kata om zaki dan om sahid juga sama........... he he he


Moderators: ferry, sahid, handoyo6299
donnaa wrote:nah betul kan...
kata om zaki dan om sahid juga sama........... he he he
![]()
serlata wrote:@om suhu budiman:infonya om link-ny jadi altrnatif pertama sy krn blom dibolehin jajan gov ma menkeu dirmh jd pake seadanya aj... btw bogged enjin mksdny gmn ya om?
sahid wrote:Menurut saya begitu mas, emg Gov " ahli " memenej" rpm engine dg catatan Gov yg mmg ok...bukan hanya sekedar berfungsi sbg limiter tetapi ya itu tadi Gov yg cerdas membaca kebutuhan rpm yg diperlukan oleh si heli akibat perubahan pitch. berdasarkan pengalaman menggunakan beberapa gov Align,Futaba,Multigov...merk terakhir yg sangat ok, benar2 cerdas...
serlata wrote:@om budiman: mantap om pnjelasanny![]()
bwt nubie kyk sy kudu baca berulang2 nih,, yg jelas mulai ada pencerahan gmn seputar gov, enjin dll..
dr td bc link td kok kgk paham,, skrg bru ngeh stlah pnjelasan dr om budiman,,![]()
bahkan skrg sy baru ngeh bhw bkn hny prubahan pitch aj yg bkin beban motor/enjin brubah tp jg cntrol individual aileron ato elev jg bkin prubahan beban di rtor disc.. bner gitu ya?![]()
iya brrti bisa aj kmungkinan utk pilot2 yang udh trbiasa tnpa gov dan ahli nyetting heli, gov gak dipake ya om..
ow brrti pnggunaan gov jg gak jaminan ya enjin aman di udara klo slah settinganny,,
brrti bner2 ktrampilan setting yg didasari pengamatan heli tuh nmer satu, baik pke gov, atopun "cyclic to thrtle mixing"..![]()
@om suhu andre: mnggo om,, kali aj sy nanti pnya.. hehe
Budiman wrote:Sepanjang yang saya tahu, khusus untuk aplikasi Governor ,adalah kita hendak nya harus mengetahui perubahan RPM engine di saat variasi perubahan beban terjadi...misalnya dalam manuver2 3D...karena ini berkaitan dengan setting point yang akan kita berikan pada Governor sendiri. Jadi jangan sampai terjadi Governor justru memaksa engine untuk ber-akselerasi lebih dari kemampuan engine sendiri ato Governor malah membatasi pasokan fuel yang mana memang benar2 dibutuhkan oleh engine
Engine ber-akselerasi lebih lamban dari Brushless motor dan akselerasi engine juga tidak secepat signal elektronis...
Artinya kita juga mesti jeli memonitor perilaku engine(yang kadang antara engine yang satu dengan yang lain juga tidak sama) di saat perubahan beban pada tiap manuver...ato dengan kata lain kita harus mengetahui pasti berapa RPM engine pada saat beban A, ato beban B, beban C, dsb...
Tachometer merupakan alat pendukung untuk setting up Governor, tergantung bagaimana menggunakannya, agar kita mendapatkan pembacaan RPM engine yang tepat di saat variasi perubahan beban tersebut.