"""MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Ruang utk perakitan heli dan pembuatan heli homemade

Moderator: chandra

User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Post by AgoesAurelz »

Sebenarnya kalau mau kuat dan tahan banting justru bukan membuat Harden... tapi justru kebalikannya... membuat Soften.. atau lebih tepatnya... Flexible!!

Hal ini udah dibuktikan oleh pabrikan Hirobo jepang.... coba lihat design dan performance heli Quark nya..
Dan terakhir dibuat oleh Multiplex - Germany... Helicopter nya dibuat dgn bahan EPO, blade flexibel... frame dibuat se simple mungkin.. semua parts yg ada kekuatanya dibuat seharmonis mungkin... maka jatuh berapa kalipun ngga apa-apa... minimal crash beratpun ngga akan berakibat fatal....

User avatar
agusfirmansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 334
Joined: 14 Jun 2012, 16:31
Location: Cipondoh-Tangerang
Contact:

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Post by agusfirmansyah »

AgoesAurelz wrote:Prinsipnya: Setiap terjadi benturan struktur bagian yang paling lemah akan terkena akibatnya...

Saya rasa bila 1.Main Rotor, 2 Main shaft, 3 flybar rod, di HARDEN maka bagian lain seperti frame/housing dll (yg cenderung lebih lemah) akan kena getahnya... ingat setiap kali ada benturan maka akan terjadi suatu gaya/tenaga yg akan diteruskan ke setap bagian/struktur yg ada...

Pertanyaan: Mengapa justru bagian 1,2,3 itu di buat "tidak terlalu kuat"...??
Jawabannya: supaya hanya bagian itu saja yg "dikorbankan" tanpa merusak lebih lanjut bagian yg lainnya... \:D/

:ide :tlt
owh yh memang masuk pencerahannya........thank's suhu".....

salam knal om agoesaurelz............
User avatar
ombhie
Major General
Major General
Posts: 4286
Joined: 19 Jun 2011, 17:34
Location: semarang
Contact:

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Post by ombhie »

AgoesAurelz wrote:Pertanyaan: Mengapa justru bagian 1,2,3 itu di buat "tidak terlalu kuat"...??
Jawabannya: supaya hanya bagian itu saja yg "dikorbankan" tanpa merusak lebih lanjut bagian yg lainnya... \:D/



:tlt .................................................. :mtp .......................................................... :plk :plk
User avatar
agusfirmansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 334
Joined: 14 Jun 2012, 16:31
Location: Cipondoh-Tangerang
Contact:

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Post by agusfirmansyah »

zaki wrote:kalo menurut saya :thx

PABRIKAN udah nentuin mana PART yg di bikin SOFT-MEDIUM atau HARD begitu pun part yg di tumpanginnya (tempat menempel part tsb)
karna jika part yg harusnya SOFT/MEDIUM di bikin HARD ..bisa2 saat Crash .. bisa ANCUR semua body/yg menempel pd part HARD tsb


jika NORMAL mungkin yg rusak hanya part yg berbenturan langsung tsb


kalo main shaft/feathering shaft di bikin lebih hard .. bisa2 bearing dan frame bubar semua krna terdorong besi tsb ..klo ga begitu keraskan... frame dan bearing bisa menahan dan shaft lah yg bengkok


balik lagi pilih2 PART apa yg MAHAL :htg mending shaft bengkok.?... apa frame patah ? :thx
Iya Om zaki saya juga sependapat.............


itu pendapat saya loh om .... :pis
User avatar
Tralala
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 270
Joined: 20 Jan 2007, 19:04
Location: Timika-Papua
Contact:

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Post by Tralala »

AgoesAurelz wrote:Prinsipnya: Setiap terjadi benturan struktur bagian yang paling lemah akan terkena akibatnya...

Saya rasa bila 1.Main Rotor, 2 Main shaft, 3 flybar rod, di HARDEN maka bagian lain seperti frame/housing dll (yg cenderung lebih lemah) akan kena getahnya... ingat setiap kali ada benturan maka akan terjadi suatu gaya/tenaga yg akan diteruskan ke setap bagian/struktur yg ada...

Pertanyaan: Mengapa justru bagian 1,2,3 itu di buat "tidak terlalu kuat"...??
Jawabannya: supaya hanya bagian itu saja yg "dikorbankan" tanpa merusak lebih lanjut bagian yg lainnya... \:D/


sependapat.....
bila item 1,2,3,4 diharden maka bisa bisa Frame ancur klo crash bila main frame ancur ya electronic yg nempel di frame kena juga....seperti RX, Gyro, Servo, dan Elec lainnya.... :flu
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Post by ahmadbenny »

Ikut menyimak aja,maklum newby masih belum paham banget apa itu harden,semoga bisa nambah wawasan..............salam kenal semua :deal :deal
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Post by Redblur »

AgoesAurelz wrote:Prinsipnya: Setiap terjadi benturan struktur bagian yang paling lemah akan terkena akibatnya...

Saya rasa bila 1.Main Rotor, 2 Main shaft, 3 flybar rod, di HARDEN maka bagian lain seperti frame/housing dll (yg cenderung lebih lemah) akan kena getahnya... ingat setiap kali ada benturan maka akan terjadi suatu gaya/tenaga yg akan diteruskan ke setap bagian/struktur yg ada...

Pertanyaan: Mengapa justru bagian 1,2,3 itu di buat "tidak terlalu kuat"...??
Jawabannya: supaya hanya bagian itu saja yg "dikorbankan" tanpa merusak lebih lanjut bagian yg lainnya... \:D/



iya mirip sama Konstruksi mobil ya? yang sekarang kebanyakan memakai Fiberglass, ABS plastic untuk Body mobil. agar saat terjadi tabrakan Energi Tabrakan di serap oleh Body tersebut sedangkan manusia di dalam nya Selamat.

Kalo di buat keras otomatis getaran di Hantarkan ke dalam posisi penumpang. daripada Tubuh ancur mending Pelindung nya yang hancur menyerap energy :wwnn: . sama kayak heli kalo Rotor nya keras..pasti di hantarkan getaran nya ke yang lain nya...Pastinya para engineer di pabrik heli sudah menghitungkan lah untuk meminimalisir Risk ancur.

wah multiplex keren juga Fuselage EPP... dan bladenya kayak Blade nya Coco lama V3 yang dulu. saking gak tahan banting nya, Si Blade melengkung karena ketindih barang selama berbulan-bulan. Bladenya gak patah sih cuman bengkok ](*,)
User avatar
udinkirai
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 145
Joined: 21 Dec 2007, 22:02
Location: padang
Contact:

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Post by udinkirai »

Ijin menyimak om.... :tlt
User avatar
baron234
Airman
Airman
Posts: 49
Joined: 30 Apr 2012, 07:00

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Post by baron234 »

Pencerahan yg bermanfaat...ikut menyimak juga gan....... :ide
User avatar
dulbehek
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1048
Joined: 17 Nov 2009, 08:49
Location: banyuwangi - jember

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Post by dulbehek »

ada istilah
ada yang harus dipertahankan ada yang musti dikorban kan.
di engginering pasti ada itu.
klo semua sama.
yah bisa dipikir sendiri.
ayo dipikir gmana klo blade sama kuatnya ma blade holdernya.
atau shaft sama getas nya dengan motor nya.
dan masih banyak yang lain.
dengan peruntukan yang banyak.
mulai dari cost, safety sampek masalah kemudahan pengerjaan dan perbaikan
Locked