Wah iya , baru ketauna setelah liat gmabrnya posisi EDF , inlet duct serta outlet ductnya
Untuk EDF, inlet duct harus mulus halus dan luasannya memadai supaya udara yg disedot maksimal pada semua kecepatan ( penjelana sederhana om Fajar dg sedotan cukup meawkili apa yg sya maksud).
Luasan inlet disebut FSA ( Front/Forward Surface Area) besarnya adalah sebesar luasan depan EDF ( disebut 100% FSA), lihat foto dari om Fajar, kalau inlet nya ada dua, maka perlu s\dibuat halus transisi dari 2 ke satunya ( nanti saya akan udahakan ada gambarnya, lagi susah aplot foto ke PB)
Utk outlet sendiri, diperlukan yg namanya thrust duct, dimana ukuran thruast duct yg paling efisien adalah sebesar 80 ~ 85 % dari FSA, dan halus juga ( kalau ada dua outlet, juga diperlukan yg namanya spilet duct, yg memecah duct dari 1 menjadi 2, seperti yg dipake di F/A 18 Hornett EDF), dimana trnasisis dari 21 ke 2 duct juga kudu halus,.
Persayarataan transisi duct perlu halus gunanya utk menghilangkan turbulensi udara yg dapat menyebabkan EDF sepetrti tersedak dan outlet tidak maksimal ( ngempos istilah awamnya)
f-15 gagal produk
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- fajar
- Senior Master Sergeant
- Posts: 706
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Semarang, Jawa Tengah....
Re: f-15 gagal produk
iwan21 wrote:Wah iya , baru ketauna setelah liat gmabrnya posisi EDF , inlet duct serta outlet ductnya
Untuk EDF, inlet duct harus mulus halus dan luasannya memadai supaya udara yg disedot maksimal pada semua kecepatan ( penjelana sederhana om Fajar dg sedotan cukup meawkili apa yg sya maksud).
Luasan inlet disebut FSA ( Front/Forward Surface Area) besarnya adalah sebesar luasan depan EDF ( disebut 100% FSA), lihat foto dari om Fajar, kalau inlet nya ada dua, maka perlu s\dibuat halus transisi dari 2 ke satunya ( nanti saya akan udahakan ada gambarnya, lagi susah aplot foto ke PB)
Utk outlet sendiri, diperlukan yg namanya thrust duct, dimana ukuran thruast duct yg paling efisien adalah sebesar 80 ~ 85 % dari FSA, dan halus juga ( kalau ada dua outlet, juga diperlukan yg namanya spilet duct, yg memecah duct dari 1 menjadi 2, seperti yg dipake di F/A 18 Hornett EDF), dimana trnasisis dari 21 ke 2 duct juga kudu halus,.
Persayarataan transisi duct perlu halus gunanya utk menghilangkan turbulensi udara yg dapat menyebabkan EDF sepetrti tersedak dan outlet tidak maksimal ( ngempos istilah awamnya)



- detcord
- Staff Sergeant
- Posts: 219
- Joined: 04 Nov 2008, 18:38
- Location: depok
- Contact:
Re: f-15 gagal produk
@suhu iwan: apa gaj terlalu berat juga pesawatnya 1,3 Kg?
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: f-15 gagal produk
detcord wrote:@suhu iwan: apa gaj terlalu berat juga pesawatnya 1,3 Kg?
dari data EDF-70 nya berthrust 1,2 kg om, jadi mestinya gak masalah dg berat total 1,3 kg ( bahkan dg thrust 900 sampe 1 kg udah cukup utk RoG 1,3 Kg
sebagai contoh, EDF-64 yg saya pake di Fan Trainer ber thrust 450 gr ( statik), sementara berat total pesawat 570 gr
selain itu kan
1.sayapnya punya lift, dimana kalo udah menggelinding dan ada kecepatan , otomatis sayapnya akan terhisap keatas
2. wingloading pas
3. power loading pas
4. wing incidence pas
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: f-15 gagal produk
ini ada sedikit referensi utk duct , baik inlet maupun thrust duct
Inlet n outlet duct
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=1339718
thrust tube
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=1258806
http://www.rcgroups.com/forums/showthre ... 81&page=19
Inlet n outlet duct
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=1339718
thrust tube
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=1258806
http://www.rcgroups.com/forums/showthre ... 81&page=19
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: f-15 gagal produk
Untuk tahap awal, coba betulin bagian outletnya dulu aja.
antara outlet EDF dg lubang keluaran yg 2, dihubungkan dg 2 thrust duct ( lihat garis2 merah yg saya tambahin)

usahain transisi dari satu ke dua duct dibuat halus, coba aja dulu buat dari kertas karton tebel, di bikin tabung dg diameter yg sesuai terus dilem di situ
antara outlet EDF dg lubang keluaran yg 2, dihubungkan dg 2 thrust duct ( lihat garis2 merah yg saya tambahin)

usahain transisi dari satu ke dua duct dibuat halus, coba aja dulu buat dari kertas karton tebel, di bikin tabung dg diameter yg sesuai terus dilem di situ
- detcord
- Staff Sergeant
- Posts: 219
- Joined: 04 Nov 2008, 18:38
- Location: depok
- Contact:
Re: f-15 gagal produk
iwan21 wrote:detcord wrote:@suhu iwan: apa gaj terlalu berat juga pesawatnya 1,3 Kg?
dari data EDF-70 nya berthrust 1,2 kg om, jadi mestinya gak masalah dg berat total 1,3 kg ( bahkan dg thrust 900 sampe 1 kg udah cukup utk RoG 1,3 Kg
sebagai contoh, EDF-64 yg saya pake di Fan Trainer ber thrust 450 gr ( statik), sementara berat total pesawat 570 gr
selain itu kan
1.sayapnya punya lift, dimana kalo udah menggelinding dan ada kecepatan , otomatis sayapnya akan terhisap keatas
2. wingloading pas
3. power loading pas
4. wing incidence pas
OOO gitu ya suhu....??? saya pikir kalo berat pesawat gak boleh lebih dari kemampuan thrust nya motor... BTW makasih suhu atas pencerahannya
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: f-15 gagal produk
detcord wrote:OOO gitu ya suhu....??? saya pikir kalo berat pesawat gak boleh lebih dari kemampuan thrust nya motor... BTW makasih suhu atas pencerahannya
sama2 om,
yg om sebut itu hanya berlaku utk pesawatnya suhu Budi Formula satu, bahkan thrustnya 1,5 ~ 2 kali berat pesawatnya kalo yg itu ( itu supaya bisa beldiliiii)
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: f-15 gagal produk
melihat tempatnya cukup luas, apa nggak mending di beri 2 EDF tuh ... 1 edf di masing2 lubang ...
btw, dibilang nggak bisa terbang itu maksudnya gimana ? sudah dicoba dan gagal kah ?
kalau sudah dicoba, analisanya gimana ? kurang power ? atau kurang lift ? atau ... ?
btw, dibilang nggak bisa terbang itu maksudnya gimana ? sudah dicoba dan gagal kah ?
kalau sudah dicoba, analisanya gimana ? kurang power ? atau kurang lift ? atau ... ?
- erfanjbr
- Senior Master Sergeant
- Posts: 584
- Joined: 20 Nov 2009, 17:05
- Location: jember-magetan
Re: f-15 gagal produk



