berarti cara/rumus hitung nya keliru/kurang tepat. memang nya cara hitung nya dapat dari mana om ?
cara hitung yg benar, pasti sama (paling tidak nggak beda jauh) dengan prakteknya.
ada banyak cara hitung yg ternyata cuman bisa untuk bentuk sayap tertentu saja.
cara hitung yg paling benar (yg asli) adalah dengan mengintegral kan lift pada pias dx dikalikan panjang lengan (terhadap titik CG). lift = dA = chord pada titik pias x dx
ASK- nyari CG pada homemade Plane.
Moderators: im-sad, GandrungMaBur
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: ASK- nyari CG pada homemade Plane.
christoffel wrote:berarti cara/rumus hitung nya keliru/kurang tepat. memang nya cara hitung nya dapat dari mana om ?
cara hitung yg benar, pasti sama (paling tidak nggak beda jauh) dengan prakteknya.
ada banyak cara hitung yg ternyata cuman bisa untuk bentuk sayap tertentu saja.
cara hitung yg paling benar (yg asli) adalah dengan mengintegral kan lift pada pias dx dikalikan panjang lengan (terhadap titik CG). lift = dA = chord pada titik pias x dx
Melihat disini:
http://moleski.net/rc/WingMAC.htm
dan
http://adamone.rchomepage.com/index5.htm
gambar yang dimaksud ini

pada perhitungan, penambahan tip chord nya diisi = 0.
Apakah salah ?
Pesawat komplit => auw 51 gram. Dilempar, pesawat bisa turun melayang dng bagus, artinya kan cg sdh didapat. Sekarang test terbang... lha kok masih njungkel.
.....
Titik berat pesawat kira2 berada 1 cm dibawah as wing, dibawah cg wing. Posisi propeler 3 cm didepan cg, pada sumbu wing.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: ASK- nyari CG pada homemade Plane.
ini kan maksud nya sudah di sederhanakan. jadi bukan rumus yg asli nya. karena kalau pakai yg asli nya terlalu rumit.To calculate MAC of a tapered wing, the following simplified equation
may be used
juga, ini kan termasuk delta wing. dibawah nya sudah di jelaskan :
artinya, masih harus maju 10% lagi. nah, sudah cocok kan ...For a delta wing the CG should be located 10% ahead of the geometrically
calculated AC point as shown above.
yg di sini juga dikatakan
pakai 15% sampai 20%, bukan 25% sampai 33%GC of a Delta Wing .... Measure 15-20% back from the leading edge
ini kan berarti maju ke depan 10% juga ...
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: ASK- nyari CG pada homemade Plane.
christoffel wrote:ini kan maksud nya sudah di sederhanakan. jadi bukan rumus yg asli nya. karena kalau pakai yg asli nya terlalu rumit.To calculate MAC of a tapered wing, the following simplified equation
may be used
juga, ini kan termasuk delta wing. dibawah nya sudah di jelaskan :artinya, masih harus maju 10% lagi. nah, sudah cocok kan ...For a delta wing the CG should be located 10% ahead of the geometrically
calculated AC point as shown above.
yg di sini juga dikatakanpakai 15% sampai 20%, bukan 25% sampai 33%GC of a Delta Wing .... Measure 15-20% back from the leading edge
ini kan berarti maju ke depan 10% juga ...
Ok om suhu christoffel dan yg penting cg sudah ketemu kan, jadi tinggal satu lagi, yaitu kalau sekarang pesawat dilempar dengan motor yang dinyalakan, maka pesawatnya langsung nukik. Artinya kan nose heavy dan di-geser2 (gesernya juga tidak bisa jauh karena keterbatasan panjang pesawat) kemana pun liponya tetap saja nukik.
Berarti ada gaya F yang asalnya dari motor, berjarak d dari titik berat pesawat (membentuk momen gaya) dan ini bisa membuat pesawat cepat nukik karena arah momen gaya searah dng drag (ini juga membentuk momen gaya).
Saya coba membongkar dudukan motor dan memposiskan motor demikian agar momen gaya yang dihasilkan F dan drag berlawanan arah.
Normal fin pesawat letaknya diatas, ini menimbulkan gaya (momen gaya, arah cw) yang bisa di lawan dengan down thrust (momen gaya, arah ccw). Sedangkan pada model ini, seperti fin, tapi terletak di bawah dan luas sekali (momen gaya, arah ccw) dilawan oleh up thrust (momen gaya, arah cw).
Pusat momen gaya ada pada titik berat pesawat (bukan cg wing)
Muhun maaf kalau keliru.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: ASK- nyari CG pada homemade Plane.
kalau glide (tanpa power) sudah bagus, berarti CG sudah pas. jangan di pindah/geser lagi.
Kalau saat motor on pesawat jadi nukik, berarti down thrust kebayakan (bukan CG yg terlalu maju). ingat, pesawat jadi menukik hanya saat motor nyala.
Thrust dari motor bukan hanya harus mengalah kan drag, tapi juga untuk mengalahkan momen angguk dari sayap (bukan dari fin).
Kalau saat motor on pesawat jadi nukik, berarti down thrust kebayakan (bukan CG yg terlalu maju). ingat, pesawat jadi menukik hanya saat motor nyala.
Thrust dari motor bukan hanya harus mengalah kan drag, tapi juga untuk mengalahkan momen angguk dari sayap (bukan dari fin).
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: ASK- nyari CG pada homemade Plane.
Yup, dilempar di ruang tamu, motor on, sdh tdk nukik lagi, melayang pelan dan naik nubruk tembok. Ngga apa2, jadi dng up thrust masalah selesai. Terima kasih para suhu.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: ASK- nyari CG pada homemade Plane.



tembok nya mestinya di suruh minggir dulu om ...
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung