Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
mandiridjaya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 538
Joined: 30 Jul 2007, 12:41
Location: kebumen jateng 0819 0339 5758
Contact:

Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by mandiridjaya »

mohon tanya para suhu...

ini mengenai busi,

klo busi 8 kan umum dan paporit dipake untuk engine 2t, nah klo busi F kan 4t
apakah yg terjadi apabila busi F dipake di engine 2t misal 46AX???

:doa Mohon buat suhu yg berpengalaman sudi kiranya membagikan elmunya pada saya..

Maturnuwun... :cup2
Last edited by mandiridjaya on 14 Apr 2013, 21:00, edited 1 time in total.
User avatar
sutanto
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 848
Joined: 14 Feb 2013, 11:24

Re: Tanya PERBEDAAN Glow 8 utk nitro 2t dan Glow F utk nitro

Post by sutanto »

belum pernah coba juga. ijin nyimak
User avatar
mandiridjaya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 538
Joined: 30 Jul 2007, 12:41
Location: kebumen jateng 0819 0339 5758
Contact:

Re: Tanya PERBEDAAN Glow 8 utk nitro 2t dan Glow F utk nitro

Post by mandiridjaya »

masalahnya ini terjadi dengan engine saya om, sy pke OS 46ax klo diadu sama os46ax juga satunya kok beda banget tenaganya... ternyata hr ini saya baru sadar setelah sy colok pematik ga nyala2

berhubung ga nyala saya colok pematik saya copot businya ternyata ga nyala juga... eh pematiknya yg error sy tester ga ada arus padahal batre baru di cas (sy pke pematik yg batrenya bs dilepas) selidik2 ini terjadi karena konektor batre kotor dan menjadi tidak terhubung. setelah sy bersihkan lalu busi bisa pijar..

nah ini yg bikin sy heran, ternyata busi yg saya copot tadi ada tulisan F dan businya lebih panjang itu artinya busi 4tak...

dan engine yg sy copot businya adalah engine yg performanya legih bagus dari satunya lagi..

apa karena menggunakan Busi F jadi performanya bagus? ini sudah lama dipake dan sy tidak sadar dari dulu ternyata busi yg nancap adalah busi 4tak :?

klo dilihat dari performa dan tenaga menggunakan busi 4t utk os46ax 2t menjadi lebih bagus..

dan busi F secara spiral kelihatanya lebih kokoh dan tdk mudah putus, dari harganya juga lebih mahal

setting mudah, engine gampang nyala, ga mati2, dan idle bagus... itu kesimpulan saya

kira2 bagaimana menurut suhu2 yg lebih berpengalaman..???
User avatar
mandiridjaya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 538
Joined: 30 Jul 2007, 12:41
Location: kebumen jateng 0819 0339 5758
Contact:

Re: Tanya PERBEDAAN Glow 8 utk nitro 2t dan Glow F utk nitro

Post by mandiridjaya »

sebelumnya maaf klo ini pernah dibahas, saya sudah searching tapi ga nemu topic ini... :doa
User avatar
mandiridjaya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 538
Joined: 30 Jul 2007, 12:41
Location: kebumen jateng 0819 0339 5758
Contact:

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by mandiridjaya »

mana suhu2 gaero nya yah? baru kecapean abis pada terbang minggu kayaknya :cling
User avatar
hulmannapit
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 714
Joined: 31 Dec 2009, 11:35
Location: Ambon&Bandung

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by hulmannapit »

Wah ilmu baru nih suhu...
Kalau dilihat dari harganya, memang masuk akal kalau glow plug type F jadi lebih bagus kualitasnya... Tapi yg saya khawatirkan, kan gp type F itu sedikit lebih panjang, apa gak kepentok ujung piston ya...? :hmm
Mungkin perlu ulasan dari pakar engine nitro nih...
User avatar
panji76
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 484
Joined: 16 Aug 2011, 01:43
Location: Madiun
Contact:

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by panji76 »

ikut menyimak om...,apa karena filamen/pijar dari busi F makin deket dengan ruang bakar atau ruang bakar jadi sempit(kompresi jadi makin padat) dikarenakan panjang busi.. :hmm :hmm menunggu juga dari suhu egine.
User avatar
Kresna88
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 160
Joined: 31 Oct 2012, 18:06

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by Kresna88 »

panji76 wrote:ikut menyimak om...,apa karena filamen/pijar dari busi F makin deket dengan ruang bakar atau ruang bakar jadi sempit(kompresi jadi makin padat) dikarenakan panjang busi.. :hmm :hmm menunggu juga dari suhu egine.


Saya setuju pendapatnya om Panji, semakin dekat percikan api yang dikeluarkan oleh busi ke dalam ruang bakar akan menghasilkan pembakaran yang sempurna yg tentunya akan menghasilkan performa mesin yang baik juga..

Ini hanya pengalaman saya waktu masih di dunia balap motor om..

Salam..
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by unding »

Menggunakan busi pijar type F pada engine 2T berpengaruh terhadap :
1. Temperatur pijar naik sebab panjang dan diameter filamen lebih besar menyebabkan engine lebih mudah distarter.
2. Dengan ukuran body yg lebih panjang maka ada bahagian (volume) yg masuk menyebabkan berkurangnya volume pada ruang bakar dan mengakibatkan nilai perbandingan komperessi bertambah.

Khusus point (2) :
Pada umumnya perbandingan kompressi untuk engine glow adalah 7 : 1, yg mana nilai perbandingan yg dimaksud adalah :
Volume total/volume ruang bakar ;
dimana
Volume total = volume silinder + volume ruang bakar

untuk engine OS 46 AX dengan volume total 7.45 cc, maka volume ruang bakar bisa diketahui dgn menggunakan rasio 7 : 1
Vol. total/Vol. ruang bkr = 7/1
Vol. ruang bkr = Vol. total/7
= 7.45/7
= 1.06 cc

sedangkan volume silinder = 7.45 - 1.06 = 6.39 cc

Bahagian busi pijar yg masuk keruang bakar "asumpsi 1.5 mm" ,sedangkan diameter busi adalah 6 mm maka volumenya adalah :
Vol. busi = 1/4 x 3.14 x 6^2 x 1.5 = 42.39 mm3
= 0.04239 cc

Volume ruang bakar yg baru = 1.06 - 0.04239 = 1.01761 cc
Volume total engine = Volume silinder + Volume ruang bakar baru
= 6.39 + 1.01761
= 7.40761 cc
Perbandingan kompressi yg baru = 7.40761/1.01761 = 7.28 : 1

Point 1 dan 2 memberikan pengaruh yg cukup besar terhadap peningkatan power, akan tetapi temperatur kerja engine juga naik yg tentunya akan mempengaruhi usia pemakaian :gg :gg , dan kemungkinan pemakaian fuel diatas 10% nitro tidak efektif lagi sebab bisa menimbulkan efek detonansi/knocking.
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: Mohon Tanya: pengaruh busi 4t digunakan di engine 2t

Post by opikandy »

unding wrote:Menggunakan busi pijar type F pada engine 2T berpengaruh terhadap :
1. Temperatur pijar naik sebab panjang dan diameter filamen lebih besar menyebabkan engine lebih mudah distarter.
2. Dengan ukuran body yg lebih panjang maka ada bahagian (volume) yg masuk menyebabkan berkurangnya volume pada ruang bakar dan mengakibatkan nilai perbandingan komperessi bertambah.

Khusus point (2) :
Pada umumnya perbandingan kompressi untuk engine glow adalah 7 : 1, yg mana nilai perbandingan yg dimaksud adalah :
Volume total/volume ruang bakar ;
dimana
Volume total = volume silinder + volume ruang bakar

untuk engine OS 46 AX dengan volume total 7.45 cc, maka volume ruang bakar bisa diketahui dgn menggunakan rasio 7 : 1
Vol. total/Vol. ruang bkr = 7/1
Vol. ruang bkr = Vol. total/7
= 7.45/7
= 1.06 cc

sedangkan volume silinder = 7.45 - 1.06 = 6.39 cc

Bahagian busi pijar yg masuk keruang bakar "asumpsi 1.5 mm" ,sedangkan diameter busi adalah 6 mm maka volumenya adalah :
Vol. busi = 1/4 x 3.14 x 6^2 x 1.5 = 42.39 mm3
= 0.04239 cc

Volume ruang bakar yg baru = 1.06 - 0.04239 = 1.01761 cc
Volume total engine = Volume silinder + Volume ruang bakar baru
= 6.39 + 1.01761
= 7.40761 cc
Perbandingan kompressi yg baru = 7.40761/1.01761 = 7.28 : 1

Point 1 dan 2 memberikan pengaruh yg cukup besar terhadap peningkatan power, akan tetapi temperatur kerja engine juga naik yg tentunya akan mempengaruhi usia pemakaian :gg :gg , dan kemungkinan pemakaian fuel diatas 10% nitro tidak efektif lagi sebab bisa menimbulkan efek detonansi/knocking.


Izin copas ilmu perhitungannya suhu
Post Reply