untuk rekan2 gaero, om James ini main Aero dan juga main PPG. Saat ini juga sedang mengerjakan project electric paramotor ... Kenal sama saya di HK, sama2 beli CA120-70, nggak tau nya sama2 asli Indonesia meskipun beliau nya tinggal di Auckland ... hehehe saya undang bergabung disini biar rame ....
Terima kasih banyak om James, koreksinya. saya sudah ralat, dan ternyata di rumus lainnya sudah benar, jadi tidak mengganggu perhitungan lain nya. saya aja yg salah nulis ...
Koreksi : (thanks to om James Paulus) 11.2HP @7200 RPM setelah direduksi 1:2 jadinya 11.2HP @7200RPM dg torsi jadi 2 kali lipat Torsi (Kg.cm) =Power (Hp) * 72611.5 / RPM Jadi karena RPM turun, Torsi jadi naik karena Power tetap (Hukum kekekalan energi)
Last edited by christoffel on 23 Feb 2012, 21:18, edited 3 times in total.
untuk onboard starter DLE, memang sudah ada yg bikin (yg orang malaysia, bukan yg di link nya om didin. kalau itu barang jadi made in german. starternya universal, bukan khusus untuk DLE dan harganya selangit), saya sudah pernah lihat bahkan sempat kontak, tapi akhirnya kurang tertarik karena menurut saya terlalu ribet. intinya, back plate nya diganti sendiri, as di tembuskan ke belakang, di kopel ke BL motor melalui reduksi dan one way bearing. tadinya beliau (yg bikin) sudah terima pesanan juga melalui lokal hobby shop di sana, cuman kemudian desain nya di beli sama DLE, jadinya sekarang beliau nya nggak boleh jual lagi ...
Saya bilang terlalu ribet, karena saya kan aplikasinya ke paratrike, jadi kalau harus banyak modif begitu, mending saya bikin reduksi belt drive saja dari mesin ke prop nya, lalu saya ikutin juga starter motor (pake BL alternator punya mobil carry) di belt tersebut. nggak usah pake one way bearing. Setelah engine hidup sekalian bisa jadi alternator untuk charging battery ... nggak perlu modif engine nya, jadi kalau mau dipake untuk pesawat pun masih tetap seperti aslinya ...
terima kasih postingan nya nih om suhu christoffel jadi pengen bikin euy tapi dibandingkan sama yg beli jadi dengan bikin sendiri berapa besar ya bedanya ......
Minggu ini seperti biasanya masih nyoba propeller (percobaan terus, nggak selesai2 ...). Kali ini pakai Fiala 34x8 dan JC prop 34x8 Hasilnya Fiala 34x8 masih berputar kencang di 6650 RPM. JC prop lebih berat .... Kesimpulan saya sementara ini : harus pesan Fiala 34x10 atau 32x12
Canopy juga test flight yg baru beli (tentu saja bekas ...) Dapat nebus dari Neville Kemp (memang orang bule), pemain paralayang di jakarta yg mau ganti / naik kelas. Ini canopy Apco Vista, kelasnya lebih tinggi dari Gin Bolero yg pertama saya pakai, jadi ya radha deg2an juga ... Thanks Nev, its a good canopy ...
suasana lapangan cukup ramai, jadi nggak sempat bikin catatan. ini beberapa dokumentasi nya ....