FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Post by flylow »

a. high needle belom pas, coba tutup searah jarum jam 1/8 putaran kerasa rpmnya naik apa nggak? kalo rpm malah tambah gak stabil balikin ke asal kemudian buka 1/8 putaran kemudian kira2 rpmnya naik apa turun. harusnya kalo setingan pas rpmnya bakal stabil gak naik turun seperti itu.
naik turun ada 2 kemungkinan, kurang bensin jadi panas, pas panas dia rpm turun dikit, atau bensin kebanyakan.

b. idlenya kebesaran, tapi bukan dari low needle coba dari servo atau throttle, kalo kuping saya gak salah itu sekitar 2000rpm, idealnya idle 1600-1800rpm.

c. setingan lownya nampaknya udah bener.

kemudian kalo saya sarankan kenapa cylinder headnya gak dibawah aja jadi pesawat juga nampak lebih cantik :cup2
knalpotnya bisa dibalikin juga kebawah kok

kemudian coba kalo bisa buka busi terus fotonya pampang disini
User avatar
Irwan Bossanova
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 22 Jun 2013, 16:02

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Post by Irwan Bossanova »

mksh om nsehatnya. cb ntar disetting lg needlenya sesuai petunjuk om. tp tadi cb air bone dh enak ko dh ng mati lag diudara.
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Post by flylow »

horeee sip dah, jadi tadi harusnya rpm full throttle lebih kenceng ya? seinget kuping saya meraungnya harus lebih tinggi dari dari yg di video.
kebetulan disini jg ada yg pake rcgf 15cc
User avatar
Irwan Bossanova
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 22 Jun 2013, 16:02

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Post by Irwan Bossanova »

Nah....mgk yg terakhir om, tlg deh sarannya ngakali knalpot. Hbisnya tu oli buang ngotori fuselage wtk airbone, apa bs disambung ya om, lo bs pke besi apa dn diarahkan kmn. Trus fuel mix 1;30, knp olie msh berhamburan dr knalpot. Mksh om....sukses tuk kt sma!!!!
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Post by flylow »

olinya merk apa? kalo ada shell pake shell aja pake 1:40, kalo mau 1:45 aja masih gpp.
kalo knalpot saya malah biasanya dipotong lagi biar enak masuk cowling.
saya yakin masalahnya itu dari campuran oli masih kebanyakan.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Post by toto »

sepakat sama om suhu flylow ..... mneginat katanya high rpm sudah tercapai berarti setting sudah optimal jadi setting masih rich kemungkinannya kecil maka kemungkinan terbesar adalah campuran olienya masih terlalu banyak atau kualitas olienya yg kurang mumpuni jadi blending antara olie dan bbm tidak optimal berakibat masih adanya sisa olie yg tidak turut terbakar secara maksimal ............ ini berangkali loh ya



salam
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Post by flylow »

toto wrote:sepakat sama om suhu flylow ..... mneginat katanya high rpm sudah tercapai berarti setting sudah optimal jadi setting masih rich kemungkinannya kecil maka kemungkinan terbesar adalah campuran olienya masih terlalu banyak atau kualitas olienya yg kurang mumpuni jadi blending antara olie dan bbm tidak optimal berakibat masih adanya sisa olie yg tidak turut terbakar secara maksimal ............ ini berangkali loh ya



salam


oom toto, inget sama engine gasolin saya yg pertama jg gini. DLE30 udah gedebak gedebuk sampe korban pesawat 1 akhirnya bisa lumayan ngerti setingan tapi masih aja knalpot ngeludah item2.
sampe coba2 ganti oli, dari shell dan ke shell lagi akhirnya. baca sana sini ternyata kalo synthetic di amrik sana banyakan pake 1:50 kalo udah lewat inreyen.
kemudian saya inget lagi dulu punya skuter sachs di tutup tangkinya tertulis 1:50 padahal dulu masih belom jaman oli synthetic.
artinya motor aja yg menurut saya pendinginannya masih bagusan dibelakang propeller berani pake 1:50.
sekarang saya settle di 1:40 aja walau masih basah dikit tapi pede. mungkin kalo habis 3-4 galon lagi saya mau turunin jadi 1:45 biar bener2 kering.

kemudian saya pernah juga pake oli merk cas**** keraknya agak banyak di busi walaupun asapnya wangi, jadi saya gak berani pake itu lagi. dan juga merk itu terkenal banyak yg palsu di pasaran. dulu merk itu pernah saya pake di motor f1zr terus ngeden2 ternyata memang disinyalir saya beli yg palsu. setelah diganti merk induk semangnya ngacir lagi.

jadi, coba aja 1:40 oom irwan. kan udah lewat berapa liter. jgn lupa sekali2 cek busi.
kondisi item gitu saya di engine pertama yg saya ceritain ngalamin mati 2x dan hard landing
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Post by toto »

salah satu pembunuh busi selain emang sudah abis masa idahnya juga karena adanya olie yg tidak terbakar sempurna atau setting masih rich .... ini yang saya alami loh ya atau bisa jadi saya kebagian busi yg kagak bener tapi selama ini saya mempercayakan engine dengan busi yg non merk2 yg tiba2 muncul, emang mahalan tapi daripada gara2 mau ngirit di pengeluaran pembelian busi tapi berakibat bisa menimbulkan kerugian yang jauh lebih besar loh .... ini kalau saya loh ya jadi mendingan nambah biaya dikit deh utk beli busi dgn merk yg sudah terkenal tidak hanya untuk engine pesawat ......... :hi3




salam
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Post by flylow »

toto wrote:salah satu pembunuh busi selain emang sudah abis masa idahnya juga karena adanya olie yg tidak terbakar sempurna atau setting masih rich .... ini yang saya alami loh ya atau bisa jadi saya kebagian busi yg kagak bener tapi selama ini saya mempercayakan engine dengan busi yg non merk2 yg tiba2 muncul, emang mahalan tapi daripada gara2 mau ngirit di pengeluaran pembelian busi tapi berakibat bisa menimbulkan kerugian yang jauh lebih besar loh .... ini kalau saya loh ya jadi mendingan nambah biaya dikit deh utk beli busi dgn merk yg sudah terkenal tidak hanya untuk engine pesawat ......... :hi3




salam


bener boss, dengan pengalaman ini busi bawaan kecuali kalo merknya rc-exl saya lsg lempar ke tong sampah.
ganti langsung sama NGK CM6.
tapi byk yg berprinsip kalo masih nyala kenapa harus diganti?
yg seperti ini rela menggantungkan pesawat jutaan demi extra 50-100rb
NGK gak pernah mati dijalan selama setingan udah dapet, tp saya sekali mati jg NGK itu karena terlalu anteng dan bensin habis hehe

:gg
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: FUNGSI HIGH DAN LOW NEEDLE

Post by toto »

sama dong om saya mempercayakan kedua merk busi itu nempel di engine gasoline saya dan yang busi non branded itu saya gunakan hanya pada saat ground break'in saja dan umurnya pun enggak bisa digunakan sampai proses ground break'in tuntas dengan indikasi putaran engine menjadi tidak stabil .......... :hi3



salam
Post Reply