pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Moderators: unding, ajo.naim

User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by wisnumurti »

mohon maaf mungkin ada yang pernah bahas di forum ini,,kok di ubek ubek belum ketemu yaaa :cling
mohon pencerahan suhu suhu kok saya jadi bingung yaa :ktk misal ada battery 2200 mah 50c , ada lagi battery 5500 mah 20 C mana yang harus dipilih ? mengingat maaf juga sekalian konfirmasi suhu nilai max continous current
untuk battery 2200 mah 50c adalah 2,2Ah x 50 = 110 Amp
untuk battery 5500 mah 20 c adalah 5,5Ah x 20 = 110 Amp

ada teori mengatakan jika battery 2200 mah(mili ampere hour) atau (2,2 Ah) diberi dan arus yang mengalir pada beban adalah 2200 ma atau (2,2 A )maka waktu pemakaian adalah 1 jam (hour)
dengan demikian bisa dirumuskan T(waktu pemakaian) = Mah battery / Arus yang mengalir pada beban. Arus yang mengalir pada beban kita asumsikan arus yang masuk esc plus sedikit servo dan reciver.
Jika 2,2 A sama dengan 1 jam maka untuk arus beban misal 20 A kita bisa mengasumsikan = 2,2/20 x 1 jam (60 menit) = 6,6 menit

lalu nilai C itu untuk apa yaaa?

dan sekalian nanya heheh yang dimaksud max continous current itu apa yaa?
dan pernah dengar juga burst current heheh apa pula itu yaa??
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2247
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by zaki »

maap sebelumnya saya juga numpang nanya untuk yg mengerti :hi3

beda atau sama kah ... jika dalam PELAJARAN FISIKA dan muatan ARUS .. bahwa C = COLUMB .....???? dan berhubungan kah dgn C pada spek BATERE lipo ?

terima kasih sebelumnya dan maap om WISNU..saya ikut nanya.
User avatar
black_knight
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 135
Joined: 13 Feb 2008, 20:57
Location: Semarang
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by black_knight »

1C batre kalo selama ini pengertian saya memang 1Coulomb..
1C = 1Ampere x 1 detik

Jadi kasusnya..
- Batre 2200mAh 50C, Punya ratting current 2200mAh ato 2,2Ah ato 2,2 Ampere / jam dan memiliki max Cont Current 50C ato 50Ampere Sec.

- Batre 5500mAh 20C, Punya ratting current 5500mAh ato 5,5Ah ato 5,5 Ampere / jam dan memiliki max Cont Current 20C ato 20Ampere Sec.

Jadi tanpa mempertimbangkan aspek effisiensi dsb
- Batre 2200mAh 50C dapat melepaskan hingga 50Ampere tiap detik, maka 2200 akan habis dalam 3,62 detik.
- Batre 5500mAh 20C dapat melepaskan hingga 20Ampere tiap detik, maka 5500 akan habis dalam 16,5 detik.

:duar

Tapi mohon koreksi dari suhu2 yg lain khususnya suhu christoffel ini.. :hi3
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by christoffel »

C=Coulombs : C disini adalah satuan muatan listrik. simbol yg umum digunakan bukan C tapi Q.
rumusnya untuk capasitor Q = C.V ==> (C dalam Farad)
untuk menentukan arus ==> I=dq/dt ==> Q= integral(I.dt) ==> kalau I constant maka Q = I.t
sedangkan yg ditulis di batt Lipo itu C=Capasity, jadi lebih mirip sama capasitor, karena memang batt itu adalah capasitor yg nilainya sangat besar ...

batt Lipo punya om wisnu 2200mAH 50C :
batt ini punya capasitas 2200mA atau 2.2 Ampere untuk 1 kam, artinya kalau dibebani 2.2 ampere maka batt akan habis dalam waktu 1 jam.
50C disini artinya kemampuan discharge (pembebanan) dari batt ini adalah 50 kali lipat dari nilai capasity nya,
jadi ditulis 50C artinya 50 x Capasity = 50 x C = 50.C = 50C
Arti C disini adalah kemampuan batt pack untuk arus discharge nya, jadi 50C disini artinya 50x2.2 A = 110 Ampere
C continous artinya max arus discharge terus menerus.
C burst artinya max arus sesaat (biasanya hanya untuk 10 detik), nggak boleh untuk terus menerus.
dalam kasus om wisnu, kedua batt sama2 bisa dibebani max 110A, tapi capasity nya lebih besar yg 5000mAH, jadi waktu pemakaian nya akan lebih lama. Tentu saja akan lebih menguntungkan yg waktu pakai nya lebih lama, tapi biasanya batt juga akan lebih berat, so tinggal kita pilih mana yg lebih prioritas saja.

contoh nya begini :
anggap ada dua batt dipakai untuk beban motor 11 ampere terpasang pada pesawat.
untuk batt 2200mAH 50C, maka batt akan habis dalam waktu 2.2/11 x 60 menit = 12 menit
untuk batt 22000mAH 5C, maka batt akan habis dalam waktu 22/11 x 60 menit = 120 menit
kalau buat main normal, tentu saja saya akan pilih yg 2200mAH karena nggak mungkin saya main pesawat selama 2 jam terus menerus.
tapi kalau dipakai untuk UAV yg terbang nya harus lama, lebih baik pake yg 22000mAH meskipun AUW jadi lebih berat tapi bisa terbang lama ...
Last edited by christoffel on 22 Oct 2013, 08:43, edited 2 times in total.
User avatar
todiahmad
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 142
Joined: 21 Oct 2010, 16:07

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by todiahmad »

setahu saya, 5500mah adalah kapasitas penyimpanan, C adalah pengali maksimum jumlah amper yg bisa di deliver si batre. Sama voltase jg hrs diperhitungkan.
jadi kalo batre 5500 mah 20C, 11.1 volt, kapasitasnya 5500x11.1=61.050 mah atau 61.5watt/jam. Dan dia bisa deliver skaligus sampai 5500x20c = 110.000 mah atau 110 amp. sekaligus, jadi bisa pakai motor /esc s/d 110 amp, atau motor kira2 110 x 11.1volt = 1.221wat.
kalau pakai motor 200w, berarti akan habis isi batre dalam waktu 18.6 menitan.

kalau batre 2200, 11.1volt, 50c, kapasitasnya = 24.420mah atau 24.42 watt/jam. bisa deliver 110Amp, dan kalau pakai motor 200w, akan habis dalam waktu 7.2 menitan..

pertimbangkan juga beratnya, krn batre 2200 beratnya ga ada setengah batre 5500.

Mohon benerin ya suhu2, kalau saya pengertian saya diatas salah ( maklum, jurusan ngurus orang, bukan jurusan ngurus elektrikal he he )
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by iwan21 »

Waduh?, kok C jadi Coulomb sih ?

entar jangan2 Kv motor dibilang kiloVolt lagi ?

Seperti penjelasan suhu Christoffel diatas , C itu singkatan Capacity,
Maksud angka didepan C adalah menyatakan Charge/discharge rate
jadi kalo 1 C ya charge/discharge rate batere = 1 x Capacity batere , 2 C ya 2 x Capacity
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by christoffel »

todiahmad wrote:jadi kalo batre 5500 mah 20C, 11.1 volt, kapasitasnya 5500x11.1=61.050 mah atau 61.5watt/jam.
...
kalau batre 2200, 11.1volt, 50c, kapasitasnya = 24.420mah atau 24.42 watt/jam.

yg saya tebalkan diatas itu nggak usah di tulis (salah).
ampere x volt = watt
jadi mAH x V = miliwatt jam, bukan mAH (miliAmpere Jam)
User avatar
black_knight
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 135
Joined: 13 Feb 2008, 20:57
Location: Semarang
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by black_knight »

Hahahahaa.. Ilmu sesat yah ternyata.. :hi3
Pernah tanya di forum tetangga dijawab ky gitu sih.. Makanya selama ini saya pakai metode itu..

Penjelasan lebih lanjut..
http://www.lipolbattery.com/high%20rate ... ttery.html
User avatar
todiahmad
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 142
Joined: 21 Oct 2010, 16:07

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by todiahmad »

christoffel wrote:
todiahmad wrote:jadi kalo batre 5500 mah 20C, 11.1 volt, kapasitasnya 5500x11.1=61.050 mah atau 61.5watt/jam.
...
kalau batre 2200, 11.1volt, 50c, kapasitasnya = 24.420mah atau 24.42 watt/jam.

yg saya tebalkan diatas itu nggak usah di tulis (salah).
ampere x volt = watt
jadi mAH x V = miliwatt jam, bukan mAH (miliAmpere Jam)



he he, iya ya, mW bukan mAh ya?
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: pertimbangan memilih battery antara nilai C dan Mah

Post by wisnumurti »

Loud and clear om christ...dengan rumusan penjelasan sedot arus di beban..jadi dengan demikan misal kita punya battery 1550 25 c kita paralel maka akan didapat mah battery menjadi 2 X 1550 dengan nilai C tetap yaitu : 25 c
Post Reply