
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1648
- Joined: 17 Feb 2007, 13:23
- Location: Banjarbaru (KalSel)
- Contact:
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact: