normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
Moderators: Budiman, irsansaputra
- flatnflow
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 20 Aug 2011, 19:16
- Location: Subang, West Java, Indonesia
- Contact:
normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
suhu suhu sekalian saya mau tanya. andaikata pitch normal trex 450 kurva nya di bikin flat pitch nya + 5 , dan throttle curve nya pake 0-25-50-75-100 bisa ga ya?? terinspirasi dari heli fix pitch,
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
bisa saja, pak..tapi ya buat apa..
- flatnflow
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 20 Aug 2011, 19:16
- Location: Subang, West Java, Indonesia
- Contact:
Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
waktu terbang bisa bertambah ga ya? karena logika saya berfikir blade berputar dengan beban pitch tetap. dan apakah sudah ada yg pernah coba?
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
saya kira, lamanya terbang tergantung dari manuver apa yang dilakukan...pada heli, jika lebih banyak hovering, justru akan mengkonsumsi power yang lebih besar yg berujung pada lama terbang daripada seperti melakukan forward flight...
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2003
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
betapa sulitnya landing ketika ada angin lumayan kenceng... 

- flatnflow
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 20 Aug 2011, 19:16
- Location: Subang, West Java, Indonesia
- Contact:
Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
oh jdi pitch ga terlalu berpengaruh utk lama terbang ya? emg bener juga ya suhu, semakin lama hover, perasaan waktu terbang mkin singkat,karena throttle sering tiba2 naik turun. tapi apakah wajar motor heli 450 sy selalu panas sekali setelah terbang, apakah normal pitch & throttle nya blm pas? sy pke kurva throttle 0-40-65-85-100. pitch 42-45-70-80-100.Budiman wrote:saya kira, lamanya terbang tergantung dari manuver apa yang dilakukan...pada heli, jika lebih banyak hovering, justru akan mengkonsumsi power yang lebih besar yg berujung pada lama terbang daripada seperti melakukan forward flight...
- flatnflow
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 20 Aug 2011, 19:16
- Location: Subang, West Java, Indonesia
- Contact:
Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
suhu sahid bagi tips dong utk landing supaya mulus. sering liat landing autorotation kyny enak bngt tuh suhu. apakah benar, semakin kecil heli semakin kesulit melakukan autorotation saat landing.ya? utk trex 450 apakah throttle hold di set di angka 0% atau berapa ya utk autorotation? dan throttle hold pitchnya di set brp ya? mohon pencerahan


- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
flatnflow wrote:oh jdi pitch ga terlalu berpengaruh utk lama terbang ya? emg bener juga ya suhu, semakin lama hover, perasaan waktu terbang mkin singkat,karena throttle sering tiba2 naik turun. tapi apakah wajar motor heli 450 sy selalu panas sekali setelah terbang, apakah normal pitch & throttle nya blm pas? sy pke kurva throttle 0-40-65-85-100. pitch 42-45-70-80-100.Budiman wrote:saya kira, lamanya terbang tergantung dari manuver apa yang dilakukan...pada heli, jika lebih banyak hovering, justru akan mengkonsumsi power yang lebih besar yg berujung pada lama terbang daripada seperti melakukan forward flight...
Bisa jadi, Pak...waktu saya masi nerbangin 450, throttle curve saya set sekitar 85-86% di point ke tiga dengan pitch sekitar 5 deg positif di point yang sama. Hal ini saya terpaksa saya lakukan karena sebelumnya ESC selalu hangus atopun motor jadi panas, saat menggunakan throttle 50-65% di point yang sama dg pitch yang juga 5 deg positif, tapi saya menggunakan wooden blade 315mm ato 325mm. Wooden main blade jelas lebih berat daripada carbon. Mungkin ini akan berbeda jika saya menggunakan carbon blade.
Kemudian satu lagi, pinion pada motor juga saya ganti, saya lupa berapa teeth yang digunakan, namun penggunaan pinion yang tepat juga akan memberikan progress yang significant untuk masalah ini.
Heli saat hover, hanya mengandalkan besarnya pitch pada main blade(untuk mempertahankan altitude tertentu) yang mana ini memberikan beban tersendiri bagi ESC dan BL motor. Beban ini akan berkurang saat heli bergerak fast forward flight, karena heli dibantu oleh air speed yang dihasilkan secara alami.
Untuk autorotation, saya selalu gagal dgn 450 namun sebaliknya dengan heli kelas 50 engine, seperti T-Rex 600.
- ipin17
- Senior Master Sergeant
- Posts: 629
- Joined: 20 Dec 2008, 14:32
- Location: Tarakan - Kaltim
- Contact:
Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
flatnflow wrote:suhu sahid bagi tips dong utk landing supaya mulus. sering liat landing autorotation kyny enak bngt tuh suhu. apakah benar, semakin kecil heli semakin kesulit melakukan autorotation saat landing.ya? utk trex 450 apakah throttle hold di set di angka 0% atau berapa ya utk autorotation? dan throttle hold pitchnya di set brp ya? mohon pencerahan
Kalau saya pake untuk autorotation di trex 450 itu untuk pitch curve (satuan sudut derajat pitch) -5 INH 50 INH 100, saya contek di manual nya, throttle hold di set 0%. Memang lebih susah main auto di heli 450, kalau saya sih sebelum ceklek switch hold saya pastikan dulu putaran main blade rpm nya maksimum dan ketinggian nya cukup lah gak terlalu tinggi banget, jadi sebelum auto saya pastikan dari idle 2 yang throttle nya flat 100%. Dari kira2 10 kali yang berhasil 6 lah, sisanya hard landing

- ayung_bjm
- Senior Master Sergeant
- Posts: 644
- Joined: 25 Jan 2007, 00:17
- Location: banjarmasin
- Contact:
Re: normal Pitch trex 450 di buat Fix bisa ga?
Kalo saya pake rumus throtle curve > pitch curve
Jadi pada setiap point throtle curve selalu lebih tinggi dari point pitch curve
contoh : throtle curve normal flight 0-40-60-80-100 pitch curve normal flight 0-25-50-75-100
selama ini saya pakai, panas motornya masih wajar dan esc juga gak panas sekali. Mudahan bisa membantu mas
Yg penting saat pitch curve 50% posisi main blade juga 0 derajat / netral
Jadi pada setiap point throtle curve selalu lebih tinggi dari point pitch curve
contoh : throtle curve normal flight 0-40-60-80-100 pitch curve normal flight 0-25-50-75-100
selama ini saya pakai, panas motornya masih wajar dan esc juga gak panas sekali. Mudahan bisa membantu mas

Yg penting saat pitch curve 50% posisi main blade juga 0 derajat / netral