toto wrote:sepakat sama om suhu flylow ..... mneginat katanya high rpm sudah tercapai berarti setting sudah optimal jadi setting masih rich kemungkinannya kecil maka kemungkinan terbesar adalah campuran olienya masih terlalu banyak atau kualitas olienya yg kurang mumpuni jadi blending antara olie dan bbm tidak optimal berakibat masih adanya sisa olie yg tidak turut terbakar secara maksimal ............ ini berangkali loh ya
salam
oom toto, inget sama engine gasolin saya yg pertama jg gini. DLE30 udah gedebak gedebuk sampe korban pesawat 1 akhirnya bisa lumayan ngerti setingan tapi masih aja knalpot ngeludah item2.
sampe coba2 ganti oli, dari shell dan ke shell lagi akhirnya. baca sana sini ternyata kalo synthetic di amrik sana banyakan pake 1:50 kalo udah lewat inreyen.
kemudian saya inget lagi dulu punya skuter sachs di tutup tangkinya tertulis 1:50 padahal dulu masih belom jaman oli synthetic.
artinya motor aja yg menurut saya pendinginannya masih bagusan dibelakang propeller berani pake 1:50.
sekarang saya settle di 1:40 aja walau masih basah dikit tapi pede. mungkin kalo habis 3-4 galon lagi saya mau turunin jadi 1:45 biar bener2 kering.
kemudian saya pernah juga pake oli merk cas**** keraknya agak banyak di busi walaupun asapnya wangi, jadi saya gak berani pake itu lagi. dan juga merk itu terkenal banyak yg palsu di pasaran. dulu merk itu pernah saya pake di motor f1zr terus ngeden2 ternyata memang disinyalir saya beli yg palsu. setelah diganti merk induk semangnya ngacir lagi.
jadi, coba aja 1:40 oom irwan. kan udah lewat berapa liter. jgn lupa sekali2 cek busi.
kondisi item gitu saya di engine pertama yg saya ceritain ngalamin mati 2x dan hard landing