bentuk Flap yang tepat

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
wibawana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 04 Jun 2009, 07:26
Location: Bali
Contact:

bentuk Flap yang tepat

Post by wibawana »

buat rem udara pas mendarat.. biar pesawat bisa pelan sudut paling bagus berapa derajat ya?? biar tidak kelebihan.. nanti malah berabe :hah
User avatar
topankaltim
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 672
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: Yogyakarta, Jakarta

Re: bentuk Flap yang tepat

Post by topankaltim »

wibawana wrote:buat rem udara pas mendarat.. biar pesawat bisa pelan sudut paling bagus berapa derajat ya?? biar tidak kelebihan.. nanti malah berabe :hah


Aduh Bli...itu kacamata bisa kena semprit loh sama Om Admin.... :flu sekiranya ada foto yang lebih ganteng dengan tanpa kacamata hitam lebih afdol kayaknya sesuai anjuran Admin Gaero.

salam
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: bentuk Flap yang tepat

Post by christoffel »

rem udara = air brake, bukan flap.
kalau air brake, sebaiknya sebesar/ se-frontal mungkin (90 derajat ke arah atas).
kalau flap paling optimal 30 derajat ke arah bawah (untuk nambah lift, bukan untuk brake). lebih dari itu drag nya jadi lebih dominan daripada lift nya.
tapi ini pertanyaan nya kan tentang brake, jadi saya juga bingung jawab nya.
User avatar
wibawana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 04 Jun 2009, 07:26
Location: Bali
Contact:

Re: bentuk Flap yang tepat

Post by wibawana »

topankaltim wrote:
wibawana wrote:buat rem udara pas mendarat.. biar pesawat bisa pelan sudut paling bagus berapa derajat ya?? biar tidak kelebihan.. nanti malah berabe :hah


Aduh Bli...itu kacamata bisa kena semprit loh sama Om Admin.... :flu sekiranya ada foto yang lebih ganteng dengan tanpa kacamata hitam lebih afdol kayaknya sesuai anjuran Admin Gaero.

salam


waduh... maaf saya gak tau. :hah itu saya pake kama mata silinder tapi bentuk nya gitu :pyg .. wah iya deh makasi buat infonya bos... ekarang juga saya akan ganti saya ganti dengan foto terganteng saya :pis .
User avatar
wibawana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 04 Jun 2009, 07:26
Location: Bali
Contact:

Re: bentuk Flap yang tepat

Post by wibawana »

avatar tergantikan.. :thx terimakasih om admin :thx
User avatar
wibawana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 04 Jun 2009, 07:26
Location: Bali
Contact:

Re: bentuk Flap yang tepat

Post by wibawana »

christoffel wrote:rem udara = air brake, bukan flap.
kalau air brake, sebaiknya sebesar/ se-frontal mungkin (90 derajat ke arah atas).
kalau flap paling optimal 30 derajat ke arah bawah (untuk nambah lift, bukan untuk brake). lebih dari itu drag nya jadi lebih dominan daripada lift nya.
tapi ini pertanyaan nya kan tentang brake, jadi saya juga bingung jawab nya.



terus flap itu bukan buat rem udara ya om??? :flu saya kira berfungsi sebagai penghambat biar pesawat lebih pelan ](*,)
User avatar
candratriadnyana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 198
Joined: 09 Apr 2011, 22:58
Location: kintamani-bali
Contact:

Re: bentuk Flap yang tepat

Post by candratriadnyana »

christoffel wrote:rem udara = air brake, bukan flap.
kalau air brake, sebaiknya sebesar/ se-frontal mungkin (90 derajat ke arah atas).
kalau flap paling optimal 30 derajat ke arah bawah (untuk nambah lift, bukan untuk brake). lebih dari itu drag nya jadi lebih dominan daripada lift nya.
tapi ini pertanyaan nya kan tentang brake, jadi saya juga bingung jawab nya.

nah ini menarik, kalau diaplikasikan di f22 raptor kebetulan saya pake elevon mixing jadi pada sayap kan masih ngaanggur jadi sebaiknya kalo pasang remnya pada sayap dengan 90derajat keatas apa 9o keatas dan sebagian lg kebawah
User avatar
wibawana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 04 Jun 2009, 07:26
Location: Bali
Contact:

Re: bentuk Flap yang tepat

Post by wibawana »

waduh... salah pengertian saya.... :whoaa kalau saya ambil contoh pesawat high wing trainer, rem udaranya pake apa nih??? ternyata flap gunanya buat nambah lift nya
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: bentuk Flap yang tepat

Post by opikandy »

Apabila om pake tx digital

1. Om bisa mengaktifkan menu Flaptrim (mohon koreksi apabila salah)

2. Dengan cara servo aileron sblh kiri om sambungkan ke ch1
Servo aileron sblh kanan om sambungkan ke ch6
apabila kita gerakkan aileron arah servo antara kanan dan kiri harus berlawanan
apabila masih searah bisa kita koreksi pada menu reserve

3. Setelah itu om aktifkan menu airbrake
Seting berapa besaran sudut pada aileron tsb waktu airbrake diaktifkan

Klo menggunakan airbrake jangan sampe pesawat kelewat pelan
Hal tersebut bisa mengakibatkan pesawat menjadi stall

saya menggunakan airbrake dikala pesawat terlalu kencang waktu mendarat
setelah itu saya nonaktifkan apabila speed saya rasa sudah cukup untuk landing

Airbrake kembali saya aktifkan ketika pesawat sudah landing dan landing gear sudah menyentuh runway

gunanya dapat memperlambat pesawat apabila runway tidak terlalu panjang

Demikian semoga dapat membantu

Salam
User avatar
wibawana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 04 Jun 2009, 07:26
Location: Bali
Contact:

Re: bentuk Flap yang tepat

Post by wibawana »

christoffel wrote:rem udara = air brake, bukan flap.
kalau air brake, sebaiknya sebesar/ se-frontal mungkin (90 derajat ke arah atas).
kalau flap paling optimal 30 derajat ke arah bawah (untuk nambah lift, bukan untuk brake). lebih dari itu drag nya jadi lebih dominan daripada lift nya.
tapi ini pertanyaan nya kan tentang brake, jadi saya juga bingung jawab nya.



ada contoh gambar ai brake gak ya? biar lebih gampang...maklum saya sedikit oot..
Post Reply