Engine 46 Low Budget yang bagus apa ya ?

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
Mukti
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 215
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

Engine 46 Low Budget yang bagus apa ya ?

Post by Mukti »

Mohon bantuan bapak2 sekalian [-o< , saya mau beli engine 46 class yang low budget kira2 yang bagus apa ya :-k ? Terutama dilihat dari sisi kekuatan, maintenance dan kemudahan setting. Saya ada beberapa pilihan dengan harga yang hapir sama:
1. JBA 46A
2. Super Tigre GS45
3. OS 46LA
4. GMS.47
User avatar
dedy_coslet
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 401
Joined: 17 Jan 2007, 17:36
Location: Kalibata - Duren tiga Jak-Sel

Post by dedy_coslet »

untuk pilihan no.1 bisa dipakai tuch pak...
karena saya sdh pernah pake itu mesin tokcer yg penting break-in pertamanya yg bener..
worth it lah... dgn harga yg terjangkau mungkin itu pendapat saya..
terima kasih
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

Setuju, no 1 considerably ok dan meet budget saya. seperti oom Dedy, break-in kuncinya....

saya pakai no 4 juga. udah bbrp tahun masih lancar, stater masih bisa pake tangan/chicken stick.......
User avatar
rudyWing
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1042
Joined: 03 Apr 2008, 07:14
Location: PGC

Re: Engine 46 Low Budget yang bagus apa ya ?

Post by rudyWing »

Mukti wrote:Mohon bantuan bapak2 sekalian [-o< , saya mau beli engine 46 class yang low budget kira2 yang bagus apa ya :-k ? Terutama dilihat dari sisi kekuatan, maintenance dan kemudahan setting. Saya ada beberapa pilihan dengan harga yang hapir sama:
1. JBA 46A
2. Super Tigre GS45
3. OS 46LA
4. GMS.47


Hallo PakDe Mukti.. pa kabar? kemana aje nih lama gak nongol di HI..? wah diem² cari engine ada project baru nih PakDe..?? he... O:)
User avatar
aeropet50
trainee
trainee
Posts: 11
Joined: 07 Nov 2007, 13:55
Location: Jakarta
Contact:

Post by aeropet50 »

kalau beda tipis dan kebetulan belum punya OS engine...ambil yang OS46LA setelah punya OS dan sudah mengenal karakteristik engine OS, baru koleksi JBA ( JBA dan OS hanya beda suaranya ) kalau OS suaranya ngecring nyaring JBA suaryanya lebih bariton, tapi handal dan bandel ( tidak mudah pecah ) kecuali sengaja dipalu. Super Tiger adalah kembarannya OS nyaris tidak beda. Untuk urusan engine biasanya saya diskusi dengan mbahnya halim ( Agun - Roska ), dibengkelnya bisa nginep dan seting sendiri sampai blenger kalau mentok baru bangunin dia !
User avatar
Mukti
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 215
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

Post by Mukti »

Terima kasih atas masukannya, kelihatannya banyak yang recomend JBA. Yang dimaksud break in yang benar apakah ada yang spesifik P.Budi / P.Dedy ? Engine ini ABC ya ?

@Rudy : Iya pak lama gak nongol lagi sering masuk kantor, ya ada kerjaan atau tukar hari terkait SKB 5 menteri, maklum orang pabrik. Kebetulan saya dapat limbah pesawat crash dari rekan di HI, saya coba repair sendiri ... rencananya mau dipasang disitu.
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

Oom Mukti, ini ada cara break in JBA(bukan ABC)
robert wrote:brake in nya sebenarnya gambang buat JBA.
Saya biasanya sih brake in nya pakai 5%, trus engine saya nyalakan idle dengan setingan rich sampai kotoran dalam mesin hilang, abis itu needlenya di set sampai mendekati full speed tapi dibuka lagi lebih rich 2-3 klik, kemudian, mesin saya idle dulu 30 detik, kemudian 5 detik full speed, dan selanjutnya 1/3 throttle untuk 15 menit pertama. abis itu.. prosedurnya sama aja. idle,... 30 detik .. kecangin 5 detik biasanya kita akan mengeset lagi needle nya di tangki 3-6-9. (atau totalnya kira2 engine menyala 45 menit).

kadang abis 3 tangki saya terbangin aja langsung.. namun terbang normal2 aja.. bukan kebut2an..
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Biar enak dibaca saja ya om :

Langkahnya :
- Hidupkan Engine
- Idle dengan settinga Rich, sampai kotoran dalam mesin hilang (waktunya berapa menit ? dan kapan kita tau kalau di dalemnya udah hilang ?)
- Stel Needle sampai mendekati full speed tapi dibuka lagi lebih rich 2-3 klik
- Idle dulu 30 detik
- Kemudian 5 detik full speed
- Dan selanjutnya 1/3 throttle untuk 15 menit pertama
abis itu.. prosedurnya sama aja
- Idle dulu 30 detik
- Kemudian 5 detik full speed (biasanya kita akan mengeset lagi needle nya di tangki 3-6-9)

Total engin di breakin menyala 45 menit, kadang abis 3 tangki terbangin aja langsung.. namun terbang normal2 aja.. bukan kebut2an..


Mohon dikoreksi stepnya om Pemula 1 biar enak kalau buat catetan dan dalam pelaksanaannya,..
User avatar
Mukti
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 215
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

Post by Mukti »

OK Thx 4 All. Kalau lihat langkah Break In nya kelihatannya ini mesin ABC. OK kalau gitu saya contact sellernya...
User avatar
sutana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 15 May 2008, 14:27
Location: indramayu-jkt

Post by sutana »

Om smua nmpng tnya klo di enjin OS ada type LA=konstruksinya pke bushing. FX=ball bearing(laker) nah klo AX=????? SX=???? SZ=????? bagusan mana.....



matur nuwun....
Post Reply

Return to “Engine”