engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....

Post by flylow »

toto wrote:Setuju sangat dengan suhu pa'lik Justinus dan suhu om flylow ... Saya juga pernah dapat engine lebih lama dari 2 tahun istirahat dan alhamdulillah sesuai dengan yang sudah dijelaskan tuntas sama omsuhu flylow sang engine langsung jreng kok, dari semua itu yang dilakukan cuman pasangin busi baru dan sebelum nya melalui lubang busi masukan olie beberapa tetes terus diselenger pakai starter tanpa busi dipasang abis itu beres deh .... :yes


Sekedar sharing saja ada rekan yang iseng bersih2 engine dengan mrentelin semua tuh engine berakhir dengan chatting mohon saran ber ulang2 ...... :hi3



Salam
Q



hehe, ada jg yg bertahun2 gak nyala, pas ketemu saya tahunya karbunya kebalik 180 derajat.
DLE versi lama karbunya gak bisa bolak balik.

saya setuju tambahan oom toto, dan engine gasolin engkol pake tangan aja gak pake lama ngidupinnya. beda sama nitro yg harus muter dengan speed setengah hidup, kalo gasolin bbrp kali tampar aja bisa nyala asal tahu cara ngerayunya
User avatar
barubisaterbang
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 590
Joined: 19 Sep 2010, 09:13
Location: ciledug-tangerang

Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....

Post by barubisaterbang »

Sdh saya cb saran nya tp engine kok tetap tdk mau hidup ya?...
Kondisi saat ini, saat di choke fuel sdh masuk ke karbu, kedua jarum diputar sampai 2 putaran
Busi di cek ada apinya
Tapi di tabok dan di starter tetap tidak ada tanda batuk...
Kira" apa lagi yg perlu di periksa ya?
Mengenai terbalik 180 derajat, posisi yg seharusnya bagaimana ya?...
Foto engine nanti saya cb lampirkan...
Trims
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....

Post by flylow »

untuk hidupin, coba konsen di low needle dulu,
itu yg paling depan, paling deket ke propeller.
kalo 2 puteran gak nyala, coba 1 3/4
kalo masih gak nyala coba 2 1/4
buka busi, basah dengan bensin gak?

campuran oli apa dan brp

kemudian timing hall sensornya berapa derajat?

asumsi piston masih terasa ada kompresi, mungkin needle valvenya kotor atau timingnya salah.
tapi kalo timing salah jg harusnya ngerasain ada batuk walau sekali.

biar yakin membran buka dan bersihkan dulu, sama needlenya juga buka bersihkan kemudian kucurin bensin tanpa oli


karbu dibalik itu misal sekarang throtle lever ada di kanan, dibuka dan dipasang diputer jadi ada di kiri
User avatar
barubisaterbang
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 590
Joined: 19 Sep 2010, 09:13
Location: ciledug-tangerang

Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....

Post by barubisaterbang »

Mau memastikan membran itu yg bentuk kerucut bukan pak?
Atau yg di dalam karburator yg warna pink?
Saya campur 1ltr dengan 35cc oli pak
Nah...timing hall sensor ini saya belum paham pak,..
Kalau berkenan bisa bantu di jelaskan cara mengukurnya..
Untuk busi saya tidak perhatikan basah atau tidak.
Nanti cb saya cek lagi pak...
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....

Post by flylow »

barubisaterbang wrote:Mau memastikan membran itu yg bentuk kerucut bukan pak?
Atau yg di dalam karburator yg warna pink?
Saya campur 1ltr dengan 35cc oli pak
Nah...timing hall sensor ini saya belum paham pak,..
Kalau berkenan bisa bantu di jelaskan cara mengukurnya..
Untuk busi saya tidak perhatikan basah atau tidak.
Nanti cb saya cek lagi pak...


ini gambar tutup membran
Image
itu dibuka coba dilihat di dalamnya ada kayak lapisan karet hitam koyak nggak,

kemudian di sisi kebalikannya itu adalah bagian filter coba dibuka juga kucurin bensin biar kotorannya keluar semua,
kalo saya dipegangin terus minta tolong orang lain kucurin bensin pake pompa untuk ngisi fuel


untuk timing sensor kan ada kabel dari deket propeller shaft ke cdi.
nah letak yg sensor item itu (kalo engine DA warna merah) bisa digeser2, biasanya sekitar 28 derajat dari titik mati atas dengan asumsi diukur sudut porosnya sama dengan poros propeller shaft
Post Reply