Wah, om Kula rupanya ahlimenganalisamotorbrsuhless ya
koreksi dikit ( saya gak marahini, takut kualat , secara di moda darat gini saya nulputul gak tau apa2)
tadi ditulis mengenai Cogging , nulisnya dah bener, cuman keterangan dibelakangna kurang pas ( bukan salah atau keliru ya, mana beranai saya nulis gitu ke suhu darat dan udara om Kula

)
Cogging itu efek dari bertemunya sepatu kutub ama sepatu magnet om, mau pake sensor maupun sensorless ESC,karena ini efek terjadi dan terasa akbiat bertemunya permukaan sepatu kutub ama magnet lebih dari satu atau banyak sekaligus, jadi seakan2 itu rotor magnet ketahan ama itu sepatu kutub.
makin banyak pasangan yg ketemu, makin kuat efek coggingnya
makin sedikit ketemunya, ya loncer aja
tapi less cogging bukan berarti low power ya, gak ada hubungan ini
nah masalah sensor ama sensorless itu, setuju yg pake sensor akan memudahkan (bahasa cirebon : smooth) motor muter karena si ESC udah tau didepan kutub mana yg mesti di "firing" duluan tanpa ragu2 lagi, kalo sensorles iya nanti ada efek kayak godeg2 dulu baru muter sebab si ESC nebak2 dulu kutub mana yg mesti dapet "firing"uluan, berdasarkan posisi magnet terhadap kutubnya.
maap jadi ngelantur panjang lebar, mohon maaf juga ikut2 campur ke hal yg saya gak ngerti...kalo salah dijitak aja, jangan ragu2..
