andfiles wrote:cara mengitu CG jika smua elektrik sudah dipasangkan smua gmn ya suhu?
itu dah ada jawabannya :25-30% lebar sayap dari moncong pesawat trus diseimbangkan dengan jari2 diliat berat kedepan atau kebelakang
btw hari ini blum sempet pasang elektriknya.... krn td sore terbangin wd di aldiron trus nyungsep.....jdnya cuma sempet reparasi deh
walau jam terbang terlalu sedikit dibanding dengan jam reparasinya tetap semangatzzz
25-30 % lebar sayap (chord), posisinya diukur dari sisi sayap paling depan (LE) ke belakang sayap. Saya perjelas tulisan Mas Xtrazor di atas, jadi diukurnya bukan dari moncong pesawat.
didin wrote:25-30 % lebar sayap (chord), posisinya diukur dari sisi sayap paling depan (LE) ke belakang sayap. Saya perjelas tulisan Mas Xtrazor di atas, jadi diukurnya bukan dari moncong pesawat.
Semoga bisa membantu...
makasih suhu...
mau tnya lg apakah CG itu selalu dijadikan tempat untuk menaruh/menempelkan lipo esc rx dll disitu? klo sy ingin membuat pesawat FPV yg lipo nya ditaruh didpn sayap gmn?jd bukan di CG. contoh nya seperti pesawat floaterjet epo yg ada di HK..
maap nih suhu2 sy bnyk tanya,...krna pesawat home made sy ga da yg bisa terbang sempurna..
mau tnya lg apakah CG itu selalu dijadikan tempat untuk menaruh/menempelkan lipo esc rx dll disitu? klo sy ingin membuat pesawat FPV yg lipo nya ditaruh didpn sayap gmn?jd bukan di CG. contoh nya seperti pesawat floaterjet epo yg ada di HK..
maap nih suhu2 sy bnyk tanya,...krna pesawat home made sy ga da yg bisa terbang sempurna..
oo bukan itu intinya batere, esc, rx ,servo, terserah aja mau ditarok dimana, yg penting CG nya harus pas di angka2 yg udah ditulis diatas. (walau memang berapa pesawat didesain perletakan elektroniknya pas di deket2 cg)
andfiles wrote:cara mengitu CG jika smua elektrik sudah dipasangkan smua gmn ya suhu?
itu dah ada jawabannya :25-30% lebar sayap dari moncong pesawat trus diseimbangkan dengan jari2 diliat berat kedepan atau kebelakang
btw hari ini blum sempet pasang elektriknya.... krn td sore terbangin wd di aldiron trus nyungsep.....jdnya cuma sempet reparasi deh
walau jam terbang terlalu sedikit dibanding dengan jam reparasinya tetap semangatzzz
25-30 % lebar sayap (chord), posisinya diukur dari sisi sayap paling depan (LE) ke belakang sayap. Saya perjelas tulisan Mas Xtrazor di atas, jadi diukurnya bukan dari moncong pesawat.
wah mantap tuch, kalau dilihat dari glidenya sudah bener. Kenapa nggak bisa terbang???? kalau saya perhatikan... semoga bener ya... tapi nanti suhu yang lain mohon tambahan... seperti kurang power... nah kalau udah begini, boleh disharing berat pesawat total ( berikut battere servo, esc, motor dan receiver) dan juga ukuran motor sama escnya, berapa? nah semoga nanti bisa dibantu sama suhu suhu disini