help : cara break in OS 55AX

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
flytosky
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1791
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

help : cara break in OS 55AX

Post by flytosky »

karena banyak yang pake engine ini, boleh kan sy minta panduannya? soale sy takut n rada trauma untuk break in.
break in perlu distel needle valve berapa putaran? berapa tangki? trus throttle buka seberapa gede?

btw, ini engine tipe apa ya?

thanks
rpramusinto
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 461
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

:bow: bro.. buka aja hi-neddle dgn putaran 2x aja dah cukup.. throttle kecil aja.. tapi bbrp menit sekali throttle gedein dikit sampe agak teriak trus kecilin lagi.. ato bisa juga kamu lean sedikit sampe 1.5 putaran trus di borosin lagi. kurang lebih, ikutin aja dibuku manualnya. kalo untuk engine OS si 2-3 tank aja dh cukup bro. gak usah lama2, soalnya dah lebih presisi kok OS buat nya, tidak seperti engine lain, ASP,GMS dll masih harus agak banyak break in nya. BTW, emang manual nya gak ada? kan jelas bgt tuh... aku ikut manual aja dah markotob kok break in nya..
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

batre glow plug yang oke apa sih?? kok kurang nyala glow plug saya (OS8)...

siapa yang punya skema cara mebuat aki 12 v bisa ngeluarin 1.5, 3, 6 Volt?? repot kalau mesti ngecharge batre glow plug terus....


catatan saya:
brek in engin ternyata sangat-sangat merepotkan.... pake prop spinner eh, malah propnya bisa lepas (bahaya)... pake stik bambu (lengan pegel2).... kebanyakan mutar nedle... minyak malah muncrat... ](*,) ](*,)
rpramusinto
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 461
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

pak, batere glow plug pake aja nicad yg 2500mah atau 1800 mah. dah cukup tahan lama tuh,.
kalo tetep nyalanya kecil, mungkin memang glowplug nya yg udah jelek pak.... :-({|=
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

masih baru om... 2 biji dah saya coba.. munkin batre glow starter saya yang nggak bagus... makanya saya lagi mau belajar elektronik... bikin rangkaian gimana nurunin voltase aki yang 12 v jadi 1,5 dst... bantuin dong rekan2 yang punya skema elektroniknya...
User avatar
Yudha
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2732
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

Kalo saya begini, buka neddle 2,5 putaran lalu start kemudian di rich lagi sampe terdengar seperti suara bebek 4 tak mau koit ( breep....breep....breeep :lol:)selama 3 menit lalu di lean kan sampe rpm tertinggi dan cek suhu (di kepala busi) jangan sampe melebihi 120 derajat ( kalo lebih di rich kan dikit and vice versa)
rpramusinto
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 461
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

sipp bro yudha... ini memang bagus juga.. persis seperti dibuku manual, alhasil power mantab,.. gw agak lupa dikit soalnye... hehehehe
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Post by su-31 »

Kebetulan beberapa engine yg sy break-in, terahir ini OS .55AX.

Dari hasil baca2 buku mengenai Glow engine & pengalaman .61 FX saya yg menurun kompresi nya dlm waktu cuku singkat..
Maka, setiap engine jenis ABC, jangan di run rich dengan throttle kecil.
Jadi Rich dengan full throttle, RPM diatas 6000an..., yg pasti jangan idle !
Ini karena piston sleeve nya mengecil diatas...dan, anu...

...ini monggo liat disini aja deh break-in ABC dan Ringed Engine.
OS .55AX itu sendiri kan ABC.

http://www.mecoa.com/faq/breakin/breakin_abc.htm
http://www.mecoa.com/faq/breakin/breakin_ringed.htm

Saya punya .61 FX, begitu start saya run rich dibawah 3000 rpm, dan berlangsung lama.
Waktu itu saya seneng liat carburator ada embun, dingin.
Saya kira dingin malah bagus..., saya biarin aja rich idle terus2an.
Eh gak tau nya..., ya seperti penjelasan link diatas itu lah.
Temen saya punya OS Max .61, umur nya > 25thn, kok kompresinya lebih bagus dari FX saya ?

cuplikan dari buku David Gierke: (untuk ABC engine, seperti OS FX, AX, bukan RINGed !).

Heat it up quickly !
The engine needs to come up to the operating temp real fast in order for the sleeve to properly expand to achieve optimal fit.


Dan yg berulang saya baca, selain dari link diatas dan buku khusus mengenai Glow Engine:

RUNNING THE ENGINE TOO RICH WILL RUIN THE FIT !!!

Sekali lagi, ini berlaku untuk ABC engine (OS .55AX)..., bukan RING.

Semoga membantu...
User avatar
flytosky
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1791
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

tadi barusan break in. sy buka 2.5 putaran, hampir full throttle tapi rpm nya sepertinya ga terlalu tinggi, sy juga ga punya alat untuk ukur suhu + rpm, jadi main kira kira aja.

sesekali sy kasi Lean, tapi di rich lagi sampai selesai. setelah selesai 1 tangki, sy balikin ke 1putaran needle valve nya n dipake terbang sebentar. tenaganya cukup kuat untuk vertical climb. tapi rasanya RPM nya belum maksimal.

bagusnya dibuka berapa putaran ya itu needle valve setelah dibreak in (sebelum nyampe 10 tangki) ?
User avatar
su-31
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2507
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Post by su-31 »

Kalo sy inflight break-in sekitar 2 putaran.., terasa tarikan nya agak lambat (Prop APC 13x4).

Ya ndak punya RPM & Temp gun ndak masalah kok.
Kan kita bisa puter needle sampai "peak" (sebentar/sesegera mungkin) lalu dibuka.

Jangan terlalu lean/peak..., itu sudah pasti.., bisa jebol engine nya overheat.
...jangan terlalu rich.., biar umur nya engine panjang.

Selamat menikmati engine baru O:)
Post Reply

Return to “Engine”