PZL WarszawaOkecie PZL104 Wilga

Mengenal lebih jauh suatu pesawat ( data dan sejarahnya )

Moderator: NF

Post Reply
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2314
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

PZL WarszawaOkecie PZL104 Wilga

Post by Wind Raider »

Image

Negara asal : Polandia
Tipe : Four seat light utility aircraft

Sejarah :
STOL PZL104 merupakan salah satu ekspor pesawat ringan tersukses untuk Polandia.

Pengembangan dari wilga dimulai pada awal 1960an oleh Poland's Light Aircraft Science dan Production Center di Warsaw sebagai pengganti dari pesawat general purpose Czechoslovak L60 Brigadyr. Prototype pertama dari Wilga 1 mempunyai mesin Narkiewicz WN6B radial (135kW, 180hp) dan terbang untuk pertama kalinya pada April 24 1962. Desain ulang yang besar dilakukan sehingga menghasilkan Wilga 2 dengan fuselage dan ekor baru dengan mesin 145kW (195hp) WN6RB dan terbang pada bulan Agustus 1963. Pada bulan Desember 1963, Wilga C/Wilga 32 terbang dengan mesin 170kW (225hp) Continental O470 dan selanjutnya jenis Lipnur Gelatik dibuat di Indonesia dengan jumlah 39 buah.

Produksi dari wilga pertama merupakan versi 4 kursi 3a dan versi 3S ambulance yang dibuat dengan mesin 195kW (260hp) Ivchenko AI14 radial. Selanjutnya PZL melakukan konfigurasi ulang pada cabin dan landing gear sehingga menghasilkan versi produksi yang nyata dengna Wilga 35. Prototype dari Wilga 35 pertama terbang pada 28 Juli 1967.

Wilga 35 masih berproduksi dan tidak berubah. Beberapa varian sudah ditawarkan, dimana Wilga 80 masih identik dengan 35 kecuali dengna letak karburator air intake. Wilga 35A dan 80A dibuat untuk operasi-operasi terbang untuk perkumpulan dan dilengkapi dengan hook untuk menarik glider dan dilengkapi dengan float. Versi 35R dan 80R digunakan untuk kegiatan pertanian, dilengkapi dengan chemical hopper dan spray bar 270kg, sedangkan jenis 35P adalah varian untuk ambulans dan mampu mengakomodasi 2 stretchers.

PZL-104M Wilga 2000 adalah pesawat dengan pengembangan terakhir yang ditujukan untuk pelanggan di Barat. Dilengkapi dengan mesin 225kW (300hp) Textron Lycoming Continental IO540 flat six dengan profil hidung berbeda, dilengkapi dengan AlliedSignal avionics dan fuel ekstra. Penerbangan pertama dilakukan pada tanggal 21 Agusutus 1996 dan sertifikasi FAA didapatkan pada tahun 1997

Kapasitas :
4 kursi termasuk untuk pilot. 2 kursi belakang dapat diganti dengan fuel tank. Konfigurasi ambulans mengakomodasi 2 stretchers and staf medis.

Dimensi :
35A/2000 - Wing span 11.12m (36ft 6in), panjang 8.10m (26ft 7in), tinggi 2.96m (9ft 9in). Wing area 15.5m2 (166.8sq ft).

Berat :
35A - Empty equipped 870kg (1918lb), max takeoff 1300kg (2866lb). 2000 - Empty 900kg (1984lb), max takeoff 1400kg (3086lb).

Performa :
35A - Max speed 194km/h (105kt), cruising speed at 75% power 157km/h (85kt). Initial rate of climb 905ft/min. Service ceiling 13,250ft. Range with max fuel and reserves 510km (275nm). 2000 - Cruising speed at 75% power 190km/h (103kt). Max range 1500km (810nm).

Mesin :
35A - One 195kW (260hp) PZL AI14RA nine cylinder radial piston engine driving a two blade constant speed propeller. 2000 - One 225kW (300hp) Textron Lycoming IO-540 flat six driving a three blade constant speed prop
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

om, saya punya fotonya plate numbernya gelatik solo yang ada di sebelah kiri bawah stab
Image
Last edited by NF on 10 Feb 2007, 10:39, edited 1 time in total.
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

wilga pzl 104 "gelatik"
Image
cockpitnya
Image
flight panelnya
Image
O:)
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2314
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

night fox wrote:foto gelatik / pzl 104 wilga dgn mesin piston waktu ron di semarang /yani
Image


Karena pakLong NF dan pak Ngah Seasicker , ini saya tambahin photonya

Image
Last edited by Wind Raider on 10 Feb 2007, 09:38, edited 1 time in total.
User avatar
coyo
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 812
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

Wah, harusnya waktu sy KP di IPTN dulu sekalian foto2 Gelatik warna biru punya Lab Fisika Terbang ITB yg udah dipasangin instrumen macem2

klo ad yg punya fotonya tolong diposting ya....
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Kalau yang pesawat ini di simulator memang agak mudah, tingkat kesulitanya relatif rendah dibanding dengan Pilatus.
Post Reply