Undangan Peserta Indonesia Multi Copter Contest 2012

Informasi event aeromodelling : invitasi , lokasi , jadwal, dll

Moderators: beta_james, yanfajar

Post Reply
User avatar
alhakimc
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 359
Joined: 08 Mar 2012, 12:10
Location: Bogor

Undangan Peserta Indonesia Multi Copter Contest 2012

Post by alhakimc »

Meneruskan Surat dari Ketua Pordirga Aeromodelling PB FASI, Tentang Undangan Peserta Indonesia Multi Copter
Contest 2012 di Universitas Sriwijaya, Palembang.

Image

Salam Hangat, AGW
User avatar
asoenhauw
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 803
Joined: 18 May 2010, 14:28
Location: Bogor
Contact:

Re: Undangan Peserta Indonesia Multi Copter Contest 2012

Post by asoenhauw »

alhakimc wrote:Meneruskan Surat dari Ketua Pordirga Aeromodelling PB FASI, Tentang Undangan Peserta Indonesia Multi Copter
Contest 2012 di Universitas Sriwijaya, Palembang.

Image

Salam Hangat, AGW




ayo para suhu Mulitcopter, silahkan :deal
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1656
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Re: Undangan Peserta Indonesia Multi Copter Contest 2012

Post by Redblur »

Itu kompetisi nya ngapain kah? ada klasifikasi kelas kah? Apa Manual Flight kah atau adu ketangkasan Auto pilot kah? :tlt
User avatar
TriSusanto
Posts: 9
Joined: 24 Jun 2011, 03:20
Location: Palembang
Contact:

Re: Undangan Peserta Indonesia Multi Copter Contest 2012

Post by TriSusanto »

http://www.specimen.unsri.ac.id/index.php/posting/6

semua keterangan ada di atas mas... hanay bantu adik tingkat hhehehehehe :pis
User avatar
alhakimc
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 359
Joined: 08 Mar 2012, 12:10
Location: Bogor

Re: Undangan Peserta Indonesia Multi Copter Contest 2012

Post by alhakimc »

Redblur wrote:Itu kompetisi nya ngapain kah? ada klasifikasi kelas kah? Apa Manual Flight kah atau adu ketangkasan Auto pilot kah? :tlt



Untuk memperjelas saja, atau hubungi FASI Daerah tempat Klub anda bernaung

http://www.specimen.unsri.ac.id/index.php/posting/6

Mekanisme Pertandingan

Pada Lomba Indonesia Multicopter Contest 2012 ini menitikberatkan pada kemampuan pilot dan multikopter dalam bermanuver dimana yang menjadi penilaian adalah kecepatan dan ketepatan pilot dalam mengendalikan multicopter. Serta kemampuan pilot dalam menentukan posisi pemotretan objek.

Mekanisme Pelaksanaan
1. Penerbangan multicopter dilakukan pada hari kedua.
2. Multikopter dipasang dengan kamera yang telah dipilih oleh perserta untuk melakukan pemotretan nantinya.
3. Remote Control dapat merupakan barang beli jadi sedangkan multikopter harus merupakan hasil rakitan dari tim.
4. Pada saat pertandingan, seluruh remote control peserta dikumpulkan kepada panitia IMC2012.
5. Dilarang keras menggangu sistem penerbangan mulitkopter peserta lain yang sedang terbang. Apabila ketahuan, maka tim tersebut langsung di diskualifikasi.
6. Dalam sekali penerbangan hanya ada 1 tim yang akan menerbangkan multikopter di arena yang telah disediakan.
7. Peserta diberi waktu persiapan selama 5 menit sebelum melakukan penerbangan
8. Peserta tidak boleh menerbangkan multikopter sebelum ada aba-aba dari panitia.
9. Apabila ada multikopter yang bergerak sebelum ada tanda aba-aba maka perserta diberi kesempatan untuk mengulangi persiapan selama masih ada waktu.
10. Apabila ada multikopter yang mengalami kerusakan pada saat persiapan, peserta diberi kesempatan untuk memperbaiki selama waktu masih ada.
11. Apabila waktu yang disediakan panitia habis, maka segala kegiatan persiapan harus dihentikan.
12. Apabila terjadi kesalahan teknis akibat dari panitia maka penerbangan oleh (mis : tim x) dilakukan penundaan sampai masalah itu selesai dan waktu diulang kembali.
13. Tidak ada bagian multikopter yang terlepas atau patah selama multikopter terbang. Apabila ada maka peserta diharuskan untuk mengulang dari titik awal bila masih memungkinkan untuk diulangi.
14. Saat multikopter lepas landas, pilot berada di posisi jalur pilot dan diperbolehkan bergerak selama masih berada di area jalur pilot
15. Pada saat multikopter terbang, posisi co-pilot berada di arena pertandingan untuk memberikan arahan kepada pilot agar multikopter tidak menabrak lingkaran pembatas.
16. Tugas dari teknisi adalah memperbaiki apabila terjadi kerusakan pada saat pertandingan berlangsung, namun dilarang masuk ke arena pertandingan.
17. Setelah multikopter melewati lingkaran ketiga, pilot berpindah ke tempat monitor untuk melihat hasil gambar dari kamera. Co-pilot dan teknisi diperbolehkan berada di ruang monitor.
18. Penilaian skor slalom didapatkan dari awal multikopter terbang hingga melewati lingkaran ketiga.
19. Setelah melewati lingkaran ketiga dilakukan penilaian terhadap waktu multikopter melewati rintangan slalom.
20. Peserta diberikan waktu paling lama 15 menit untuk melewati rintangan slalom
21. Apabila waktu habis, maka peserta diwajibkan segera melakukan pemotretan (nilai slalom dianggap nol)
22. Multikopter langsung dilanjutkan untuk menuju objek foto (rektorat Unsri)
23. Waktu yang diberikan untuk memotret objek selama 5 menit.
24. Pilot dibebaskan untuk mengambil posisi pemotretan.
25. Saat pilot merasa sudah cukup dengan hasil jepretannya, pilot memberikan perintah kepada teknisi untuk mengangkat bendera sebagai tanda selesai.
26. Saat multikopter selesai mengambil gambar, multikopter dapat diturunkan di sembarang tempat.
27. Penilaian dilakukan oleh 3 orang juri yang telah ditentukan oleh panitia.
28. Jika pada saat penerbangan terjadi kesalahan sehingga multikopter jatuh, maka yang berhak untuk mengambil multikopter adalah Co-Pilot.
29. Jika masih memungkinkan untuk mengikuti pertandingan, tim yang mengalami kecelakaan boleh mengikuti pertandingan dengan syarat harus melapor kepada panitia.
30. Jika tim merasa tidak yakin untuk mengikuti pertandingan lagi, maka tim harus melapor kepada panitia.
31. Keputusan dewan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat.


Penilaian
Penilaian ini dilihat dari seberapa cepat multikopter terbang dari take off di Heliport hingga lepas dari lingkaran 3. Berikut ukuran dari tiap-tiap lingkaran:

1. Lingkaran I : Diameter = 1 meter; Tinggi = 3 meter
2. Lingkaran II : Diameter = 1.5 meter; Tinggi = 4 meter
3. Lingkaran III : Diameter = 2 meter; Tinggi = 5 meter
Keterangan :

Letak lingkaran dirahasiakan untuk memacu adrenalin dari semua peserta (termasuk peserta tuan rumah).
Lingkaran I adalah rintangan yang pertama dilewati, lingkran II adalah rintangan yang kedua dilewati, lingkaran III adalah rintangan yang ketiga dilewati.
Contoh penilaian:
Tim A dengan waktu 10 menit 20 detik.
Pada akhir pertandingan didapatkan waktu tercepat oleh tim B dengan waktu 8 menit 15 detik.

Maka penilaiannya adalah :
3000 x ( 10,20 / 8,15 ) = 3754,60 poin.

Pemenang dilihat dari poin total tertinggi yang dihasilkan dari:
Poin Presentasi + Poin Slalom + Poin Fotografi

Untuk Penilaian pemenang Multikopter Terbaik didapat dari
Penilaian Dewan Juri


Formulir Pendaftaran dan Regulasi IMC:

http://www.specimen.unsri.ac.id/index.php/page/2
Post Reply