Safety dalam aeromodelling : untuk beginner, dari beginner

Share cerita mengenai safety dalam aeromodelling .

Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer

User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1083
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

dulu saya pernah ngeliat flight chek list termasuk record2 safety di internet, bahkan juga merecord lama terbang, status parts, sampai status batre dan cycling timenya, tapi dah lupa alamatnya apa.....

Waktu itu saya berpikiran kok hobi jadi malah repot amat!!?? tapi setelah banyak musibah, hal ini dipandang sangat perlu apalagi untuk pemula seperti saya agar jadi suatu kebiasaan...

saya coba untuk telusuri lagi (kok dulu bisa nyasar ke alamat itu?)...
User avatar
bayukaze
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 181
Joined: 03 Jul 2007, 16:43
Location: semarang for a moment
Contact:

Post by bayukaze »

iya pak MD, saya dulu langsung bikin versi hardcopy-nya tp lupa gak nyatet source-nya. ada checklistnya sagala.

bgmn kl ini ginian: www.carcmc.org/CapeAnnStudentManual.pdf
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 8
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

Betul pak,
KEBIASAAN !!! itu kata kuncinya !!
banyak orang2 yg berpikiran, "ah ini kan cuma kapal electric, ngapain range check"
"ah nanti aja deh saya melakukan PREFLIGHT CHECK LISTnya, kalo udah punya kapal gede"

KEBIASAAN itu yg harus di mulai dari sejak awal. sejak seorang flyer itu mulai di expose ke hobby ini.

Buat yg baru maen & yg udah lama,
jangan anggap remeh mengenai ukuran pesawat.
walupun itu "CUMA" ukuran heli honey bee / Trex 450 atau Wing Dragon/CAP 232 33%.
semua itu ada bahayanya.

KEBIASAAN itu dimulai dari awal. dimulai dari sejak kita mulai belajar terbang, mungkin waktu menerbangkan WD.
nah kalo ada habit yg jelek itu kebawa sampai menerbangkan pesawat besar, itu bisa fatal.

saya sering mendengar komentar "Ah, itu cuma WD koq, biarin aja deh" atau "Helinya hovernya deket bener yach ? tapi cuma heli kecil koq"

nah,, kata2 "CUMA" itu yg akan sangat penting dikemudian hari.

Habit2 jelek itu harus di hilangkan sejak awal, dan harus mulai ditanamkan sejak awal kebiasaan2 yg baik.

Saya berpendapat, apa dia terbang 1/3 scale atau WD, itu sama,... engga harus dibedakan. tetap harus terbang dengan memperhatikan norma2 KESELAMATAN SEJAK AWAL.

jadi buat temen2 yg newbee, jangan malah malu hati kalo mau go thru "PREFLIGHT CHECK LIST" soalnya itu yg akan menjadi kan fondasi yg kuat di kemudian hari.

good Luck,
Brg,
NT
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

@ om nick, kalo masih ada safety rules book, tolong kita di bantu ya.......supaya kita bisa lebih tahu , kaga sekadar..AH.., INI KAN CUMA.............
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Terimakasih buat bapak2... om2 semua yang kasih warning buat keselamatan kita bermain aeromodelling, semakin membuka pikiran kita untuk tetap hati2 di setiap kegiatan kita apalagi saat main aeromodelling
User avatar
NVY
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 12 Oct 2007, 21:03
Location: Bandung
Contact:

Post by NVY »

Pernah lagi main mata kelilipan serangga...
Dan konsentrasi terganggu sengatan nyamuk...
Jadi...jangan lupa kenali lingkungan bermain...
Gak lucu crash karena digigit nyamuk...apalagi lebah...
Mendingan terbang di tempat untuk terbang...bukan di sembarang tempat,..
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1083
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

Usahakan kalau main, penonton jadi kerkesima dengan mulut mangap.... jadi semua nyamuk serangga dah ditangkap duluan dan tidak mengganggu kita :lmao: jas kiding heheheh
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 740
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

preflight check ini yang selalu kuanggap remeh.. dah mendapat pelajaran 2x karena tidak melakukan preflight check akhirnya pesawat saya crash dengan keadaan cukup parah..
sekarang... tidak ada buru-buru lagi dalam persiapan terbang. biar lambat asal selamat...
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

lebih baik batal terbang daripada beresiko.......
User avatar
NVY
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 12 Oct 2007, 21:03
Location: Bandung
Contact:

Post by NVY »

Sharing pengalaman aja.
Main V4 lama di garasi...
Waktu nyambungin connector batt di heli, TX yg sudah on saya letakkan di lantai, di samping saya.
Tiba-tiba ada kucing yang menabrak TX sehingga throttlenya maksimal...
Refleks saya jauhkan V4 yang masih kepegang...
Gak ada yang cedera atau hancur...tapi pengalaman berharga buat saya.
Post Reply