Bila Anda punya Nitro Engine yang sering mati saat Battery Glow dilepas ini mengindikasikan bahwa Busi sudah sangat kotor akibat kerak yang menumpuk di Filament Busi akibatnya filament tidak bisa menyimpan panas sehingga bila battery dilepas panas filament langsung hilang dan mesinpun mati. Untuk menanggulangi kejadian ini dilapangan dan kebetulan tidak punya cadangannya. Pertama keluarkan Businya lalu semprot dengan Pembersih Kaca yang tentunya tiap kelapangan pasti dibawa, setelah celah busi dan filamentnya terisi cairan lalu colokkan ke Battery Glow Plug sampai pijaran filament terlihat lebih cerah dan pasang kembali ke mesin. Cara ini saya praktek kan sejak sekitar tiga tahun yang lalu dan sampai sekarang mesin saya belum pernah ganti busi sejak baru dan sudah saya pakai pada pesawat yang ber ganti2.
sudjai sarmo wrote:Bila Anda punya Nitro Engine yang sering mati saat Battery Glow dilepas ini mengindikasikan bahwa Busi sudah sangat kotor akibat kerak yang menumpuk di Filament Busi akibatnya filament tidak bisa menyimpan panas sehingga bila battery dilepas panas filament langsung hilang dan mesinpun mati. Untuk menanggulangi kejadian ini dilapangan dan kebetulan tidak punya cadangannya. Pertama keluarkan Businya lalu semprot dengan Pembersih Kaca yang tentunya tiap kelapangan pasti dibawa, setelah celah busi dan filamentnya terisi cairan lalu colokkan ke Battery Glow Plug sampai pijaran filament terlihat lebih cerah dan pasang kembali ke mesin. Cara ini saya praktek kan sejak sekitar tiga tahun yang lalu dan sampai sekarang mesin saya belum pernah ganti busi sejak baru dan sudah saya pakai pada pesawat yang ber ganti2.
"....Pembersih Kaca yang tentunya tiap kelapangan pasti dibawa.....".....mohon masukan...emang buat membersihkan pesawat pake pembersih kaca ya....hiks selama ini kok pake metanol ...asyik bisa lebih berhemat.....salam
businy dalam keadaan dingin, kemudian dicolokin sama glow, jadi busi yg pijar terkena cairan pembersih kaca langsung membuat kerak hitamnya ngacir......