heli engine w/o governor

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

User avatar
donnaa
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 62
Joined: 03 May 2011, 15:44

Re: heli engine w/o governor

Post by donnaa »

nah betul kan...
kata om zaki dan om sahid juga sama........... he he he

:pis :pis
User avatar
serlata
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 19 May 2011, 09:02
Location: Tegal
Contact:

Re: heli engine w/o governor

Post by serlata »

donnaa wrote:nah betul kan...
kata om zaki dan om sahid juga sama........... he he he

:pis :pis


hehe, iya mas,,
cm ap daya blom kebeli gov..
bwt hover dlu aj dh..
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: heli engine w/o governor

Post by Budiman »

serlata wrote:@om suhu budiman: :thx infonya om link-ny jadi altrnatif pertama sy krn blom dibolehin jajan gov ma menkeu dirmh jd pake seadanya aj... btw bogged enjin mksdny gmn ya om?

Bogged engine artinya engine mengalami kelebihan beban pada saat itu, baik pada jangka waktu sesaat atopun lama, biasanya lebi dikarenakan variasi perubahan beban saat heli manuver atopun saat tuning engine yang kurang sesuai, dsb. Jadi saat engine bogging, RPM engine mendadak menurun sehingga heli kehilangan sekian persen RPM headspeed nya pada rotor disc.

Governor adalah electronic device pada R/C heli untuk melakukan fuel management dengan mengirimkan signal kepada servo throttle, sehingga engine mendapatkan fuel supply yang sesuai dengan kondisi di saat engine meng-handle beban pada saat itu..
Tujuan utamanya adalah menjaga konsistensi RPM engine dengan melakukan pengaturan supply bahan bakar
Governor bekerja secara umum berdasarkan signal "RPM engine" melalui sensor yang akan selalu membaca RPM engine secara terus-menerus.
Signal ini akan terus diberikan kepada Governor dan didalam Governor akan terjadi proses komparasi antara setting point yg telah kita inputkan dengan signal "RPM engine"...di dalam electrical/electronic control, system ini dinamakan "Closed Loop" system..
Jadi singkat nya Governor akan bereaksi setelah mendapatkan signal pembanding (RPM Engine) tersebut

Sepanjang yang saya tahu, khusus untuk aplikasi Governor ,adalah kita hendak nya harus mengetahui perubahan RPM engine di saat variasi perubahan beban terjadi...misalnya dalam manuver2 3D...karena ini berkaitan dengan setting point yang akan kita berikan pada Governor sendiri. Jadi jangan sampai terjadi Governor justru memaksa engine untuk ber-akselerasi lebih dari kemampuan engine sendiri ato Governor malah membatasi pasokan fuel yang mana memang benar2 dibutuhkan oleh engine
Engine ber-akselerasi lebih lamban dari Brushless motor dan akselerasi engine juga tidak secepat signal elektronis...
Artinya kita juga mesti jeli memonitor perilaku engine(yang kadang antara engine yang satu dengan yang lain juga tidak sama) di saat perubahan beban pada tiap manuver...ato dengan kata lain kita harus mengetahui pasti berapa RPM engine pada saat beban A, ato beban B, beban C, dsb...
Tachometer merupakan alat pendukung untuk setting up Governor, tergantung bagaimana menggunakannya, agar kita mendapatkan pembacaan RPM engine yang tepat di saat variasi perubahan beban tersebut.

Governor memang memberikan kemudahan bagi kita sehingga kita dapat lebih terfokus pada persoalan "belajar manuver"...tapi buat saya sih, bagaimana proses setting up Governor yang benar adalah hal yang perlu diketahui terlebih dulu, karena salah setting Governor, engine juga "modar" di udara...hal demikian sudah banyak terjadi...

Link yang saya kutipkan sebelumnya,bukan merupakan persoalan antara worthed ato tidak worthed untuk memiliki Governor atopun persoalan soal biaya dalam mempersiapkan sebuah R/C heli engine...
Namun, hanya sebuah alternatif...karena metode tsb hanya memanfaatkan mixing-programming pada Tx. Setiap cyclic control yang kita berikan pada heli maka servo throttle memberikan kompensasi langsung sekian persen pasokan bahan bakar ke engine seketika itu juga, baik saat engine mengalami bogging atopun tidak dan pada variasi perubahan beban apapun.
Singkat kata, ini adalah metode pencegahan sebelum engine benar2 mengalami bogging.

Saya menggunakan metode ini setelah menyerah dengan Governor..Tentu saja metode ini belum tentu akan sesuai dengan setiap pilot...jadi buat Om Serlata, saya menghimbau untuk jangan meniru apa yg telah saya lakukan...karena ya itu tadi, belum tentu akan sesuai dengan Om Serlata sendiri...
Paling tidak sih...ada pilihan antara menggunakan Governor atopun menggunakan "Cyclic-Throttle mixing".....

Metode mixing ini saya sengaja angkat dengan harapan untuk sekedar menambah informasi saja bagi Om Serlata dan rekan2 lain(yang ingin tahu)... :thx
Last edited by Budiman on 26 Jan 2012, 16:45, edited 1 time in total.
User avatar
andreansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 348
Joined: 12 Oct 2010, 21:13
Location: jak-tim
Contact:

Re: heli engine w/o governor

Post by andreansyah »

sahid wrote:Menurut saya begitu mas, emg Gov " ahli " memenej" rpm engine dg catatan Gov yg mmg ok...bukan hanya sekedar berfungsi sbg limiter tetapi ya itu tadi Gov yg cerdas membaca kebutuhan rpm yg diperlukan oleh si heli akibat perubahan pitch. berdasarkan pengalaman menggunakan beberapa gov Align,Futaba,Multigov...merk terakhir yg sangat ok, benar2 cerdas...


maaf ya om serlata numpang treadnya

hallo om sahid pa kabr sy mau tanya calibrasi governor multigov yg benar pas test idle ,trim paling bawah apa ditengah ya atau pas test high ,trim baru ditengah dan stik throtlle diangkat full makasih
User avatar
serlata
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 19 May 2011, 09:02
Location: Tegal
Contact:

Re: heli engine w/o governor

Post by serlata »

@om budiman: mantap om pnjelasanny :thx
bwt nubie kyk sy kudu baca berulang2 nih,, yg jelas mulai ada pencerahan gmn seputar gov, enjin dll..
dr td bc link td kok kgk paham,, skrg bru ngeh stlah pnjelasan dr om budiman,, :thx
bahkan skrg sy baru ngeh bhw bkn hny prubahan pitch aj yg bkin beban motor/enjin brubah tp jg cntrol individual aileron ato elev jg bkin prubahan beban di rtor disc.. bner gitu ya? :pyg
iya brrti bisa aj kmungkinan utk pilot2 yang udh trbiasa tnpa gov dan ahli nyetting heli, gov gak dipake ya om..
ow brrti pnggunaan gov jg gak jaminan ya enjin aman di udara klo slah settinganny,,
brrti bner2 ktrampilan setting yg didasari pengamatan heli tuh nmer satu, baik pke gov, atopun "cyclic to thrtle mixing".. :ide

@om suhu andre: mnggo om,, kali aj sy nanti pnya.. hehe
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: heli engine w/o governor

Post by Budiman »

serlata wrote:@om budiman: mantap om pnjelasanny :thx
bwt nubie kyk sy kudu baca berulang2 nih,, yg jelas mulai ada pencerahan gmn seputar gov, enjin dll..
dr td bc link td kok kgk paham,, skrg bru ngeh stlah pnjelasan dr om budiman,, :thx
bahkan skrg sy baru ngeh bhw bkn hny prubahan pitch aj yg bkin beban motor/enjin brubah tp jg cntrol individual aileron ato elev jg bkin prubahan beban di rtor disc.. bner gitu ya? :pyg
iya brrti bisa aj kmungkinan utk pilot2 yang udh trbiasa tnpa gov dan ahli nyetting heli, gov gak dipake ya om..
ow brrti pnggunaan gov jg gak jaminan ya enjin aman di udara klo slah settinganny,,
brrti bner2 ktrampilan setting yg didasari pengamatan heli tuh nmer satu, baik pke gov, atopun "cyclic to thrtle mixing".. :ide

@om suhu andre: mnggo om,, kali aj sy nanti pnya.. hehe


Control individual yang Om Serlata sebutkan adalah menyangkut apa yang kita namakan Cyclic degree ato Swash-degree ato Cyclic pitch...
Jadi memang benar seperti yang Om Serlata sebutkan..bahwa beban total pada heli sebenarnya adalah total dari pitch dari main blade ditambah cyclic pitch.
Dan sekali lagi memang benar adanya, bahwa proses break-in engine yang benar ,bagaimana men-tuning engine dengan baik serta bagaimana engine bertingkah laku di saat variasi perubahan beban yang sangat 'rapid' adalah di atas segalanya, sebelum kita mengandalkan aplikasi Governor atopun "Cyclic-Throttle mixing" ini...

Tapi ya itu .. ini hanyalah pendapat saya secara logis...belum tentu akan sama dengan pendapat para Suhu serta Master Heli yang lain lho ya... :pis ...
Hidup kan sebuah pilihan,Om... hidupin engine maksud saya... :ha3
Mudah2an "link" tadi akan berguna bagi Om Serlata dan rekan2 yang lain..
Terimakasih sebelum nya.....:thx
User avatar
serlata
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 19 May 2011, 09:02
Location: Tegal
Contact:

Re: heli engine w/o governor

Post by serlata »

Budiman wrote:Sepanjang yang saya tahu, khusus untuk aplikasi Governor ,adalah kita hendak nya harus mengetahui perubahan RPM engine di saat variasi perubahan beban terjadi...misalnya dalam manuver2 3D...karena ini berkaitan dengan setting point yang akan kita berikan pada Governor sendiri. Jadi jangan sampai terjadi Governor justru memaksa engine untuk ber-akselerasi lebih dari kemampuan engine sendiri ato Governor malah membatasi pasokan fuel yang mana memang benar2 dibutuhkan oleh engine
Engine ber-akselerasi lebih lamban dari Brushless motor dan akselerasi engine juga tidak secepat signal elektronis...
Artinya kita juga mesti jeli memonitor perilaku engine(yang kadang antara engine yang satu dengan yang lain juga tidak sama) di saat perubahan beban pada tiap manuver...ato dengan kata lain kita harus mengetahui pasti berapa RPM engine pada saat beban A, ato beban B, beban C, dsb...
Tachometer merupakan alat pendukung untuk setting up Governor, tergantung bagaimana menggunakannya, agar kita mendapatkan pembacaan RPM engine yang tepat di saat variasi perubahan beban tersebut.



coba diangkat lg ya suhu2.. maaf klo ngrepotin.. :pis
klo pmbicaraanny makin jauh dr trit awalny mhon dimaapin

om suhu budiman dn suhu2 laenny..
tanya2 lg nih berhubung dr 3g pindah ke 3gx yg ada governorny,, syang jg klo gk cb dipake,,
blom bwt invert sih, idle up pling cm bwt FF aj,mksdny bwt ngrasaain dlo aj perbedaanny,, jg biar lbh mendalami dlo mslah setting2an..

untuk yg dicetak tebal diatas apa brrti gak perlu servo dgn spec mantap bwt aplikasi thrtle pke gvernor? krn scepet apapun servo tetep aj dbatasi sm akselerasi enjin
pemahaman sy pd awalny gvernor mesti kerjany mirip2 gyro yang btuh servo respon cpet,, cm blom liat ada rcommended servo di manual2 gvrnor kudu pake servo dgn spec apa (apa sy aj yg blom tau ya!?)
smntara msh pake srvo bwaan remote ftb s3152 di throtle dn msh pke metode cylic to thrtle mixing.
bc2 forum luar kykny emg msh jd perdebatan mslah pnggunaan servo high spec dithrotle,, cm mslah bahasa jd kendala klo baca forum2 luar jd kurang nangkep pmbicaraanny.. ](*,) jd mohon dishare suhu2 masalah ini, bwt pngetahuan nubie2 mcm saya..

skali lg maaf suhu2 klo ngrepotin.. :thx :thx
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: heli engine w/o governor

Post by Budiman »

Mas Serlata,
Saya ga bisa jawab soal FBL ya...soalnya saya paling anti dengan FBL.... :pis
Soal spesifikasi servo Throttle, baik yang menggunakan Governor atopun tidak...saya rasa ya tidak ada salahnya juga menggunakan servo yang ber-spesifikasi mantap, malah lebih baik begitu... :mwr
Post Reply