Break-in gasoline engine, baru habis 1 galon udah batuk....

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
sprajarta
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 235
Joined: 17 Jul 2009, 08:24
Location: VMG 2 Bekasi - Yogyakarta

Re: Break-in gasoline engine, baru habis 1 galon udah batuk.

Post by sprajarta »

Om Hulmannapit, salam kenal om....
Apakah busi NGK di daerah om tinggal masih bisa didapatkan?
Saya kebetulan sudah cari2 kok tidak pernah ada yang jual ya???
Kebetulan busi itu sama dengan busi genset 300. Saya sdh cari2 di tukang genset juga sudah tidak ada yang punya.
Atau apakah om2 yang lain ada yang mengetahui dimana tempat yang masih jual busi NGK CM-6??
Terima kasih,
Salam....
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: Break-in gasoline engine, baru habis 1 galon udah batuk.

Post by flylow »

dulu saya cari2 dibilangin NGK CM-6 yg jual biasanya geleng2
akhirnya saya suruh coba bawa contoh yg buatan DLE
saya suruh bilang cari yg begini tapi merk NGK
akhirnya nemu di toko peralatan kebun
saya posisi di Palembang yg mana termasuk jauh dari peradaban
harusnya di kota besar lain lebih banyak yg jual
selamat mencari
User avatar
sprajarta
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 235
Joined: 17 Jul 2009, 08:24
Location: VMG 2 Bekasi - Yogyakarta

Re: Break-in gasoline engine, baru habis 1 galon udah batuk.

Post by sprajarta »

Terima kasih Om Flylow...
Di beberapa tempat saya sdh coba bawa contohnya....tapi tetap geleng2.... :mwk2
Mesti sabar nih...akan saya coba dan coba lagi...
Kalau sudah mentok, besok nitip ya om... :doa
User avatar
hulmannapit
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 715
Joined: 31 Dec 2009, 11:35
Location: Ambon&Bandung

Re: Break-in gasoline engine, baru habis 1 galon udah batuk.

Post by hulmannapit »

sprajarta wrote:Om Hulmannapit, salam kenal om....
Apakah busi NGK di daerah om tinggal masih bisa didapatkan?
Saya kebetulan sudah cari2 kok tidak pernah ada yang jual ya???
Kebetulan busi itu sama dengan busi genset 300. Saya sdh cari2 di tukang genset juga sudah tidak ada yang punya.
Atau apakah om2 yang lain ada yang mengetahui dimana tempat yang masih jual busi NGK CM-6??
Terima kasih,
Salam....

Salam kenal kembali Om,
Saya juga sampai sekarang belum dapat tuh busi ngk cm6...
Jadi pengen nitip juga sama suhu Flylow.. :hi3
User avatar
Syaiful Anshori
trainee
trainee
Posts: 24
Joined: 08 Dec 2015, 19:35

Re: Break-in gasoline engine, baru habis 1 galon udah batuk.

Post by Syaiful Anshori »

toto wrote:Kayanya sih kalau kondisi engine selama ini normal2 aja terus batuk2 umumnya ya apalagi kalau enggak busi nya yg udah uzur apalagi busi bawaan engine umur nya emang relatif pendek dan semakin pendek pada saat campuran olie nya masih dilebihin terus lama di idle ... jadi saran saya sih sebelum di utak atik lainnya ya bersabarlah menunggu kedatangannya

Mohon maaf kalau saran saya ini tidak tepat adanya apalagi membuat keinginan ngoprek jadi tertunda membuat badan me jadi tidak nyaman ..... :nw




Salam



eyang.. Salam dari blitar... :hi3
sekalian tanya eyang, perbandingan antara Pertamax dan Oli samping untuk engine DLE, yang bagus menggunakan perbandingan berapa ya eyang? Karena ada yg bilang.. 1L Pertamax : 35cc Oli. ada lagi 1l:30. Tepatnya berapa ya eyang..
mohon maaf eyang, jika newbi ini sangat merepotkan...


Salam..
User avatar
richard
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 307
Joined: 13 Aug 2008, 18:15
Location: Jakarta, Bali
Contact:

Re: Break-in gasoline engine, baru habis 1 galon udah batuk.

Post by richard »

@sprajarta,

Saya lagi di Medan, disini ada puluhan toko penjual alat2 perkebunan, saya biasa beli karburator Walbro di toko2 itu, murah, tidak sampai "cepekceng". Setelah senggang saya akan coba tanyakan.
5-6 tahun lalu saya pernah tanyakan ke distributor NGK di Medan, type itu tidak termasuk dalam daftar yang mereka impor.
Tapi siapa tahu sekarang sudah ada

Richard
User avatar
Janto_JAC
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 404
Joined: 02 Jul 2013, 19:38

Re: Break-in gasoline engine, baru habis 1 galon udah batuk.

Post by Janto_JAC »

hulmannapit wrote:Baru2 ini saya break-in engine gasolin 55 cc (twin), awalnya sih bagus engine mudah hidup dan idlenya stabil cukup rendah..
Masalah baru timbul setelah memasuki galon ke dua, mulai terasa ada gejala gak normal..
Engine seperti "out of tune" agak kasar dan kalau digas, agak batuk2... :crg
Saya curiga businya tapi belum bisa diganti karena spare lagi kosong...dan hal ini gak pernah terjadi sebelumnya dengan engine gasoline saya. :nw
Mohon arahan dari para suhu.....
Saya coba jawab sesuai jaman now, mungkin masih relevan dan masih ada penerbang yang mempunyai problem yang sama seperti diatas.

Kalau suaranya agak kasar, mungkin karena masalah lubrikasi, karena flash point/titik nyala oli lebih rendah dari temperatur maks kerja mesin, sehingga oli yang digunakan terbakar, pelumasan tidak sempurna, mengakibatkan panas.

Batuk-batuk mungkin karena mesin panas atau memang karena busi yang sudah bekerja tidak sempurna, tetapi kalau businya baru pada saat break in dan baru 1 galon, sepertinya busi masih berfungsi dengan sempurna.

Kalau boleh tahu oli yang dipakai merk-nya apa?

Bahan bakar yang dipakai apa? Pertamax atau Pertalite

Mix ratio sesuai manual adalah 30:1?

Semoga bisa membantu

Terima kasih
User avatar
Janto_JAC
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 404
Joined: 02 Jul 2013, 19:38

Re: Break-in gasoline engine, baru habis 1 galon udah batuk.

Post by Janto_JAC »

hulmannapit wrote:Waduh terimakasih untuk para suhu yang sudah memberikan arahan dan saran, maupun yang sekedar menyapa... mohon maaf saya agak terlambat respon berhubung sedang dalam perjalanan cukup jauh. Jadi gak bisa online.. :hi3
@Om Flylow, terimakasih tanggapannya.. rasanya sih settingnya udah OK karena sebelumnya (sampai habis fuel 1 galon) mesin tidak menunjukkan gejala aneh/ngadat bahkan dari pertama mulai bunyi. idle stabil, throttle dinaikin/diturunin gak ada gejala "lag".. Jadi kelihatannya memang busi (spark plug) yang bermasalah.
mungkin karena terlalu lama hidup dalam kondisi idle, jadi kondisi busi berkerak. Nah waktu saya buka dan saya semprot dengan carburator cleaner terus saya coba hidupkan lagi masih juga sama....langsung saya matikan. Dan langkah berikutnya : NGADU ke Gaero... :gg
@Suhaimi; Terimakasih Om...hehe kabar baik tentunya..kapan2 main ke Bandung yuk...
@Zaki; terimakasih Om, saya juga masih belajar kok.. belajar dari manual book enginenya dan tentunya dari suhu2 Gaero juga..
@Toto; terimakasih pakde suhu... iya tuh sekarang engine masih dibiarin. Dan memang belum bisa dioprek, lha enginenya di Garut sayanya di Ambon... :hi3
@Christoffel; iya suhu sementara emang dibiarin dulu... Nanti kalau ada kesempatan lagi setelah ganti busi baru dicoba lagi.
@Andri_Adr; betul kelihatannya karena idle dibiarin kelamaan (habisnya kesal ditungguin terus...) jadi businya berkerak deh
@Richard; iya Om saya baru sadar bahwa filternya emang cuman yg ada di dalam tangki doang (pake clunk model "stone" dari HK) mungkin nanti saya pasang lagi filter tambahan..
Engine ini saya beli dalam kondisi tanpa spark plug, jadi spark plug saya pake keluaran RCEXL... Nanti rencana kalau sudah dipasang di pesawat mau dipasang spark plug NGK yang infonya lebih bagus..
Tapi konon engine RCGF 50 twin ini lebih cocok untuk static show aja karena powernya agak lemot, sementara beratnya hampir 2 x engine single cilynder dengan kapasitas yg sama...

Apa benar ya.....?
Pengalaman saya, busi RCEXL Iridium ICM-6 buatan China, saya pakai dari baru sd sekarang (sudah 4 tahun), sudah lebih dari 300 kali terbang dengan posisi mesin inverted, busi masih berfungsi baik. Mesin saya DLE 55c dengan mix ratio 30:1, fuel Pertamax dan oli Motul 800 Line Road Racing gambar motor balap. Semoga bisa membantu, Terima kasih
Post Reply