sampe sekarang saya belum temukan masalahnya pakdhe, soal nya klo saya liat dari ujung BUSI nya, kondisi terakhir waktu itu BASAH, berarti mixing bbm=RICH, kejadian nya sih engine tidak langsung mati seketika pas hover, tapi RPM engine menurun secara perlahan, sampai pada kondisi heli kekurangan RPM alias manggut", terpaksa saya turunkan heli nya.. Tapi mungkin juga karena bahan bakar yg saya pakai, yakni bensin premium... tapi klo manual nya bilang regular gasolin, no need high octan dll.... jadi bingung juga saya...
KBSantoso wrote:Kalo yang saya baca di spec nya, bahan bakarnya adalah regular unleaded gasoline (bensin tanpa timbal),..yang dimaksud ya pertamax (tanpa timbal) soalnya bensin premium kan belom bebas timbal. Pengalaman rekan2 di Marina juga pakainya Pertamax... Maaf kalo saya salah...
mungkin benar juga om.... saya jg belum pernah coba pakai pertamax sih, keburu cuil pistonnya tapi apakah suhu engine tidak semakin panas ketika pakai pertamax?
KBSantoso wrote:Kalo yang saya baca di spec nya, bahan bakarnya adalah regular unleaded gasoline (bensin tanpa timbal),..yang dimaksud ya pertamax (tanpa timbal) soalnya bensin premium kan belom bebas timbal. Pengalaman rekan2 di Marina juga pakainya Pertamax... Maaf kalo saya salah...
mungkin benar juga om.... saya jg belum pernah coba pakai pertamax sih, keburu cuil pistonnya tapi apakah suhu engine tidak semakin panas ketika pakai pertamax?
Kalo stau pengalaman saya sh om,semakin tinggi kadar oktan suatu bahan bakar,dia akan semakin bagus dan semakin kuat menahan kompresi yang di hasilkan dari gerakan piston dari TMB ke TMA,dia gk akan detonasi atau bahan bakar terbakar sebelum waktunya,kalau sampai terjadi detonasi yang di akibatkan dari pemakaian bahan bakar yang oktannya rendah,efeknya/hasilnya seperti yang terlihat di piston heli om aryo,cuil gtu dan yang lebih sadis piston bisa bolong dan coneckting rod bisa patah.........maaf klo salah,semoga ada suhu yang meluruskan.
KBSantoso wrote:Kalo yang saya baca di spec nya, bahan bakarnya adalah regular unleaded gasoline (bensin tanpa timbal),..yang dimaksud ya pertamax (tanpa timbal) soalnya bensin premium kan belom bebas timbal. Pengalaman rekan2 di Marina juga pakainya Pertamax... Maaf kalo saya salah...
mungkin benar juga om.... saya jg belum pernah coba pakai pertamax sih, keburu cuil pistonnya tapi apakah suhu engine tidak semakin panas ketika pakai pertamax?
Kalo stau pengalaman saya sh om,semakin tinggi kadar oktan suatu bahan bakar,dia akan semakin bagus dan semakin kuat menahan kompresi yang di hasilkan dari gerakan piston dari TMB ke TMA,dia gk akan detonasi atau bahan bakar terbakar sebelum waktunya,kalau sampai terjadi detonasi yang di akibatkan dari pemakaian bahan bakar yang oktannya rendah,efeknya/hasilnya seperti yang terlihat di piston heli om aryo,cuil gtu dan yang lebih sadis piston bisa bolong dan coneckting rod bisa patah.........maaf klo salah,semoga ada suhu yang meluruskan.
Setuju Om Benny penyebabnya adalah detonasi ( Knocking ) karena oktan kurang tinggi premium adalah BBM leaded dengan Ron 88 padahal BBM regular yang dimaksud mungkin adalah Ron 90, Pertamax Ron 92 dan pertamax plus ron 94, ron 88 tidak bisa digunakan pada engine dengan ratio kompresi lebih dari 10 karena pasti detonasi, ini yang pernah saya baca di buku otomotif mungkin teknologi sudah berubah, saya kurang tahu.
sampe sekarang saya belum temukan masalahnya pakdhe, soal nya klo saya liat dari ujung BUSI nya, kondisi terakhir waktu itu BASAH, berarti mixing bbm=RICH, kejadian nya sih engine tidak langsung mati seketika pas hover, tapi RPM engine menurun secara perlahan, sampai pada kondisi heli kekurangan RPM alias manggut", terpaksa saya turunkan heli nya.. Tapi mungkin juga karena bahan bakar yg saya pakai, yakni bensin premium... tapi klo manual nya bilang regular gasolin, no need high octan dll.... jadi bingung juga saya...
campuran oli+bensinnya brp banding brp ya? kalo lihat dari gambar kok seperti gak ada residu oli sama sekali
engine gasolin settingan richnya bukan dari needle tapi dari campuran oli + bensin, kalo richnya oli dibanyakin. contoh yg saya pake bensin + oli utk break in 1:30 untuk normal 1:40 jadi sejak awal kalo saya break in, needlenya dua2nya diseting optimal.
Last edited by flylow on 31 Oct 2013, 16:20, edited 2 times in total.
KBSantoso wrote:Kalo yang saya baca di spec nya, bahan bakarnya adalah regular unleaded gasoline (bensin tanpa timbal),..yang dimaksud ya pertamax (tanpa timbal) soalnya bensin premium kan belom bebas timbal. Pengalaman rekan2 di Marina juga pakainya Pertamax... Maaf kalo saya salah...
oom kalo di amrik dn negeri2 lain pergi ke pombensin biasanya ada unleaded sama high octane unleaded itu kalo di kita premium yg higher octane itu pertamax.
sebetulnya bukan karena leaded atau unleadednya aja tapi krn penggunaan istilah aja.
saya ada mesin os gasolin walau bukan heli, mau pake pertamax atau bensin biasa gak apa2
Ehe....saya bukan suhu...masih belajar koq...engine sama persis dengan engine .90, tinggal pasang aja di heli kelas 700/.90....modifnya dikit banget...kalo di heli saya lo...