Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve

Membahas repair , tips n tricks ,dll

Moderators: Syafik, kadek

Post Reply
User avatar
pampie
Airman
Airman
Posts: 34
Joined: 30 Nov 2007, 17:47
Location: Karawaci, Tangerang
Contact:

Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve

Post by pampie »

TX saya (Futaba 7CHP) tidak ada screen untuk graphical curve jadi kalau setting curve rada-rada harus setengah menerawang :) Terutama kalau di referensi disebutkan hanya berapa derajat pitch, padahal di TX harus dimasukkan %. Akhirnya karena gak tahan saya bikin spreadsheet sederhana pakai Excel.

Parameter yang harus dimasukkan:
  • Maximum Pitch
  • Normal mode throttle target
  • idle-1 mode throttle target
  • idle-2 mode throttle target

Kemudian tinggal dimasukkan nilai dari derajat yang dikehendaki di 5 titik setting untuk pitch curve, kemudian otomatis akan dihitung berapa persen yang harus dimasukkan ke TX. Untuk throttle curve bisa langsung dimasukkan di 5 titik throttle yang dimaksud, dan kalau target throttle di set bukan di 100% (bila diinginkan maximum throttle bukan di 100%) bisa langsung dihitung nilai yang harus dimasukkan ke TX, grafik juga langsung terlihat.

Spreadsheet bisa didapatkan di sini:

http://pampie.chosenlight.com/Pitch-&-Throttle-Curve.xls

Semoga bermanfaat, mohon maaf kalau sudah ada yang pernah membuat.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

Bravo bung pampie sangat membantu sekali untuk menambah pencerahan dalam melihat korelasi antara persentage dan sudut pitch ............ terima kasih mas
User avatar
Roy_95
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 151
Joined: 24 Sep 2007, 15:18
Location: Manado
Contact:

Post by Roy_95 »

tapi khan yang paling penting bukan angka prosentase pada Tx yang jadi patokan melainkan pitch realnya.... sama juga untuk thortle (engine) karena mekanikalnya juga sangat mempengaruhi seperti panjang linkage dll.... semoga bermanfaat....
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1225
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Wah. Terbangnya bisa lebih mulus. Ini namanya hobby yang digabung dg software spreadsheet. =D>
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Kalau heli engine, rasanya ukuran presentase dalam setting pitch dan throtle di tx sangat relatif tidak bisa dijadikan acuan... pitch curve yang penting adalah real sudut blade walaupun prosentase tx tidak sesuai... Throtle curve heli engine kan menggunakan servo sehingga antara servo horn, linkage sangat berpengaruh terhadap bukaan power engine... demikian pendapat saya, salut buat mas pampie...
User avatar
pampie
Airman
Airman
Posts: 34
Joined: 30 Nov 2007, 17:47
Location: Karawaci, Tangerang
Contact:

Post by pampie »

@Oom Roy: Benar oom yang penting sudut real pitch nya. Kalau kita baca-baca di internet memang yang suka diberikan adalah sudut real pitchnya, masalahnya kan di TX harus dimasukkan presentasenya dan bukan sudut pitchnya. Nah spreadsheet ini akan membantu mengconvert sudut real pitch tersebut (yang dimasukkan adalah goal dari sudut pitch) ke dalam presentase yang harus dimasukkan ke TX dihitung berdasarkan data maximum pitch heli tsb (jangan lupa kalau EPA-nya dirubah, parameter max pitch jg harus dirubah). Hasil yang didapatkan nantinya akan sesuai dengan real pitchnya.

Memang spreadsheet ini (untuk throttle) saya buat untuk elektrik, makanya ada parameter goal untuk throttle (kalau di max di 100%, ESC dan motor jadi panas, bisa dirubah menjadi misal 80%, atau kalau motor menjerit bisa di 110%, dengan profil kurva yang sama), untuk engine mungkin parameter ini tidak perlu, tinggal dirubah saja parameter goal untuk throttle di 100%.

Mungkin ada rekan-rekan yang mau menambahi untuk engine silakan, spreadsheet ini open source kok :) Untuk pitch curve rasanya tidak beda antara engine/electric.

Tinggal bawa laptop ke lapangan serasa sudah pakai 9X hehehehe...
User avatar
cikarang
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 169
Joined: 17 Nov 2009, 15:03
Location: cikarang
Contact:

Re: Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve

Post by cikarang »

om mau nanya jika pakai heli.. hk 450 v2 sama gak... ya?
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve

Post by Syafik »

cikarang wrote:om mau nanya jika pakai heli.. hk 450 v2 sama gak... ya?

pada prinsipnya semua heli sama untuk setting pitch dan throtle, tapi dikembalikan pada selera pilotnya masing2 untuk karakter yang dikehendaki
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve

Post by anelah »

Baru liat ada Spreadsheet Untuk Throttle & Pitch Curve di forum ini...download...coba ganti pada Max Pitch = 11 (posisi E6)
Saya lihat pada Excel:
Pitch curve - Idle1 - Input to TX - Point 5 = 102,5 (posisi C46). Apakah 102,5 ini dalam % ? Sebab pada TX saya maksimal 100%.
Demikian juga untuk:
Pitch curve - Idle2 - Input to TX - Point 5 = 105 (posisi C73)

:pyg
Post Reply