
F3A <> 3D kenapa??
- eidri
- Senior Master Sergeant
- Posts: 586
- Joined: 16 Apr 2007, 21:32
- Location: Starhill
- Contact:
Re: F3A <> 3D kenapa??

- pakdesurib
- Technical Sergeant
- Posts: 327
- Joined: 08 Feb 2010, 16:24
- Location: Surabaya
Re: F3A <> 3D kenapa??
Syafik wrote:ini yang namanya kuliah jarak jauh... ilmunya sangat mantap... penjelasan yang sangat sistematis dan gamblang... hehehe
jurus berikutnya....
cara cepat dan mudah untuk mampu hover (prop hanging) 4 sisi....

cuman ....... kawan sy dari bali itu kemana ya??
tambahin dong tips dan triksnya......
hmmm....... apa lagi sibuk break-in engine 170cc yg udah nyampe bali itu?


- pakdesurib
- Technical Sergeant
- Posts: 327
- Joined: 08 Feb 2010, 16:24
- Location: Surabaya
Re: F3A <> 3D kenapa??
toto wrote:Waduh kok makin bikin deg degan aja nih pakdesurib .... Tapi deg degan enak LAN maknyus ....
hehehehe...... pakde toto bisa aja....

saya cuma mau bagi ilmu yang saya bisa..... bukan bermaksud untuk minteri/ keminter dan atau untuk menonjolkan diri sendiri.
bagi yang ingin mencicipi resep saya ....... monggo dipersilahken, bagi temen2 yg punya resep lain monggo di sharing juga, dengan demikian, makin banyak ilmu yang digelar, makin banyak informasi dan masukan khususnya buat pemula dan bagi yang sudah punya jam terbang tinggi tapi gak bisa-bisa, utamanya yang hampir frustasi.
salam.
- phyque
- Master Sergeant
- Posts: 434
- Joined: 05 Mar 2010, 23:51
- Location: jakarta-cilegon-mojokerto
Re: F3A <> 3D kenapa??
kayaknya dibikin thread baru aja pakdesurib, "how to be a 3D master"
pasti cepet jadi hot topic.
btw, ko menurut saya ada pesawat yang mudah untuk hover, tapi rada susah harrier. begitupula sebaliknya, gampang harrier tapi susah hover. kira2 pembelajaran saya yang salah atau memang jempol yang kudu direbus dulu biar lemes?

btw, ko menurut saya ada pesawat yang mudah untuk hover, tapi rada susah harrier. begitupula sebaliknya, gampang harrier tapi susah hover. kira2 pembelajaran saya yang salah atau memang jempol yang kudu direbus dulu biar lemes?
- pakdesurib
- Technical Sergeant
- Posts: 327
- Joined: 08 Feb 2010, 16:24
- Location: Surabaya
Re: F3A <> 3D kenapa??
phyque wrote:kayaknya dibikin thread baru aja pakdesurib, "how to be a 3D master"pasti cepet jadi hot topic.
ada sih...... rencana untuk bikin thread seperti itu, tapi judulnya lebih pas kalo "berbagi tips n triks terbang 3D". dan akan lebih baik lagi kalo pilot 3D pesawat yang sudah bisa dikatakan mahir di grage ini ikut bergabung/ sharing didalamnya sebagai narasumber. Nantinya threat tsb bisa menjadi forum tanya jawab seputar terbang 3D, jenis2 pesawat yang digunakan, informasi tentang tips dan triks terbaru dlsb.
tapi perlu juga untuk diingat..... bahwa ini semata-mata bukan untuk unjuk kemampuan atau menonjolkan diri sendiri, melainkan merupakan sarana informasi yang mungkin berguna bagi temen2 yang sedang taraf belajar atau yang sedang taraf fustrasi.
jika terwujud ....... materi yang sudah saya kupas disini ....... itu baru kulitnya.
- kula
- Senior Master Sergeant
- Posts: 698
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: F3A <> 3D kenapa??
setuju bgt pakdhe... ditunggu thread nya.
- sprajarta
- Staff Sergeant
- Posts: 235
- Joined: 17 Jul 2009, 08:24
- Location: VMG 2 Bekasi - Yogyakarta
Re: F3A <> 3D kenapa??
pakdesurib wrote:phyque wrote:kayaknya dibikin thread baru aja pakdesurib, "how to be a 3D master"pasti cepet jadi hot topic.
ada sih...... rencana untuk bikin thread seperti itu, tapi judulnya lebih pas kalo "berbagi tips n triks terbang 3D". dan akan lebih baik lagi kalo pilot 3D pesawat yang sudah bisa dikatakan mahir di grage ini ikut bergabung/ sharing didalamnya sebagai narasumber. Nantinya threat tsb bisa menjadi forum tanya jawab seputar terbang 3D, jenis2 pesawat yang digunakan, informasi tentang tips dan triks terbaru dlsb.
tapi perlu juga untuk diingat..... bahwa ini semata-mata bukan untuk unjuk kemampuan atau menonjolkan diri sendiri, melainkan merupakan sarana informasi yang mungkin berguna bagi temen2 yang sedang taraf belajar atau yang sedang taraf fustrasi.
jika terwujud ....... materi yang sudah saya kupas disini ....... itu baru kulitnya.
Ayo Pakdesurip..... kita sdh menyimak dari kulitnya..... Ditunggu kupasan intinya....



- pakdesurib
- Technical Sergeant
- Posts: 327
- Joined: 08 Feb 2010, 16:24
- Location: Surabaya
Re: F3A <> 3D kenapa??
phyque wrote:btw, ko menurut saya ada pesawat yang mudah untuk hover, tapi rada susah harrier. begitupula sebaliknya, gampang harrier tapi susah hover. kira2 pembelajaran saya yang salah atau memang jempol yang kudu direbus dulu biar lemes?
jangan direbus ..... ntar mateng malah bengkak gak bisa pegang stick


ada 2 hal bikin pesawat mudah hover.
yang pertama cg nya cenderung tail heavy, yang kedua jenis pesawatnya memang disainnya utk mudah hover seperti jenis pesawat edge.
namun demikian, pada umumnya semua pesawat aerobatics/ 3D dari pabrikan yang bertanggung jawab mampu untuk melakukan semua gerakan aerobatics/3D dengan baik.
pengalaman saya menerbangkan beberapa jenis pesawat aerobatics/3d dari beberapa pabrikan, kenyataan bahwa produk a bagus utk hover tapi dipake harrier rada godak-godek padahal cg nya sudah tail, sementara produk b hovernya anteng, koreksi stick dikit2 aja tapi dipake rolling harrier morat marit. dslb.
kondisi tersebut untuk saya biasanya hanya pada saat maiden flight/ test flight saja, sebab begitu saya tau pesawat yang saya terbangkan punya ciri2/ karakter khusus pada gerakan-gerakan tertentu......... saat itu pula jempol harus mulai menyesuaikan diri.
saya pernah punya pengalaman nerbangkan pesawat temen yang kondisinya "nose heavy banget" tapi ya bisa juga hover (prop hanging), walau jempol kita harus lebih banyak "menari" di remot.
dalam pandangan saya, tiap pesawat pasti punya ciri-ciri yang berbeda satu sama lain dalam hal "eksekusi" manuver, namun demikian ...... apabila jempol kita sudah terlatih, kita akan mampu meminimalisir kondisi-kondisi seperti gampang hover susah harrier, gampang harrier susah torq roll dlsb.
kata kuncinya : pembiasaan jempol kita bergerak lebih cepat, efeknya pesawat itu lebih nuruti kita, ketimbang pesawat itu cenderung mengeluarkan efeknya sendiri.
selamat berlatih..
- phyque
- Master Sergeant
- Posts: 434
- Joined: 05 Mar 2010, 23:51
- Location: jakarta-cilegon-mojokerto
Re: F3A <> 3D kenapa??
pakdesurib wrote:pengalaman saya menerbangkan beberapa jenis pesawat aerobatics/3d dari beberapa pabrikan, kenyataan bahwa produk a bagus utk hover tapi dipake harrier rada godak-godek padahal cg nya sudah tail, sementara produk b hovernya anteng, koreksi stick dikit2 aja tapi dipake rolling harrier morat marit. dslb.
ouw, ternyata emang gitu tho, tergantung desain dan cg. berarti jempol yang kudu diberdayakan lebih.
matur nuwun

ta enteni pakdhe trit khusus sinau 3D'ne


- Budi
- Colonel
- Posts: 2626
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: F3A <> 3D kenapa??
eidri wrote::flu .....sakaw.....jadi pengen terbang.....
ini pasti gara2 ESC EZ Run kebakar......trus ngg bisa drift meet...... trus mau pulang... trus.....

