Modif Sayap Kuning WD

Room khusus fans berat WD
User avatar
sandiarta
Airman
Airman
Posts: 44
Joined: 03 May 2007, 16:07
Location: Cakung Jakarta Timur
Contact:

Modif Sayap Kuning WD

Post by sandiarta »

Hari sabtu pagi, komunikasi sms dengan suhu Iwan21:

Sandiarta: Pak sayap kuning WD bisa di pasang Aileron? kira2 speknya seperti apa?
Iwan21: Bisa, lebar 5 cm panjang kira2 80% dari sayap.

Berbekal ilmu tersebut, sayap kuning WD berhasil di modif, ini hasilnya:

Image

Pada saat di coba sore harinya terlihat berhasil membelokkan pesawat tapi karena angin cukup kencang akhirnya pilih landing. Landing cukup buruk, hasilnya lem dudukan motor BL terlepas, sore itu dilanjutkan dengan repair dudukan motor.

Setelah menunggu lem kering semalamam, Minggu pagi penasaran coba lagi, hasilnya:

Image

Image

Kejadiannya:
WD siap2 di landasan pacu, full throtlle setelah beberapa meter ROG akhirnya airbone tapi terasa berat, lambat banget bisa mencapai ketinggian, karena ujung lapangan mulai dekat WD coba di belokin kiri tapi malah kehilangan ketinggian, berputar menghunjam bumi. Lemeesssss.........

Pertanyaan saya:
1. BAGAIMANA MEMFUNGSIKAN AILERON?
2. KALAU MAU BELOK KIRI/KANAN APAKAH STIK DI REMOTE TERUS DITAHAN SAMPAI ARAH PESAWAT SESUAI KEINGINAN? Saya melakukan ini kemarin hasilnya WD malah crash. Sebelumnya saya belum familiar dengan fungsi Aileron.

Untuk rekan2 Grage, para SUHU mohon pencerahnnya
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Dudukan motor dikasih alas tripleks sebagai penguat dan isolator panas dari motor .
Buat belok , jgn tahan stik remote lama2 .... perhatikan pesawatnya , jari2 kita menyesuaikan diri .
Setiap belok jangan lupa elevator dinaikkan dikit biar ketinggian terjaga
Defleksi dari airelon jangan terlalu besar pak .. ( kalau udah mahir baru digedein )
User avatar
sandiarta
Airman
Airman
Posts: 44
Joined: 03 May 2007, 16:07
Location: Cakung Jakarta Timur
Contact:

Post by sandiarta »

Pak WR, Defleksi Aileron itu apa pak?
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

defleksi aileron : gerakan aileron ke atas dan kebawah pak .
kalau terlalu besar , nanti psw jadi terlalu agresif .
Last edited by Wind Raider on 22 Oct 2007, 11:05, edited 3 times in total.
User avatar
sandiarta
Airman
Airman
Posts: 44
Joined: 03 May 2007, 16:07
Location: Cakung Jakarta Timur
Contact:

Post by sandiarta »

ooooohhhhh jangan2 itu dia pesawat jadi susah di kontrol pada waktu mau belok hmmmm....
kalo sudah di potong begini gimana ngecilin defleksinya Pak?
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

defleksi bisa diperkecil dgn cara :
push rod ke servo dimasukkan ke lubang lengan servo yg lebih dekat jaraknya dari as servo .
atau
push rod pada horn dimasukkan ke lubang yg lebih jauh pada push horn
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 730
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

sebenarnya defleksinya makin besar makin mudah beloknya pak sandi.. hanya saja harus selalu ingat setiap kali belok.. elevator harus dimainkan juga supaya gak stall.. saya juga sudah modif wd ke aeleron.. tapi tidak dengan cara dipotong.. takut motongnya salah.. hanya saya tambah panjang cord dengan coroplast.. terbangnya jadi lebih enak dan dengan cord yang makin besar.. wingloading makin kecil

fotonya seperti ini
Image
jadinya wing saya gak harus dipotong2 karena masih sayang nih...
User avatar
sandiarta
Airman
Airman
Posts: 44
Joined: 03 May 2007, 16:07
Location: Cakung Jakarta Timur
Contact:

Post by sandiarta »

Ravenchan wrote:sebenarnya defleksinya makin besar makin mudah beloknya pak sandi.. hanya saja harus selalu ingat setiap kali belok.. elevator harus dimainkan juga supaya gak stall.. saya juga sudah modif wd ke aeleron.. tapi tidak dengan cara dipotong.. takut motongnya salah.. hanya saya tambah panjang cord dengan coroplast.. terbangnya jadi lebih enak dan dengan cord yang makin besar.. wingloading makin kecil

fotonya seperti ini
Image
jadinya wing saya gak harus dipotong2 karena masih sayang nih...



Nyambung coroplast ke sayap pake apa Pak? biar kuat gitu.....
apa cukiup lakban? atau perlu di lem?
masih ada sich satu sayap utuh yang Kuning mungkin bisa di coba dengan cara sambungan.....
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

Supaya terbang lebih santai khususnya tugas yg diemban oleh jempol kiri saya sarankan hidupkan saja mixing dengan persentasi (30% ~ 50%) sesuai selera (juga tergantung dengan karakteristik pesawat) antara aileron (master) dan elevator (slave) dan kan bisa diaktifkan (on/off) dr remote dan abis itu nerbangin wd kan maunya santai (tapi maaf loh kalau tidak sejalan, harap maklum saya pengen terbang sambil bisa pegang camilan getuh)
User avatar
sandiarta
Airman
Airman
Posts: 44
Joined: 03 May 2007, 16:07
Location: Cakung Jakarta Timur
Contact:

Post by sandiarta »

toto wrote:Supaya terbang lebih santai khususnya tugas yg diemban oleh jempol kiri saya sarankan hidupkan saja mixing dengan persentasi (30% ~ 50%) sesuai selera (juga tergantung dengan karakteristik pesawat) antara aileron (master) dan elevator (slave) dan kan bisa diaktifkan (on/off) dr remote dan abis itu nerbangin wd kan maunya santai (tapi maaf loh kalau tidak sejalan, harap maklum saya pengen terbang sambil bisa pegang camilan getuh)


Salam kenal pak Toto, satu hal yang menarik adalah mengenai mixing....
maafkan kedangkalan pengetahuan saya, apa yang pak Toto maksud dengan mixing antara ail dan elev?

hal lain yang lebih menarik adalah bisa terbang sambil bisa pegang camilan hhhhmmmmnnn hehhehhehhe boleh juga.....
Post Reply