beda bentuk ulir pada propeller

Buat yang baru belajar bikin pesawat

Moderators: im-sad, GandrungMaBur

User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Post by antokrose »

christoffel wrote:betul ... lebih aman pake 11x3.8
cuman ngomong2 ... kenapa punya nya prop yg ukuran langka begitu ?
prop 11x4.7 kan barang sejuta umat ? makin umum ukuran prop nya, biasanya makin murah harganya ...
coba di cek lagi di lhs ....

nb: TX turnigy 9 nya udah nyampe. hari minggu saya bawain ke lapangan. kalo nggak datang bahaya, udah banyak yg ngincer soalnya ...
:ha3 :ha3 :ha3


minggu kemarin crash waktu main di kampung, jadi baru senin kemarin pulang ke sub dan langsung cari propeler yang ada hanya 11 x 3,8 dan 11 x 5,5, terpaksa di beli dari pada ngak ada heheheh , mudah mudahan minggu besok bisa kelapangan om, karena nyonya ku sering merengut dan minta di temenin terus maklum karena lagi hamil muda nih om ehhehhehhe,

txnya kalau memang banyak yang ngincer ngak apa apa kasihkan dulu aja om,
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Post by christoffel »

anelah wrote:Jadi kesimpulan bagaimana nih...
Semua komponen adem ayem kecuali motor yang panas, sedangkan propeller sudah pakai yang optimal GWS-7035. Selain wattmeter sepertinya masih harus beli alat pengukur temperatur? Berapa tinggi temperatur yang diperbolehkan pada sebuah motor kecil 16gr tsb? kalau baca2 di forum luar ada yang pernah mengukur temperatur motor sampai 185C. lapisan email pada kumparan motor apakah tahan temperatur tinggi.

lho ... katanya yg panas yg 7060 ....
mestinya kalo udah pake 7035 dg 2 cell udah nggak panas ... kan udah sesuai spec.
kalau masih panas juga, coba di watt meter dulu, apakah arusnya diatas 6A? (besar kemungkinan iya).
prop GWS mungkin terlalu lebar ? (wide blade)
prop sudah balance ?

coba kecilin lagi prop nya ...
User avatar
purwanu
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 719
Joined: 29 Jan 2009, 16:14
Location: Cikarang Barat

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Post by purwanu »

gws 7035 ini type yg cocok untuk rpm tinggi, tapi bahannya terlalu lentur.
saya pake ini untuk motor 1500kv dengan lipo 3 cell, dapet thrust dekat ke 350gram. lumayan untuk trainer2 kecil...
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Post by anelah »

ok... siiip... diutakatik lagi... thanks. :ok
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 672
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: beda bentuk ulir pada propeller

Post by topankaltim »

iwan21 wrote:
topankaltim wrote::htg :htg

permisi Om Om...

nunut belajar...numpang nanya sekalian... :thx :thx
kemarin ada teman ESC Cessna kebakar gara gara salah pilih jenis propeller..apa kah mungkin untuk bahan dasar propeller mempengaruhi tarikan amphere motor padahal sama sama ukurannya, misal 8X6 buat cessna.
sekedar informasi...sebelumnya itu cessna pake propeller bahan dari plastik, motor TP 2409-12T, batre poli 11,1V ESC 25A HW...dicoba pake yang jenis APC...gak lama (2 menitan) ESC gosong...mohon dibantu suhu suhu..

:thx

salam topan
samarinda


coba cek yg ini :
1. lebar bilah blade, sama gak yg lama dg yg baru
2. beratnya yg lama ama yg baru sama gak?
3. udah dibalance belom propnya?

karena :
1.- kalo ukuran picth sama, , makin lebar bilah blade makin besar perlu tenaga utk mutarnya, otomatis narik arus juga lebih besar)
2- makin berat prop tentu juga perlu tenaga besar utk mutarnya, ujung2nya ya narik arus besar juga
- jangan lupa juga, kalo bilah prop gak balance, bisa menyebabkan motor bekerja berat buat mutarnya, kembali lagi narik arusnya juga naik dari sebelumnya



Om Roji :thx :thx :thx
semakin kesensem dengan pesawat...
:pis :pis
Post Reply