Trex 600 Clutch patah
Moderators: ferry, sahid, handoyo6299
- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
Trex 600 Clutch patah
Selamat pagi suhu-suhu tercinta, saya ada pengalaman yang menarik untuk dishare disini, dan semoga juga bisa mendapatkan pencerahan dari para suhu.
Sore hari... hari Jumat kemarin, punya kesempatan pulang tepat waktu...h.e..he.. biasanya gak pernah bisa.... terus mulai ambil armada, tasi malam sudah dipersiapkan, semua battery sudah di charge, baik tx maupun Rx, sempat juga check dirumah mulai dari connecting linkage dihead assy, terus ke servo, hmmmmm semua normal.
Check putaran blade serrrrrr, wah aman....ok matikan rx, tx kemudian mulai dibereskan dan berangkan ke lapangan terdekat eng...ing eeeeeeengggg.... hati berbunga, bakalan terbanga agak lumayan nich, target untuk Outorotation landing hari ini harus selesai....
10 menit sampailah dilapangan. heli diturunkan fuel dipompa untuk memenuhi tanki di heli... hati bergumam mantap, cuaca juga mendukung banget....... angin bertiup sepoi sepoi ndak tahu kecepatan hembus angi berapa karena belum punya speedometer untuk angin...he..he..he.h.e.... Fuel sudah penuh.... kemudian Tx dinyalakan, Rx dinyalakan, naikkan heli meja, sambil berlari kecil menjauh..... gimbal dimainkan, sampai post diam sejenak (jarak post ini sekitar 100 m), sambil masih memainkan gimbal di Tx ( antenna full colaps) melihat dikejauhan gerakan mulai dari tail rotor, main rotor, hm.hmmmmmm.. smuanya normal OK.
Mulai dech , tangan kanan pegang starter, tangan kiri holding Main rotor, ......eitssssss kok main rotortnya gak mau lancar mundurnya....wah mulai timbul sedikit curiga.... main rotor sekali lagi dicoba putar ccw, kok rada seret ya....kayaknya terbang terakhir hari rabu yang lalu enteng aja tuch..... ach gak apalah, coba di start.... loh kok sedikit terasa di tangan kiri...seperti clutchnya nempel, throttle sedikit dinaikkan, kemudian start..... jreng..... engine bunyi.. tapi benar, rotor terasa langsung nyantol walaupun bisa ditahan, hmmmmmmmm, gak apa lah bawa ketengah.... letakkan dan begitu dilepas rotor langsung berputar, engine lansung naik rpmnya..... siiipppp.
Mulai dech terbang hover beberapa saat sambil observasi.. semua terasa normal.....ceklek idle up dinaikkan dan mulai fast forward.. kekhawatiran tadi langsung terhapus semua ... langsung mencova beberapa kali landing Auto...beberapa loop, kemudian landing auto lagi sampai fuel terlihat mulai menipis, sortie pertama sukses dengan landing yang mulus, diakhiri dengan engine mati normal.
B.e.r.s.a.m.b.u.n.g
Sore hari... hari Jumat kemarin, punya kesempatan pulang tepat waktu...h.e..he.. biasanya gak pernah bisa.... terus mulai ambil armada, tasi malam sudah dipersiapkan, semua battery sudah di charge, baik tx maupun Rx, sempat juga check dirumah mulai dari connecting linkage dihead assy, terus ke servo, hmmmmm semua normal.
Check putaran blade serrrrrr, wah aman....ok matikan rx, tx kemudian mulai dibereskan dan berangkan ke lapangan terdekat eng...ing eeeeeeengggg.... hati berbunga, bakalan terbanga agak lumayan nich, target untuk Outorotation landing hari ini harus selesai....
10 menit sampailah dilapangan. heli diturunkan fuel dipompa untuk memenuhi tanki di heli... hati bergumam mantap, cuaca juga mendukung banget....... angin bertiup sepoi sepoi ndak tahu kecepatan hembus angi berapa karena belum punya speedometer untuk angin...he..he..he.h.e.... Fuel sudah penuh.... kemudian Tx dinyalakan, Rx dinyalakan, naikkan heli meja, sambil berlari kecil menjauh..... gimbal dimainkan, sampai post diam sejenak (jarak post ini sekitar 100 m), sambil masih memainkan gimbal di Tx ( antenna full colaps) melihat dikejauhan gerakan mulai dari tail rotor, main rotor, hm.hmmmmmm.. smuanya normal OK.
Mulai dech , tangan kanan pegang starter, tangan kiri holding Main rotor, ......eitssssss kok main rotortnya gak mau lancar mundurnya....wah mulai timbul sedikit curiga.... main rotor sekali lagi dicoba putar ccw, kok rada seret ya....kayaknya terbang terakhir hari rabu yang lalu enteng aja tuch..... ach gak apalah, coba di start.... loh kok sedikit terasa di tangan kiri...seperti clutchnya nempel, throttle sedikit dinaikkan, kemudian start..... jreng..... engine bunyi.. tapi benar, rotor terasa langsung nyantol walaupun bisa ditahan, hmmmmmmmm, gak apa lah bawa ketengah.... letakkan dan begitu dilepas rotor langsung berputar, engine lansung naik rpmnya..... siiipppp.
Mulai dech terbang hover beberapa saat sambil observasi.. semua terasa normal.....ceklek idle up dinaikkan dan mulai fast forward.. kekhawatiran tadi langsung terhapus semua ... langsung mencova beberapa kali landing Auto...beberapa loop, kemudian landing auto lagi sampai fuel terlihat mulai menipis, sortie pertama sukses dengan landing yang mulus, diakhiri dengan engine mati normal.
B.e.r.s.a.m.b.u.n.g
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2003
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
- Yudha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 567
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Trex 600 Clutch patah
Nuwun sewu,Mas Handoyo...
Terus T-Rex 600 Anda ini, kemudian, apanya yang patah?...
....
saya curiga..jangan2 ini cuma alasan Mas Handoyo untuk ganti ke T-Rex 700e F3C neh...
salam,
budiman
Terus T-Rex 600 Anda ini, kemudian, apanya yang patah?...

saya curiga..jangan2 ini cuma alasan Mas Handoyo untuk ganti ke T-Rex 700e F3C neh...






salam,
budiman
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2003
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: Trex 600 Clutch patah
Budiman wrote:Nuwun sewu,Mas Handoyo...
Terus T-Rex 600 Anda ini, kemudian, apanya yang patah?.......
saya curiga..jangan2 ini cuma alasan Mas Handoyo untuk ganti ke T-Rex 700e F3C neh...
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
salam,
budiman
kadosipun mankaten Mas...

- andre77
- Technical Sergeant
- Posts: 388
- Joined: 17 Jan 2007, 14:38
- Location: BANJARMASIN
- Contact:
- andreansyah
- Technical Sergeant
- Posts: 348
- Joined: 12 Oct 2010, 21:13
- Location: jak-tim
- Contact:
Re: Trex 600 Clutch patah


- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
Re: Trex 600 Clutch patah
DUH Mohon maaf suhu-suhu semua... seharian koneksi internet trouble jadi gak bisa memantau....terima kasih atas attens semus suhu
Pak Dhe Sahid, Suhu Yudha, Suhu Udha Budiman, dan Suhu Andre77.. saya lanjutken ceritanya ya...
Tiba giliran sortie kedua..... check lagi semua lingkage.......hmmmmm... normal.... mulai dech pompa lagi fuel ke tangki.... selesai, hidupkan Tx, lalu Rx, tunggu sekitar 3 detik, inisiasi gyro selesai ditandai dengan servo yang berada di posisi netralnya, starter ditangan kanan, sementara tangan kiri holding main rotor, loh kok kalau diputer ccw kok berat seperti nyangkut, malah lebih berat dari sortie pertama tadi..... hmmmmm ya udahlah nekat start, mungkin karena clutch yang baru ini memang seperti ini dulu...(dalam hati menghibur diri he.h.e..he. wong clutchnya baru je... apalagi ini yang heavy duty.... mungkin memang begini) nekat di start, loh kok langsung terasa rotornya berputar sekuat putaran starter, paksain ditahan, kok gak kuat..... weleh aneh ini.. karena penasaran masih nekat distart, sambil meyakinkan diri....sambil naikkan throttle engine hidup... lansung rotor dilepas, dan rotor langsung berputar, wah kok rasanya aneh ya... coba naikkan pitch... bersamaan engine juga lansung naik rpmnya..... coba hover.. beberapa saat.... kok perasaan gak enak ya.. turunin aja lah begitu kira-kira kata hati, persis mulai throttle mau diturunkan..... bletaaaaaak... weith jangan panik, tetap turunkan pelan sementara engine seperti kehilangan beban, tambahan bau hangus... heli berhasil landing dengan sempurna, kemudian matikan engine...... penasaran bunyi apa tadi ya... sambil gundah.. fuel disedot dari tangki ke jerrycan, kemudian langsung bongkar engine... hwarakadah... clutch yang kemarin baru diganti kok sudah buyar begini..... piye iki...

Nah pertanyaan muncul.. kok clutch bisa pecah begini ya.... apa ya penyebabnya.. mungkin teman-teman disini ada yang pernah mengalami hal seperti ini sharing dong.. karena kalau hal ini terjadi pada saat heli terbang ff, dimana rpm mencapai sekitar 17000 untuk dapat main rotor rpm sekitar 2000, bisa dibayangkan kalau benda kecil dari besi ini terlontar keluar... hiiiii. ngeri...
kira-kira bagaimana cara mengetahui kalau clutch mulai bermasalah ya... atau mungkin tanda-tanda seperti yang saya ceritakan tadi bisa digunakan sebagai petunjuk awal ya....
Pak Dhe Sahid, Suhu Yudha, Suhu Udha Budiman, dan Suhu Andre77.. saya lanjutken ceritanya ya...
Tiba giliran sortie kedua..... check lagi semua lingkage.......hmmmmm... normal.... mulai dech pompa lagi fuel ke tangki.... selesai, hidupkan Tx, lalu Rx, tunggu sekitar 3 detik, inisiasi gyro selesai ditandai dengan servo yang berada di posisi netralnya, starter ditangan kanan, sementara tangan kiri holding main rotor, loh kok kalau diputer ccw kok berat seperti nyangkut, malah lebih berat dari sortie pertama tadi..... hmmmmm ya udahlah nekat start, mungkin karena clutch yang baru ini memang seperti ini dulu...(dalam hati menghibur diri he.h.e..he. wong clutchnya baru je... apalagi ini yang heavy duty.... mungkin memang begini) nekat di start, loh kok langsung terasa rotornya berputar sekuat putaran starter, paksain ditahan, kok gak kuat..... weleh aneh ini.. karena penasaran masih nekat distart, sambil meyakinkan diri....sambil naikkan throttle engine hidup... lansung rotor dilepas, dan rotor langsung berputar, wah kok rasanya aneh ya... coba naikkan pitch... bersamaan engine juga lansung naik rpmnya..... coba hover.. beberapa saat.... kok perasaan gak enak ya.. turunin aja lah begitu kira-kira kata hati, persis mulai throttle mau diturunkan..... bletaaaaaak... weith jangan panik, tetap turunkan pelan sementara engine seperti kehilangan beban, tambahan bau hangus... heli berhasil landing dengan sempurna, kemudian matikan engine...... penasaran bunyi apa tadi ya... sambil gundah.. fuel disedot dari tangki ke jerrycan, kemudian langsung bongkar engine... hwarakadah... clutch yang kemarin baru diganti kok sudah buyar begini..... piye iki...






Nah pertanyaan muncul.. kok clutch bisa pecah begini ya.... apa ya penyebabnya.. mungkin teman-teman disini ada yang pernah mengalami hal seperti ini sharing dong.. karena kalau hal ini terjadi pada saat heli terbang ff, dimana rpm mencapai sekitar 17000 untuk dapat main rotor rpm sekitar 2000, bisa dibayangkan kalau benda kecil dari besi ini terlontar keluar... hiiiii. ngeri...
kira-kira bagaimana cara mengetahui kalau clutch mulai bermasalah ya... atau mungkin tanda-tanda seperti yang saya ceritakan tadi bisa digunakan sebagai petunjuk awal ya....
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Trex 600 Clutch patah
Wah, ini bener2 mengerikan,Mas...sepanjang yg saya tau..pada aplikasi R/C model tentunya..tanda awal clutch yg ber-masalah memang seperti yg telah Anda temukan pada cerita pertama,Mas...rotor head terasa enggaged dlm kondisi engine mati...saya juga baru dapat masalah yg sama, cuma bukan pada helikopter...
Kenapa bisa sampe terjadi seperti ini...itu sekarang pertanyaannya..saya cuma bisa menduga-duga..secara ngawur saja ..cuma ga berani ngasi komen dulu de...
salam,
budiman
Kenapa bisa sampe terjadi seperti ini...itu sekarang pertanyaannya..saya cuma bisa menduga-duga..secara ngawur saja ..cuma ga berani ngasi komen dulu de...

salam,
budiman
- Yudha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 567
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
Re: Trex 600 Clutch patah
Akhirnya tuntas cerita hehehe, saya juga pernah ngalamin clutch patah di udara pake trex 700n, emang itu clutch sudah dari pertama rakit belum saya ganti (kira2 maen 1 galon). Jadi ceritanya pas maen tangki kedua juga, tangki pertama aman masih jos dihajar 3d pas tangki ke 2 saya coba continuos tic-toc tiba2 "bblleeeeetaaaaakkk!!" terus respon saya ceklek autorotation dan helinya landing selamat pas di tumpukan rumput empuk hehe. Pertama yang tercium bau hangus dugaan saya pasti ni engine nya jebol, setelah dibongkar eeehhhh taunya clutch pecah 2.
Kalo kasus saya mungkin clutch nya sudah fatique tapi emang tanda2 nya ngga ada atau emang saya aja yang nggatau hehehe. Klo kasus om handoyo bisa jadi clutch terlalu rapat dengan liner karena saya baca dari awal om udah ngerasian seret pas mutar blade. Apa waktu ganti clutch itu linernya diganti juga om ?
Oiya kalo clutch pecah terus terlempar saya belum pernah denger sih, logikanya kan itu clutch ketutup sama clutch bell. Mudah2an jangan sampe kejadian ya om ngeri juga ngebayanginnya kalo kena ke orang lain
Kalo kasus saya mungkin clutch nya sudah fatique tapi emang tanda2 nya ngga ada atau emang saya aja yang nggatau hehehe. Klo kasus om handoyo bisa jadi clutch terlalu rapat dengan liner karena saya baca dari awal om udah ngerasian seret pas mutar blade. Apa waktu ganti clutch itu linernya diganti juga om ?
Oiya kalo clutch pecah terus terlempar saya belum pernah denger sih, logikanya kan itu clutch ketutup sama clutch bell. Mudah2an jangan sampe kejadian ya om ngeri juga ngebayanginnya kalo kena ke orang lain
