Ducted Fan

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
seasickers
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 183
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Ducted Fan

Post by seasickers »

Suhu sudja'i sarmo, ngelanjutin chat kita tadi,...

Jadi gmn caranya bikin ducted fan engine dari mesin OS .46 LA,
mungkin ky gambar ini yah?
Image

Mohon Pencerahannya...... :-({|=
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

@ seasickers:
Kembali ke cara menghidupkan ductedfan engine yang sempat terputus karena saya ada tamu yang minta disolderkan pancinya yang bocor.
Kalau kita lihat bagan dari Kyosho diatas jelas terlihat didepan impeller ducted fan ada spinner, dengan spinner inilah kita menghidupkan engine dengan menggunakan electric stater yang mempunyai tuas yang panjang seperti kalau kita mau menghidupkan heli tetapi mempunyai ujung yang sama dengan starter biasa. Lalu tadi Anda bertanya kalau pesawat jenis Mirage bagaimana. Tentunya dengan ducted fan air inlet kan nggak boleh tertutup sama sekali, dari lobang itulah tuas starter electric yang panjang tadi kita masukan sampai menyentuh spinner. Justru susahnya disini bukan masalah menghidupkan mesinya tapi setting needle valvenya karena terhalang dinding pesawat. Dulu waktu saya nonton demonya ducted fan memang menghidupkanya dari depan.
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 58
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Re: Ducted Fan

Post by JetFlyer »

seasickers wrote:Suhu sudja'i sarmo, ngelanjutin chat kita tadi,...

Jadi gmn caranya bikin ducted fan engine dari mesin OS .46 LA,
mungkin ky gambar ini yah?
Image

Mohon Pencerahannya...... :-({|=


kalo untuk start engine DF, bisa dari depan/ dr belakang. tergantung apakah Tracktor atau pusher.
untuk start yg dr depan (tracktor), biasanya pake "starter wand" yg ujungnya HEX,
Engine OS 46 LA TIDAK bisa buat DF pak,. engga tahan !! harus yg khusus buat DF.

ttg needle, biasanya pake remote needle, jadi engga masalah ttg setting fuel mixturenya.
kalo beli engine DF, biasanya needlenya udah pake yg REMOTE NEEDLE.

rgds,
NT
kalo yg kyosho itu, di pake PULL START (engine mobil)
User avatar
tn
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 974
Joined: 17 Jan 2007, 17:44
Location: seribu sungai (Banjarmasin)
Contact:

Post by tn »

artinya gambar enggine diatas tidak termasuk DF ???
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

OS46 hanya mempunyai top speed maksimum 17000rpm sedangkan ducted fan paling tidak harus berputar setidak tidaknya 30000rpm. Betul kata Pak JF bahwa car engine bisa dipakai karena mempunyai top speed sekitar 34000rpm. Saya punya ducted fan electric memakai motor brush dengan 11,1V dia berputar sekitar 35000rpm.
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 58
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

tn wrote:artinya gambar enggine diatas tidak termasuk DF ???


gambar yg diatas adalah DF system.
DF adalah DUCTED FAN, FAN yg didalam ducting..
pengalaman saya dalam DF, system ini sangat sensitive terhadap inlet dan outlet area.

nanti saya cari artikel ttg hal ini.
Rgds,
Nick
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Gambar engine diatas itu sudah benar masuk kelompok DF, yang tidak termasuk DF adalah engine OS 46. Terima kasih Pak JF.
User avatar
tn
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 974
Joined: 17 Jan 2007, 17:44
Location: seribu sungai (Banjarmasin)
Contact:

Post by tn »

om Nico maaf saya OOT sebentar.......

"saya pinsan nih ngeliat foto avatar anda,pesawat yg di samping anda itu lho yg bikin saya shock heheheheh.....'' (gimana rasa nerbangkannya ya ????!!!)
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 58
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

tn wrote:om Nico maaf saya OOT sebentar.......

"saya pinsan nih ngeliat foto avatar anda,pesawat yg di samping anda itu lho yg bikin saya shock heheheheh.....'' (gimana rasa nerbangkannya ya ????!!!)


sebenernya saya juga belom sempet terbangin pesawat ini.
sabtu & minggu kemaren mau coba test flight di Pondok cabe, tapi gagal gara-gara anginnya terlalu gusty. sampe 20 Knot. dan Cross windnya 90 derajat juga.

mungkin saya akan test flight lagi 2 minggu lagi, soalnya besok mau bisnis trip dulu...

thx,
Nick
User avatar
seasickers
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 183
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

sudja'i sarmo wrote:Gambar engine diatas itu sudah benar masuk kelompok DF, yang tidak termasuk DF adalah engine OS 46. Terima kasih Pak JF.


O berarti gak bisa dong om, bikin versi generik ducted fan dari OS 46 LA, kalo pake yang emang special DF glow engine mah udah lumrah he..ehe..he

Brarti untuk mesin DF mesti yg High speed Rpm yah om? semancam mesin rotary wankel kan rpm nya wuiiih mencengangkan...........

Apa dengan mesin generik tapi dengan fan blade DF nya cocok tetep kagak bisa? :-k :-k

misal: rpm rendah tapi pitch dari blade di cari dengan koefien tertinggi kan ntar kalo di itung sama dengan pitch rendah tapi rpm tinggi?

Electric DF = oye, murah meriah tapi suaranya itu om gak ky pswt jet betulan


@pak Jet Flyer, wah matap tuh pak Wilga nya, ........
Post Reply

Return to “Engine”