Budiman wrote:Jika kita semua sudi berpikir kembali kepada hal2 yang mendasar mengenai design sebuah heli........kalo buat saya si sederhana saja...helikopter yg khusus diperuntukkan untuk manuver2 3D, ya jelas dibuat untuk tidak stabil...mana ada heli 3D yang stabil... Jika mau belajar 3D...ya konsekwensinya ...jelas..yaitu berkawan dengan "ke-tidak stabil-an"...hanya level ke-tidak stabil-an ini yang berbeda... Sperti Suhu Ombhie menyatakan...bahwa heli semakin gede ukurannya, semakin enak...saya setuju sekale...kenapa?..ya sudah hukum alamnya..heli semakin gede, semakin berat, plus bentang rotor disc yg semakin lebar,artinya daya apung heli di udara semakin besar.....mo gimana lagi..hehehehhe
Yang agak saya mikirnya di posting ini yang buat saya, semakin tidak karu2an..ada semacam kekuatiran yg tersirat, akan biaya part yang mahal akibat crashed...lho, setau saya si, kalo memang berniat terbang heli dengan manuver 3D...memang harus siap untuk CRASHED se-waktu2...berapapun cost yang harus ditebus dan apapun jenis heli yang dipergunakan....... Se-murah2nya harga part heli, kalo frekwensi CRASHED nya ber-tubi2...ya tetep saja MUAHAL..buat saya lho ya... Jadi...kalo belajar 3D, ya seharusnya tidak boleh kuatir dong dengan konsekwensi biaya part ...
Daah,, repot2 amat bicara soal crash. Main simulator aja dr pagi ampe malam(kalo betah). Crash 100x tetep masih bisa ajak keluarga jalan2 ke mal Malah bisa gonta ganti macam2 model malah