Maria Nindhya wrote:Mumpung bahas masalah battery..
Newbee mau tanya.. "katanya" battery nggak boleh kurang dari 3,7 Volt per cel..
Salah. sebenarnya batasnya di 2.7Volt per cell, secara umum untuk aman nya (toleransi dalam fabrikasi) digunakan batas 2.9V sampai 3V percell.
cuman, perlu di ingat bahwa kalau sedang di geber di pesawat, tegangan batt juga berfluktuasi naik turun sesuai dengan beban dan throtle. jadi yg terukur oleh alarm nya adalah tegangan rata2 sesaat. jadi supaya aman, batas tegangan tegangan nya di naikkan sedikit. Kalau fluktuasi beban normal, 3.2V sudah cukup.
ESC yg bagus sudah ada LVA (low voltage alarm) yg bisa disetel antara 2.9V sampai 3.3V per cell.
Maria Nindhya wrote:lalu saya beli battery alarm, maksudnya biar nggak sampe keabisan.. ternyata alarm baru bunyi di 3,2 Volt.. Nah, gimana tuh..
ini lebih manusiawi. kalau 3.7volt itu sih berarti beban nya benar2 sudah terlalu besar untuk si batt sehingga fluktuasi tegangan nya juga besar.
Maria Nindhya wrote:untuk Charge, biasanya saya pake 75% dari kapasitas.. misalnya battery 1000 mAh, saya charge di 0,7 A.. apakah ini aman ?
ini justru yg paling benar. arus charge max 1C, yg dianjuran adalah 0.7C
tapi ini aturan jaman dulu waktu teknologi lipo belum mengenal fast charging.
sekarang, batt lipo sudah ada yg boleh di charge sampai 5C (bisa di lihat di spec batt nya masing2).
jadi kalau batas arus charging max nya 5C, yg dianjurkan sih jadi 0.7x5C = 3.5C
kalau batt nya 1000mAH dengan 5C charging, arus charging yg dianjurkan adalah 3500mA