sebenarnya, downthrust itu positf atau negatif (upthrust) bukan tergantung tractor atau pusher (propeller) nya, tetapi lebih mengacu kepada posisi propeller terhadap CG pesawatnya.
kalau prop didepan CG, harus downthrust (menarik hidung pesawat kebawah). kalau di belakang CG harus uphrust (menekan ekor pesawat keatas, akibatnya hidung pesawat akan tertarik kebawah).
untuk kasus pusher om basri3127, karena kalau fullthrotle pesawat cenderung menukik (gejalanya over downthrust), jadi arah motornya (arah kebelakang) harus lebih keatas (
downthrust pada motor, efeknya seolah olah
upthrust pada pesawat) ==> (menekan belakang pesawat kebawah, artinya moncong pesawat akan tertarik keatas).
hahaha ...
sepertinya yg bikin bingung itu istilah downthrust dan upthrust nya ya ...
pada pusher motor ada didepan prop, jadi kalau prop di dongak kan ke atas, thrustnya malah kebawah ... berarti downthrust kan ...
tapi karena yg ditekan kebawah ini ekor pesawatnya, efeknya pada hidung pesawat jadi keatas.
walah ...
