di Tx digital ada yang namanya EXP, D/R, EPA ,SWSH, F/S, ATV, STRM banyak nih istilahnya.. kira-kira ada gak yang bisa bantu menjelaskan apa yang di maksud dengan istilah-istilah ini dan kegunaannya untuk apa ?
terima kasih
EXPonential, Dual Rate, End Point Adjusment untuk apa nih?
- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 730
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
- flytosky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
Expotensial : kecepatan respon servo terhadap gerakan tangan kita. kalau pesawatnya masih liar, sebaiknya expo nya diturunin sekitar -40 sampai -60%
D / R : fungsinya untuk rate expotensial (kalo gw ga salah inget), jadi kita bisa switch, mau expo 100% atau - 40%. berguna banget buat pesawat pesawat yang terlalu liar.
E.P.A : untuk batasan ruang gerak servo. misalnya servo gerakannya terlalu sempit atau terlalu lebar, bisa diadjust lagi.
laennya gw ga mudeng, maklum TX gw cuman ada expo sama EPA doang. ehhehe
D / R : fungsinya untuk rate expotensial (kalo gw ga salah inget), jadi kita bisa switch, mau expo 100% atau - 40%. berguna banget buat pesawat pesawat yang terlalu liar.
E.P.A : untuk batasan ruang gerak servo. misalnya servo gerakannya terlalu sempit atau terlalu lebar, bisa diadjust lagi.
laennya gw ga mudeng, maklum TX gw cuman ada expo sama EPA doang. ehhehe
- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 730
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
- andre77
- Technical Sergeant
- Posts: 376
- Joined: 17 Jan 2007, 14:38
- Location: BANJARMASIN
- Contact:
- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 730
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
- andre77
- Technical Sergeant
- Posts: 376
- Joined: 17 Jan 2007, 14:38
- Location: BANJARMASIN
- Contact:
D/R membatasi gerak servo,EXP mengurangi kegesitan servo.Kita bisa bikin setingan "misal" di aileron kita bikin cukup D/R 50% trus expo -50 untuk take off dan landing trus kalo mau manuver pecicilan kita seting pada D/R 100% dan expo -30,sedangkan untuk seting mekanik untuk menyesuaikan dengan manual petunjuk karena biasanya sudah di cantumkan batas gerakan dari ruder elevator dan aileron dalam drajat kita bisa menggunakan EPA=end point adjusment.
itu sih menurut pengetahuan saya.
itu sih menurut pengetahuan saya.
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Exponential gunanya untuk mengurangi atau menambah respoan jempol terhadap gerakan servo, kalau dikurangi pada saat jempol 50% servonya baru bergerak kurang dari 50% tetapi pada saat jempol di 100% ya sama dengan gerakan servo 100%, pada saat ditambah gerakan servo akan sebaliknya.
D/R dual rate kalau kita fungsikan berguan untuk misalnya menjelajah atau manuver memerlukan gerakan pesawat yang lincah, disini dual rate disetting pada posisi gerakan Aileron, Rudderdan Elevator up down 30 derajat lalu pada saat pesawat hendak mendarat semua sudut kita turunkan menjadi misalnya 10 derajat saja. Disini yang disetting adalah dual ratenya.
EPA Endpoint Adjusment untuk membatasi gerakan servo agar langkahnya sesuai dengan yang kita kehendaki.
SWSH ini pemilihan type Swash yang hanya ada pada Heli.
ATV itu persis sama dengan EPA, radio Futaba yang lama menggunakan istilah ATV yang baru sudah menggunakan istilah EPA.
F/S adala Fail Safe gunanya untuk pada saat signal radio sudah tidak menjangkau receiver maka settingan fail safe yang bekerja otomatis sesuai settingan kita, mau pesawatnya turun atau berbelok.
STRM berfungsi trimmuntuk mencari titik tengah langkah servo yang berguna untuk setting throttle Heli agar pada saat stick throttle ditengah karburator harus tepat terbuka 50%.
Itu yang saya ketahui kurang lebihnya mudahan ada yang menambahkan.
D/R dual rate kalau kita fungsikan berguan untuk misalnya menjelajah atau manuver memerlukan gerakan pesawat yang lincah, disini dual rate disetting pada posisi gerakan Aileron, Rudderdan Elevator up down 30 derajat lalu pada saat pesawat hendak mendarat semua sudut kita turunkan menjadi misalnya 10 derajat saja. Disini yang disetting adalah dual ratenya.
EPA Endpoint Adjusment untuk membatasi gerakan servo agar langkahnya sesuai dengan yang kita kehendaki.
SWSH ini pemilihan type Swash yang hanya ada pada Heli.
ATV itu persis sama dengan EPA, radio Futaba yang lama menggunakan istilah ATV yang baru sudah menggunakan istilah EPA.
F/S adala Fail Safe gunanya untuk pada saat signal radio sudah tidak menjangkau receiver maka settingan fail safe yang bekerja otomatis sesuai settingan kita, mau pesawatnya turun atau berbelok.
STRM berfungsi trimmuntuk mencari titik tengah langkah servo yang berguna untuk setting throttle Heli agar pada saat stick throttle ditengah karburator harus tepat terbuka 50%.
Itu yang saya ketahui kurang lebihnya mudahan ada yang menambahkan.
- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 730
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
- Syafik
- Major General
- Posts: 4021
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
EPA sama dengan ATV (Adjust Travel Volume)...
SWSH untuk pemilihan jenis Swashplate pada heli... ada yang swsh1, swsh2 dan swsh3 (di buku manualnya ada penjelasannya kok)
F/S... Failsafe biasanya bekerja kalau signal hilang dan settingan bekerja standar, misal throtle akan bekerja pada 50%, aileron 0% dan elev 0%... F/S hanya bekerja pada pada signal PCM
D/R... dualrate pada prinsipnya hampir sama dengan setting ATV atau EPA yang bisa dikondisikan 2 settingan...
SWSH untuk pemilihan jenis Swashplate pada heli... ada yang swsh1, swsh2 dan swsh3 (di buku manualnya ada penjelasannya kok)
F/S... Failsafe biasanya bekerja kalau signal hilang dan settingan bekerja standar, misal throtle akan bekerja pada 50%, aileron 0% dan elev 0%... F/S hanya bekerja pada pada signal PCM
D/R... dualrate pada prinsipnya hampir sama dengan setting ATV atau EPA yang bisa dikondisikan 2 settingan...