setting engine heli asp 36

You got problems ? Let's discuss here

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

Post Reply
User avatar
Snowman
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 356
Joined: 18 Jan 2007, 07:37
Location: Indramayu - Palembang

setting engine heli asp 36

Post by Snowman »

temenku baru punya shuttle plus dipasangin heli engine ASP 36
sdh break in.........
kemaren maiden,...minta tlg dibantu disetting........

berdasarkan pengalaman pake hyper ring OS50 ..........neddle saya putar di 1 1/4....ternyata nggak ada tenaga,...

terus saya coba lean kan....... sampai di 1 putaran,....lumayan tapi engine panas banget............
dan satu tangki habis sebentar aja,......boros sekali saya pikir........

mau saya cekik lagi needlenya ...nggak berani takut overheat...apa memang engine ini karakternya begitu....

ada yang punya pengalaman dgn engine ini....dan needle idealnya berapa putaran
zenith
Posts: 5
Joined: 01 Nov 2007, 03:37

ASP 36HR Engine Setting

Post by zenith »

To: Snowman

Dear,

Saya kebetulan pakai shuttle plus dan engine ASP 36. Sesuai pengalaman dan berbagai macam analisa saya untuk setting ASP 36 needle valve-nya diputar antara 20-23 klik dari valve full close jadi nggak sampai 1 putaran atau sekitar 3/4 putaran dari valve full close.
Dan juga untuk menghindari over heat, fuel yang dipakai adalah maksimum menggunakan nitro glycerin 7,5%. Tapi saya menyarankan anda menggunakan fuel dengan nitro 5% saja karena sangat proper sekali antara rpm dan power/torque yang dihasilkan. Apabila anda menggunakan fuel dengan nitro diatas 7,5% engine akan cepat mencapai over heat/ over temperature limit.
Hal ini disebabkan oleh karakter metalurgi yang mempunyai maleability yang tinggi pada temperature rendah dan plasticity yang lebih rendah dibandingkan dengan engine buatan Jepang. Sehingga karakter ini pada engine ASP 36 dapat menyebabkan :

1. Engine cepat mencapai over heat.
2. Apabila fuel yang dipakai pada engine >7,5%, engine akan knocking karena nilai oktan yang tinggi.
3. Akibat knocking akan terjadi vibrasi dan mengendorkan tightening part.
4. Karena plasticity yang rendah dapat menyebabkan engine rusak. Misalnya: connecting rod patah
(kasus ini pernah dialami oleh teman saya, con-rod masih dipajang di MM Hobby ITC Cempaka Mas)

Kalau saya menggunakan 0% nitro untuk terbang-terbang santai dan 5% nitro untuk terbang yang membutuhkan acceleration power tinggi misalnya dari forward hi-speed ke hover, on ground ke fast vertical take off.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfat bagi dunia aeromodelling kita, apabila ada kurang lebihnya saya mohon maaf dan saya berharap berbagai macam saran dan sanggahan yang dapat menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi perkembangan aeromodelling kita.


Cheers,

Z E N I T H
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1656
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

Om Zenith Tolong perkenal kan diri dulu di bagian member only dan pasang avatar :D
Post Reply