
Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Moderators: thoha, beta_james, ekozxx
Forum rules
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
- ekozxx
- Senior Master Sergeant
- Posts: 633
- Joined: 10 Jul 2008, 00:04
- Location: Bekasi
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Pada saat ini FPV spt sama seperti heli 3D 15-10 tahun lalu. Dulu dibeberapa negara heli 3D banyak ditentang habis2an karena safety concern lagi. Saya ingat sekali di JAC pun sekitar tahun 98-an teman/guru (krn sama2 mod-1) saya dari Taiwan Pak Sandy main coba main 3D heli di JAC, dan dilarang krn membahayakan. Saat ini ceritanya sudah lain. Klo saya mau jujur jauh lebih aman FPV dengan pesawat gabus (saat ini BELUM pernah tercatat kejadian fatal dengan FPV) dibandingkan heli 3D, Pylon, Giant Gasser. 

- liloterbang
- Airman
- Posts: 41
- Joined: 24 Jul 2012, 14:21
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Di Srilanka malah semua jenis pesawat RC pernah dilarang sewaktu keadaan darurat (perang saudara)
Fpv mungkin akan ada regulasinya : berat max ... ketinggian max ... zoning ....bahan (harus gabus ? hehe)
Kalo jarak tempuh apa akan dibatasin ?
Fpv mungkin akan ada regulasinya : berat max ... ketinggian max ... zoning ....bahan (harus gabus ? hehe)
Kalo jarak tempuh apa akan dibatasin ?
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
play safe , check the rule and good prepare the gear..................hindari daerah militer / penimbunan bahan bakar / pusat keramaian / training area / airport / pelabuhan......................better di daerah wisata dan hindari kumpulan massa 
......we love you all.............keep the accident away.........

......we love you all.............keep the accident away.........
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Always play safe even with the simplest plane
- fahmi43
- Technical Sergeant
- Posts: 308
- Joined: 09 Apr 2012, 20:03
- Location: Depok
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
ekozxx wrote:Pada saat ini FPV spt sama seperti heli 3D 15-10 tahun lalu. Dulu dibeberapa negara heli 3D banyak ditentang habis2an karena safety concern lagi. Saya ingat sekali di JAC pun sekitar tahun 98-an teman/guru (krn sama2 mod-1) saya dari Taiwan Pak Sandy main coba main 3D heli di JAC, dan dilarang krn membahayakan. Saat ini ceritanya sudah lain. Klo saya mau jujur jauh lebih aman FPV dengan pesawat gabus (saat ini BELUM pernah tercatat kejadian fatal dengan FPV) dibandingkan heli 3D, Pylon, Giant Gasser.
FPV masih di anggap taboo kali yah, lantaran masih baru (di Indonesia). Betul suhu eko, lebih aman pesawat FPV bahan gabus, berat ga sampe 2kg, cruising speed 20-40km/h, dibanding pesawat / heli giant scale dengan berat seabreg, kecepatan rotor 300kmh, cruising speed >50km/h.
NF wrote:play safe , check the rule and good prepare the gear..................hindari daerah militer / penimbunan bahan bakar / pusat keramaian / training area / airport / pelabuhan......................better di daerah wisata dan hindari kumpulan massa
......we love you all.............keep the accident away.........
yup bener banget, punya gear seperti radio transmitter, Antena video dengan kemampuan jarak ribuan meter, tentu akan sangat aman buat terbang jarak dekat.
Gimana cara tau gear FPV aman, dan mencari tau batasan nya sanggup sampai mana? tentu aja terbang fpv "Push to the Limit", sehingga tau kalau gear nya mentok di jarak sekian, jadi kita terbang jangan mendekati jarak sekian tersebut.
Jadi POSITIF thinking aja, pilot FPV terbang jauh-jauh itu ngetest kemampuan aja, bukan untuk gagah2an gaya2an, ngga setiap terbang FPV selalu jarak jauh, kebanyakan terbang di jarak yang relatif aman dan ketinggian yang relatif aman, tujuan terbang FPV itu kan merasakan feel nyetir pesawat, dan menikmati pemandangan dari atas. Dan sebenernya terbang longrange itu ngebosenin, karena cuman lurus2 lurus aja, sampe failsafe atau gambar ilang (makanya ini buat ngetest kemampuan alat).
Yang udah terbang fpv pasti ngerasain deh, anakan mana, terbang jauh yg ngebosenin, atau terbang santai di sekeliling lapangan sambil menikmati pemandangan.
Just my 2 cent, semoga tidak ada yang tersinggung dengan postingan saya.
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
fahmi43 wrote:
Gimana cara tau gear FPV aman, dan mencari tau batasan nya sanggup sampai mana? tentu aja terbang fpv "Push to the Limit", sehingga tau kalau gear nya mentok di jarak sekian, jadi kita terbang jangan mendekati jarak sekian tersebut.
Jadi POSITIF thinking aja, pilot FPV terbang jauh-jauh itu ngetest kemampuan aja, bukan untuk gagah2an gaya2an, ngga setiap terbang FPV selalu jarak jauh
Just my 2 cent, semoga tidak ada yang tersinggung dengan postingan saya.
.........


- davit123
- Senior Master Sergeant
- Posts: 518
- Joined: 13 Feb 2008, 09:33
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Sekedar sharing
peraturan hukumnya di indonesia saya belum menemukan larangan ber FPV (mungkin ada kawan lain yg sdh menemukan), ada beberapa pertanyaan yang saya belum menemukan jawabannya, saya sendiri sedang ngumpulin part2 (nyicil) u menerbangkan FPV tsb
1. Siapa yang bertangung jawab, apakah club ataukah pilot FPV, apabila pesawat FPV kita menabrak pesawat lain diudara semisal Trike, pesawat latih, maupun helicopter yang sedang melintas
2.kita (pilot FPV) tau dari mana kalau areal terbang yg sedang kita jelajahi adalah area clear tidak ada penerbangan pesawat apapun yang melintas di area tersebut.
3.Berapa ketingian pesawat FPV yg diangap aman (kemungkinan kecil tidak akan bertabrakan atau menganggu jalur penerbangan pesawat lain (trike,pesawat latih kecil, helikopter maupun pesawat terbang lainnya ).
hal ini perlu untuk pemula FPV spt saya agar saya dapat meminimalisr resiko ketemu dgn penerbangan lain diketingian tsb.
4.apabila pesawat FPV kita melintas di areal militer seperti Halim (pangkalan TNI AU) ataupun yg terbang FPV di cikeas melintasi kediaman misalkan RI 1, apakah hal tersebut dizinkan secara secara protap pengamanan ?
5.Berapa jarak yg dirasa aman untuk menerbangkan FPV 2km, 5km, 10km atau 20 km
6.kalaupun harus izin, kepada siapa izin harus dilayangkan ?
saya sependapat dengan rekan sekalian di forum sementara belum ada kejelasan ttg pengaturannya, kita minimal mengetahui resiko menerbangkan FPV tsb, sehingga kita bisa meminimalisir bentuk kecelakaan yang mungkin akan terjadi, apesnya ya kita berurusan dengan aparat hukum, apabila kita menjelajah FPV kita ke area yang kita tidak paham yang ternyata area tersebut adalah area terlarang bagi umum untuk diterbangkan (pangkalan militer, lapangan udara)
begitu juga dengan kegiatan kita mendokumentasikan properti milik orang lain dari jarak dekat via udara, sepanjang tidak ada izin dan pengambilan gambar tersebut dipublikasikan, kita juga harus menyadari bahwa terbuka peluang u terjadinya pelangaran memasuki privat area milik orang lain (ada potensi pelangaran hukum disitu, apabila pemilik properti tidak berkenan).
mohon maaf tdk ada maksud u apapun, karena saya sendiri rencana mau nerbangin fpv ini heeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
sekedar sharing saja, ttg potensial resiko yang mungkin kita hadapi, dengan tujuan u tetap berhati hati untuk meminimalisir potensi resiko tersebut agar tidak terjadi
soooo,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, tetap semangat, berhati hati, kenali resiko yang mungkin terjadi???

yuk kita belajar nerbangin pesawat FPV, ajarin dong

peraturan hukumnya di indonesia saya belum menemukan larangan ber FPV (mungkin ada kawan lain yg sdh menemukan), ada beberapa pertanyaan yang saya belum menemukan jawabannya, saya sendiri sedang ngumpulin part2 (nyicil) u menerbangkan FPV tsb
1. Siapa yang bertangung jawab, apakah club ataukah pilot FPV, apabila pesawat FPV kita menabrak pesawat lain diudara semisal Trike, pesawat latih, maupun helicopter yang sedang melintas
2.kita (pilot FPV) tau dari mana kalau areal terbang yg sedang kita jelajahi adalah area clear tidak ada penerbangan pesawat apapun yang melintas di area tersebut.
3.Berapa ketingian pesawat FPV yg diangap aman (kemungkinan kecil tidak akan bertabrakan atau menganggu jalur penerbangan pesawat lain (trike,pesawat latih kecil, helikopter maupun pesawat terbang lainnya ).
hal ini perlu untuk pemula FPV spt saya agar saya dapat meminimalisr resiko ketemu dgn penerbangan lain diketingian tsb.
4.apabila pesawat FPV kita melintas di areal militer seperti Halim (pangkalan TNI AU) ataupun yg terbang FPV di cikeas melintasi kediaman misalkan RI 1, apakah hal tersebut dizinkan secara secara protap pengamanan ?
5.Berapa jarak yg dirasa aman untuk menerbangkan FPV 2km, 5km, 10km atau 20 km
6.kalaupun harus izin, kepada siapa izin harus dilayangkan ?
saya sependapat dengan rekan sekalian di forum sementara belum ada kejelasan ttg pengaturannya, kita minimal mengetahui resiko menerbangkan FPV tsb, sehingga kita bisa meminimalisir bentuk kecelakaan yang mungkin akan terjadi, apesnya ya kita berurusan dengan aparat hukum, apabila kita menjelajah FPV kita ke area yang kita tidak paham yang ternyata area tersebut adalah area terlarang bagi umum untuk diterbangkan (pangkalan militer, lapangan udara)
begitu juga dengan kegiatan kita mendokumentasikan properti milik orang lain dari jarak dekat via udara, sepanjang tidak ada izin dan pengambilan gambar tersebut dipublikasikan, kita juga harus menyadari bahwa terbuka peluang u terjadinya pelangaran memasuki privat area milik orang lain (ada potensi pelangaran hukum disitu, apabila pemilik properti tidak berkenan).
mohon maaf tdk ada maksud u apapun, karena saya sendiri rencana mau nerbangin fpv ini heeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
sekedar sharing saja, ttg potensial resiko yang mungkin kita hadapi, dengan tujuan u tetap berhati hati untuk meminimalisir potensi resiko tersebut agar tidak terjadi
soooo,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, tetap semangat, berhati hati, kenali resiko yang mungkin terjadi???



yuk kita belajar nerbangin pesawat FPV, ajarin dong

Last edited by davit123 on 26 Sep 2012, 19:11, edited 5 times in total.
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
fahmi43 wrote:[FPV masih di anggap taboo kali yah, lantaran masih baru (di Indonesia). Betul suhu eko, lebih aman pesawat FPV bahan gabus, berat ga sampe 2kg, cruising speed 20-40km/h, dibanding pesawat / heli giant scale dengan berat seabreg, kecepatan rotor 300kmh, cruising speed >50km/h.
Jadi POSITIF thinking aja, pilot FPV terbang jauh-jauh itu ngetest kemampuan aja, bukan untuk gagah2an gaya2an, ngga setiap terbang FPV selalu jarak jauh, kebanyakan terbang di jarak yang relatif aman dan ketinggian yang relatif aman, tujuan terbang FPV itu kan merasakan feel nyetir pesawat, dan menikmati pemandangan dari atas. Dan sebenernya terbang longrange itu ngebosenin, karena cuman lurus2 lurus aja, sampe failsafe atau gambar ilang (makanya ini buat ngetest kemampuan alat).
Yang udah terbang fpv pasti ngerasain deh, anakan mana, terbang jauh yg ngebosenin, atau terbang santai di sekeliling lapangan sambil menikmati pemandangan.
Dianggap taboo ?? Saya kira tidak .
Dianggap baru ?? Tidak juga sih ..
Gagah2an ?? Zaman sekarang mah asal ada uang aja , siapa juga bisa kok . Teknologinya pun sudah terjangkau .
Yang ditekankan disini adalah safety dan legalitas . Kita perlu saling mengingatkan .
Just my 2 cents ..
- stefendy
- Technical Sergeant
- Posts: 300
- Joined: 14 Aug 2009, 08:13
- Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
ada bacaan menarik tentang FPV mungkin bisa di adopsi = http://www.fpvpilot.com/Pages/FPVPilotSafety.aspx
Dan ada FAA AC 91-57 = http://rgl.faa.gov/Regulatory_and_Guidance_Library/rgAdvisoryCircular.nsf/0/1acfc3f689769a56862569e70077c9cc/$FILE/ATTBJMAC/ac91-57.pdf
Safe flite,
Dan ada FAA AC 91-57 = http://rgl.faa.gov/Regulatory_and_Guidance_Library/rgAdvisoryCircular.nsf/0/1acfc3f689769a56862569e70077c9cc/$FILE/ATTBJMAC/ac91-57.pdf
Safe flite,
- orchiplane
- Chief Master Sergeant
- Posts: 847
- Joined: 04 Nov 2011, 08:56
- Location: JAKARTA
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
fahmi43 wrote:Redblur wrote:hahaha, enakan di pinggiran jakarta pemandangan nya bagus![]()
Selain itu penambah alat keselamatan adalah RSSI indicator, sangat berguna. jadi bisa tau kekuatan sinyal berapa volt. selain itu FrSky memiliki modul yg bisa bunyi kalo udah mulai lemah RC link nya :
Safety can be funekozxx wrote::mtp Setuju sekali om Redblur...dari yang lain klo ada masukan tambahan spy lengkap..utk di Jkt saya stop terbang jauh deh..![]()
Jadi kapan nih kita trip ke Bali, Lombok, Bromo, FPV-an di tempat yg sepi sambil menikmati pemandangan alam..
ikuut..