Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

Post Reply
User avatar
akwet77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 637
Joined: 22 Jul 2009, 09:10
Location: pekanbaru
Contact:

Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Post by akwet77 »

Setelah terbang bersama merayakan 17 agustus di SKA, Heli saya dengan engine OS 50 Hyper mengalami pelemahan di kompresi, ini deketahui dengan dari memutar clutch dan terasa sangat plong hanya ngigit sedikit saja , padahal baru 3bln yg lalu ring piston baru diganti dan Clutch Coupling. mohon pencerahan dari suhu sekalian apa saja yg harus sy lakukan ....? [-o< [-o< [-o<

Note : Settingan Trottel curv sebelumnya : 25, 55, 75, 100
Settingan sekarang : 35, 65, 80, 100

ada satu lagi pertanyaanya :
pada saat selesai terbang idel dan habis 1tangki terasa keluar bau hangus dari daerah engine (padahal panasnya normal)
saya kasih kertas packing pelapis antara muffler dan mesin supaya tidak bocor .....apakah bau tsb dari kertas itu. karena setelah dibuka kertasnya jadi rapuh seperti arang.....? ada rekondasi untuk packing Muffler pake kerta packing apa ...?
dulu sy pake lem silikon (Merah) cuman sering masuk ke busi dan lengket engine jadi mati .

mohon penjelasan dari suhu seklaian ,thanks sebelumnya

Salam, :muach: :muach:
User avatar
yafet07
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 92
Joined: 13 Jan 2009, 10:07
Location: Surabaya

Re: Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Post by yafet07 »

nyumbang saran ya...
kalo ngecek kompresi jgn pas mesin panas tapi pas mesin dingin...
kalo chamber mesin banyak olinya juga kompresi kayaknya gede alias berat... kalo setting nya terlalu lean ya kayak gak ada kompresi gitu...
ganti ring dan piston gak jamin kompresi balik seperti semula (spare part masih asli)... saya udah 2 kali ganti hasilnya sama... mesin jadi hrs lebih lean dari asalnya...
mungkin liner juga hrs ikut diganti ato gimana saya gak tau...

kertas packing pake yg tahan panas... kalo tetep hangus ya berarti mesin overheat... terutama buat maen idle up... bisa gak sadar kalo over rev... saya pernah ngalamin mesin hancur piston ama stang waktu idle up di udara gara2 over rev... heli slamet krn auto... tapi jeroan mesin ganti total...
mending cek temp dan RPM waktu idle up kalo pengen aman...
User avatar
akwet77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 637
Joined: 22 Jul 2009, 09:10
Location: pekanbaru
Contact:

Re: Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Post by akwet77 »

yaffet wrote:nyumbang saran ya...
kalo ngecek kompresi jgn pas mesin panas tapi pas mesin dingin...
kalo chamber mesin banyak olinya juga kompresi kayaknya gede alias berat... kalo setting nya terlalu lean ya kayak gak ada kompresi gitu...
ganti ring dan piston gak jamin kompresi balik seperti semula (spare part masih asli)... saya udah 2 kali ganti hasilnya sama... mesin jadi hrs lebih lean dari asalnya...
mungkin liner juga hrs ikut diganti ato gimana saya gak tau...

kertas packing pake yg tahan panas... kalo tetep hangus ya berarti mesin overheat... terutama buat maen idle up... bisa gak sadar kalo over rev... saya pernah ngalamin mesin hancur piston ama stang waktu idle up di udara gara2 over rev... heli slamet krn auto... tapi jeroan mesin ganti total...
mending cek temp dan RPM waktu idle up kalo pengen aman...



thanks atas sumbangan sarannya om Yaffet,
iya sy cek putaran pas engine panas dan dingin , dan kompresinya gak terlalu jauh hanya ada sedikit seretnya.
settingan needel saya : 1,5 putaran tutup 2klik kalau di 1,5 engine suka ngadat dan mati seperti banjir (kecuali ditambahkan trim trottelnya).

untuk alat pengukur rpm kebetulan gak ada , paling feeling pake jari aja cek ke hotplate.

karen muffler lepas sy pasang lagi dan di kasih silicon , ehh malah silikonnya kesedot ke busi lagi , sampe 2biji busi yg kebuang karena silikonnya nempel di spiralnya.

mungkinkah saatnya ganti engine ....... ?
User avatar
lareangon
Airman
Airman
Posts: 27
Joined: 21 Feb 2010, 17:16
Location: solo
Contact:

Re: Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Post by lareangon »

yah kalo gitu kondisinya memang harus dilem biru alias lempar ganti baru hehe.. :pis
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2003
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Post by sahid »

oom akwet, sekalian yg baru dg helinya( kabarnya eng n elektrical mau ganti nempel ke kit merk lain ya?) di share ya....g' usah kuatir g' akan ada yg bilang pamer....biar menambah perbendaharaan macam2 heli engine...
User avatar
dhanin
Airman
Airman
Posts: 36
Joined: 18 Jun 2011, 01:45
Location: Bekasi, Jabar, Indonesia
Contact:

Re: Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Post by dhanin »

:ide oom akwet.. dan suhu yang lainya maaf saya pemula mau ikutan menyarankan barang kali benar adanya, apa yg dibilang sama om yafet07 itu benar, jaga engine tidak over rev dan compresi tidak balik 100% saat ganti ring+piston, mungkin liner sudah cacad ( lihat luka pada piston bekasnya ) kalo piston tidak cacat biasanya lumayan bagus walau tidak 100%,dengan menganti liner baru,kompresi mirip100%, menjaga over rev bisa mengacu pada gov kalo pake, kalo engga saya engak tau apa yng jadi acuan agar tidak over rev...untuk paking kalo rusak dilapangan saya ganti pake kotaknya rokok juga awet asal tidak kebakar ( overheat )paking sebainya buat dari tembaga/allumunim tipis, bau yng keluar dari knalpot biasanya bukan bau terbakarnya paking tapi lebih cendeerung bau overheat (mungkin). demikian yng pernah dialami, jika ada yng salah mohon dikoreksi..salam :deal
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1319
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Post by AgoesAurelz »

Maaf itu mesin lama ngga dipake ya om? dari Agustus taon lalu??
Sangat mungkin engine anda tersimpan dalam kondisi yg tidak tertutup dengan baik... seharusnya menyimpan mesin (terutama dalam jangka waktu lama) harus dilumasi dgn after run oil (minyak singer juga bisa) dan ditutup semua lubang udaranya baik di knalpot dan di lubang carbunya.. kalau tidak udara yg masuk sangat rawan membuat parts didalam mesin berkarat, dan saat mesin dihidupkan dengan starter langsung terjadi goresan dari karat-karat tsb, akibatnya jelas... mesin anda akan rusak... hidup sih hidup tapi kompresi akan bocor dan akibatnya power akan nge-drop...
saya bisa bercerita karena saya mengalami sendiri hal ini... setidaknya sudah 2kali saya buang mesin percuma, gara-gara salah menyimpan dalam waktu lama...
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2003
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Post by sahid »

Mas Dhani: wah ini dia pengalaman lapangan yang sangat berguna...bungkus rokok ini maksudnya alumunium foilnya ya?...
OOm AA: tadi pagi di SKA sempat coba heli baru oom akwet dg eng yg lama disimpen...cuman ternyata beliau sudah ganti jeroan ( linear, ring,piston ) ya...begitulah...kembali sehat tuh engine. itu share setelah engine lama dibiarkan terus langsung di hidupkan...seep warning yg sangat berguna .... :deal
berdasarkan pengalaman ( juga spt mas AA ) mestinya setelah engine lama dibiarkan, sebelum dipakai di bongkar dibersihkan dari karat sisa2 fuel...cuci bersih, dirakit, dilumasi baru di "running" lagi
User avatar
akwet77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 637
Joined: 22 Jul 2009, 09:10
Location: pekanbaru
Contact:

Re: Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Post by akwet77 »

sahid wrote:oom akwet, sekalian yg baru dg helinya( kabarnya eng n elektrical mau ganti nempel ke kit merk lain ya?) di share ya....g' usah kuatir g' akan ada yg bilang pamer....biar menambah perbendaharaan macam2 heli engine...


hehe thanks pak Sahid, kebetulan engine lama dan elektrikal sudah sy pindahkan dari kit lama ke kit yg baru , cuman sayang prosesnya tidak sy foto.... :flu :flu :flu
User avatar
akwet77
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 637
Joined: 22 Jul 2009, 09:10
Location: pekanbaru
Contact:

Re: Kompresi Engine Lemah OS 50 Hyper

Post by akwet77 »

sahid wrote:Mas Dhani: wah ini dia pengalaman lapangan yang sangat berguna...bungkus rokok ini maksudnya alumunium foilnya ya?...
OOm AA: tadi pagi di SKA sempat coba heli baru oom akwet dg eng yg lama disimpen...cuman ternyata beliau sudah ganti jeroan ( linear, ring,piston ) ya...begitulah...kembali sehat tuh engine. itu share setelah engine lama dibiarkan terus langsung di hidupkan...seep warning yg sangat berguna .... :deal
berdasarkan pengalaman ( juga spt mas AA ) mestinya setelah engine lama dibiarkan, sebelum dipakai di bongkar dibersihkan dari karat sisa2 fuel...cuci bersih, dirakit, dilumasi baru di "running" lagi


terimaksih banyak suhu sekalian atas masukkannya.

Iya Om AA thanks sarannya sudah dijawab oleh P'Sahid, minggu pagi sudah di test terbang (kit baru + engine,Servo,SGP,dll stock lama) dan tinggal siap dijungkirbalikkan lagi . :ok :ok :ok
Post Reply