Page 1 of 9

Cara memakai dan Merawat Lipo battery

Posted: 21 May 2007, 02:14
by puturai
buat rekan2 senior sharing donk cara break in lipo baru, kemudian bagaimana cara menyimpannya supaya lipo bisa awet, karena jenis batt yang satu ini harganya cukup merogoh kocek lebih banyak :-k jadi buat yang udah rekan-rekan yang udah berpengalaman minta saran dan komennya yah lagian juga kayanya belom ada nih topik spesifik untuk Lipo seperti bagaimana cara breakin, cara menchargenya dengan/tanpa balancer, penjelasan mengenai angka C yang tertulis pada berbagai produk lipo juga berapa suhu dan tegangan minimum yang harus ada pada lipo pada waktu penyimpanan dalam waktu yang sebentar / cukup lama sebelum digunakan :bow: thanks yah..

Posted: 28 May 2007, 09:43
by e12ry
nih aku coba jawab....
1. lipo sih ngga usah di break in langsung pake aja....
2. jangan bawa batre lipo di extreme temp. change... alias dari panas ke dingin... dingin ke panas...
3. kalo li po masih panas jangan di charge.... tunggu sampe adem...
4. selalu nge charge pake charger digital.... danusahakan selalu pake balancer...
5. C artinya current.... dengan ratio 1c = 1000 contoh batt 2000 mah berarti 1c nya 2 amp and 20 c berarti batre bisa mengeluarkan daya sampe 40 amp...
6. kalo tegangan minimum jangan sampe di bawah 3.... kalo di bawah tiga sih bisa rusak....
7. kalo nyimpen lipo di 4 v boleh lah... kaya kalo kita beli lipo baru....

I hope that helps.... btw main heli apa....

Posted: 28 May 2007, 23:22
by GADUK
semalam wd sy masuk parit, salah satu selnya meletup dan mengeluarkan asap merk align 3 s, lalu yg meletup tsb saya ganti dg sel produk china,gimana....?

Posted: 29 May 2007, 01:52
by DeVIN
Om Puturai,

Saya dah email salah satu produsen Lipo, sebaiknya menurut mereka disimpan dalam tegangan 3.8v/sel, atau 40% dari kapasitasnya, sebagaimana batere2 tersebut dilempar keluar dari pabrik (hampir semua produsen lipo).

Lipo, dalam seminggunya disimpan akan discharge sendiri sebesar 1%. Meninggalkan lipo disimpan dalam keadaan full charge, dapat menyebabkan semakin dipercepatnya proses oksidasi yang akhirnya menyebabkan peningkatan resistensi internalnya. Effeknya terjadi penurunan voltase yang besar saat load (mis; full throttle), serta terjadinya penurunan kapasitas permanen.

Penelitian, sebuah batere lipo, akan berkurang 20% kapasitasnya/tahun apabila disimpan dalam 100%, tetapi hanya berkurang 5%/tahun dengan disimpan dalam kapasitas 40-50%.

Penurunan ketahanan dan kapasitas batere ini dapat diperlambat dengan penyimpanan batere ditempat yang sejuk. Di sana,........ diteliti dengan penyimpanan pada 0ºc (dikulkas??) 100% charge lipo berkurang sekitar 6% pertahunnya (seharusnya 20%)

Jadi agar kita semua aman, mendingan ikuti aja saran diatas, simpan dalam keadaan 40-50%, dan "keep them cool".

O ya, apabila dah ditinggal setahun, atau ragu dengan kondisi batere berhubung jarang batere yang dilengkapi dengan tanggal pembuatan pabriknya, ato bisa kita anggap sudah berumur setahun digudang, ditoko, dan dimana-mana, ......diperlukan berkali2 (coba sekitar 10x) di charge tuk kembali kapasitasnya (dengan toleransi pasti ada pengurangan),. ini dari FMA Charger Manual, lho.

Terus, jangan kosong sekali (maksudnya 3v) karena ntar dianggap terlalu low, yang pada beberapa charger dianggap aman tuk tidak dipakai lagi, walaupun bisa dipancing dulu dengan carger Ni-MH, yang rendah current charge-nya(,25-,3 A), sampai mencapai 3v, baru pake charger lipo-nya(sebaiknya yang balanced)

Lagi, ini dari universitasnya batere, lihat tabel yang menganjurkan voltase penyimpanan.

How to prolong lithium-based batteries, see http://www.batteryuniversity.com/parttwo-34.htm

Hi3x, maaf kepanjangan ya om.
Salam.

Posted: 30 May 2007, 22:50
by puturai
hehe akhirnya ada yang mau berbagi pengalaman juga nih om om senior di grage, buat om devin, saya juga pernah membaca tuh di www.batteryuniversity.com namun karena kemampuan bhs inggris saya agak kurang jadi yah so so lah ngertinya ](*,) hehehe yah semoga dari tips-tips om di atas bisa berguna buat pengguna electric power.. mau nambahin juga si om, saya baca ini dari forum tetangga ada yang mengatakan bahwa lebih baik lipo pada saat penyimpanan pada keadaan 40% dari kapasitasnya jadi kalo semisal:
penuhnya adalah 12,6V dan tegangan minimum 11,1 ,
12,6-11,1 = 1,5v
40% dari 1,5 V = 0,6V
jadi tegangan yang harus dipertahankan pada saat penyimpanan adalah:
11,1 + 0,6 = 11,7V
dan lebih baik disimpan pada kulkas(tidak di sarankan di freezernya).
yah mudah2an ga salah translate nih, dan bisa berguna :bow:

Posted: 30 May 2007, 22:53
by puturai
oh iya om mau nambahin juga kalau menyimpan lipo di kulkas jangan lupa untuk membungkusnya dengan kantong plastik, sebaiknya menggunakan kantong plastik yang ada seal nya spt yang digunakan untuk obat, dsb. hal ini ditujukan agar lipo tidak mengalami kondensasi.. spt ini d battery university juga dijelaskan si kalo ga salah :)

Posted: 30 May 2007, 22:57
by puturai
GADUK wrote:semalam wd sy masuk parit, salah satu selnya meletup dan mengeluarkan asap merk align 3 s, lalu yg meletup tsb saya ganti dg sel produk china,gimana....?


yah mungkin buat eksperimen kali ya om, tapi diusahakan dengan C yang sama semisal battery align 1800mah 20C, kalau bisa diusahakan mencari sel yang sama-sama 1800mah 20C juga tp kalau ngak ada yah tidak apa-apa hehe itu kan supaya seimbang saja =P~

Posted: 30 May 2007, 23:08
by puturai
e12ry wrote:nih aku coba jawab....
1. lipo sih ngga usah di break in langsung pake aja....
2. jangan bawa batre lipo di extreme temp. change... alias dari panas ke dingin... dingin ke panas...
3. kalo li po masih panas jangan di charge.... tunggu sampe adem...
4. selalu nge charge pake charger digital.... danusahakan selalu pake balancer...
5. C artinya current.... dengan ratio 1c = 1000 contoh batt 2000 mah berarti 1c nya 2 amp and 20 c berarti batre bisa mengeluarkan daya sampe 40 amp...
6. kalo tegangan minimum jangan sampe di bawah 3.... kalo di bawah tiga sih bisa rusak....
7. kalo nyimpen lipo di 4 v boleh lah... kaya kalo kita beli lipo baru....

I hope that helps.... btw main heli apa....


wah thanks banget nih om e12ry hehe sangat membantu, tapi saya pernah baca katanya kalau lipo sebaiknya di break-in terlebih dahulu sebelum digunakan. hal ini ditujukan agar lipo dapat meraih kapasitas maksimum dari lipo tersebut namun cara break-in nya bervariasi dan banyak sekali.. yah tapi ga tau sih kebenarannya terbukti atau tidak:-k . tapi yah kata mereka yang sudah berpengalaman heli sebaiknya lipo di break-in terlebih dahulu. ada beberapa merk lipo yang sudah di break-in dari pabrik sebelum di jual/ diserahkan ke end usernya spt contohnya flight power, dsb. yah ada satu tips dari forum tetangga yang saya baca menyarankan agar melakukan break-in dengan cara:
1. charge penuh lipo dengan balancer.
2. gunakan lipo dengan beban, maksudnya dipasang di pesawat/heli dengan maksimum menghabiskan daya dari lipo sebanyak 40%, jadi yang tersisa di lipo 60%.
3. lakukan hal no.2 tsb selama 4 kali perulangan.
4. setelah hal no.3 dilakukan lipo dapat digunakan maksimum.
5. jangan membiasakan menggunakan lipo sampai lebih dari 80% kapasitasnya, hal ini dapat memperpendek umur lipo

yah semoga juga ga salah translate semuanya yang ada di atas, maklum bahasa ingrisnya pas-pasan ngertinya ](*,) kalau prosedur diatas dijalankan katanya lipo bisa bertahan hingga 14 bulan atau lebih dari 200kali charge, katanya... hehe yah semoga aja benar. jadi kan bisa lebih berhemat dalam mempunyai lipo. hehehe

heli: masi pemula om e12ry pake Trex sama mini titan aja :bow:
om e12ry sendiri pake heli apa?

Posted: 30 May 2007, 23:17
by puturai
buat om om sekalian,
1c pada battery 2200mah = 2200mah
biasanya om-om menggunakan berapa C pada saat mencharge batt lipo? waduh jadi malu nih saya baca lagi di forum tetangga ada yang bilang akan lebih baik mencharge lipo pada current 0,5C jadi separuh dari C di batt, apa benar om? soalnya katanya bisa bikin lipo awet muda hahahahah kan lumayan jadi hemat beli lipo..

Posted: 31 May 2007, 09:24
by Ary
Kalau dari pendapat sy dlm pemakaian lipo selama ini, Lipo itu paling baik digunakan/ditarik arus untuk sytem kita dgn besar arus 10 C jadi kalau lipo 2100mH ya max pemakain 21A,

Jadi selama ini kalau punya lipo 1300mA sy gunakan pd motor dgn konsumsi arus sekitar 13A dan begitu jg jika lipo 2100ma sy gunakan dgn motor yg mengkonsumsi arus sekitar 21 amp

Dgn begitu lipo saya awet semua dan yg utama dari 10c itu adalah sy bisa terbang mix +- 10 menit,
rugi kan kalau terbangnya cuma sebentar karena mesti ganti lipo terus...