Belt CP Lemot kenapa ya?

Membahas repair , tips n tricks ,dll

Moderators: Syafik, kadek

Post Reply
User avatar
Yagee
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 273
Joined: 25 Jan 2007, 09:51
Location: Semarang Kaline Banjir
Contact:

Belt CP Lemot kenapa ya?

Post by Yagee »

aku udah rakit belt CP responya kok lemot ya?
terutama pada elevator padahal D/R masih 100% expo + 20%
semua komponen masih ORI

gyronya oke banget tuh udah sekelas g 240 ngelock habis...
apa servo bawaanya responya memang kurang?

ukuran pitch
PLO= -2
PNE= +4,5
PHI= +8

ukuran Throttle
TLO,TNE dan THI nya gimana?

tapi kenapa dropnya masih keras saat trothle dibawah 50%?
ada yang bisa bantu kasih rev picth curv yg benar aku pake radio Robe futaba FX18 jadi point nya masih kira2 meskipun udah pake pitch meter

THX
Yagee
User avatar
andre77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 388
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

lemot gimana om?

coba copot pemberat di fly bar om
User avatar
Yagee
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 273
Joined: 25 Jan 2007, 09:51
Location: Semarang Kaline Banjir
Contact:

Post by Yagee »

colar yg mana sisi luar dekat paddle apa yang di sisi dalam???
Tirto
Posts: 9
Joined: 05 Mar 2007, 13:23
Location: MBandung
Contact:

Post by Tirto »

andre77 wrote:lemot gimana om?

coba copot pemberat di fly bar om


Betul gerakan apa yang lemot? apa terlalu stabil sampe gak bisa roll? mungkin servo arms terlalu pendek 8-[
User avatar
Yagee
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 273
Joined: 25 Jan 2007, 09:51
Location: Semarang Kaline Banjir
Contact:

Post by Yagee »

sudah ketemu penyakitnya om!!
aku pake Futaba FX 18 ternyata pada menu SWHS masih ada setelan NICK dan ROLL ternyata kudu di setting spt fungsi ATV

NICK = elevator masih 50 ku naikan menjadi 70%
ROLL = Aileron masih 50 kunaikan menjadi 80 %
hasilnya jadi gesit meskipun nggak perlu copot colar
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 527
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Post by ferry »

Pak Yagee sy jg pengguna FX-18 fiturnya ok banget tuh utk TX di kelasnya....setau saya settingan PLO,PNE dan PHI rangenya antara -100, 0, +100 kalo disitu cuma diset -2, +4.5, +8 sy agak ragu utk kebenaran derajat mekanis pitchnya.....mungkin bisa dicoba dgn pitch gauge saja Low throttle, mid dan full throttle -2, +5.5, dan +10 deg terserah berapapun dilai yg terjadi di TX(PLO, PNE, PHI).....selamat mencoba
User avatar
Yagee
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 273
Joined: 25 Jan 2007, 09:51
Location: Semarang Kaline Banjir
Contact:

Post by Yagee »

@fery
jadi yg aku set di THI,TNE dan TLOnya utk ngukur pitch?

pada FX-18 apa memang kebalik ya pak utk ukuran pitchnya PLO= top , dan PHI untuk down?

Derajat maksimalku hanya +9 pak selebihnya servonya menthok gimana cara setting SWHS nya yang benar karena disanakan harus di reverse utk sistem CCPM 6ch nya?
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 527
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Re: Belt CP Lemot kenapa ya?

Post by ferry »

Yagee wrote:aku udah rakit belt CP responya kok lemot ya?
terutama pada elevator padahal D/R masih 100% expo + 20%
semua komponen masih ORI

gyronya oke banget tuh udah sekelas g 240 ngelock habis...
apa servo bawaanya responya memang kurang?

ukuran pitch
PLO= -2
PNE= +4,5
PHI= +8


ukuran Throttle
TLO,TNE dan THI nya gimana?

tapi kenapa dropnya masih keras saat trothle dibawah 50%?
ada yang bisa bantu kasih rev picth curv yg benar aku pake radio Robe futaba FX18 jadi point nya masih kira2 meskipun udah pake pitch meter

THX
Yagee


Sorry aku salah tangkap untuk tulisan merah diatas yg anda maksud nilai disitu dlm degree bukan nilai yg harus diset di TX, untuk TLO,TNE,dan THI masing2 nilainya jg antara -100 s/d +100.....kalo kita bikin throttle curve linier spt di TX laen yg mempunyai 5 point curve mis: 0,25,50,75,100 di FX-18 krn cuma ada 3 point curve maka kita set -100,0,+100 untuk mendapatkan hasil yg sama.....utk setting CCPM sy biasa mulai dulu dgn elevator(ch2) kalo maju mundurnya dan saat low/high throttle arah travelnya sdh betul berarti nilai yg ada di fitur SWSH yaitu NICK + atau - sdh betul tdk perlu diutak-atik selanjutnya baru cari +/- ROLL dan PIT......bersambung....ngelu ndasku om! O:)
User avatar
Yagee
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 273
Joined: 25 Jan 2007, 09:51
Location: Semarang Kaline Banjir
Contact:

Post by Yagee »

Yuuuk...!

Experimenku udah berhasil
Futaba FX-18

NICK = 70%
ROLL = 70%

Normal
D/R = Ail = 80%, Elev = 80%, Rudder = 100%
Expo = Ail = +10%, Elev = +20% Rudder = +10%

Trottle Curve
TLO = +100%
TNE = + 30
THI = - 100

Pitch Curve
PLO = +9
PNE = +6
PHI = -2

Idle 1
colokin sklar di chanel 6

Trottle Curve
TLO = +100%
TNE = 0
THI = - 100

Pitch Curve
PLO = +9
PNE = +4,5
PHI = -5

sistem Curvenya terbalik karena pada FX 18 SWHS di reverse
THI = Down, TLO = TOP
PHI = Ptch curve bawah, PLO = pitch curve atas

dgn perbedaan +30% pada Throtle curve antara normal ke Idle di asumsikan mengurangi hentakan naik dan turun pada saat ganti mode

Belt CP masih standart pabrik

Selamat mencoba!!!!
Kalo ada experiment yang lebih sempurna lagi mohon pencerahannya!!

Yuuuuk!
Post Reply