Saya setuju dengan suhu pakde Toto, karena saya pernah mengalaminya di engine ASP 61. waktu di darat full throttle belum apa2 tapi setiap mau take off langsung "mbrebet" ternyata selang yg di nipple pada mufflernya ada sedikit bocor (belah dikit) jadi jika ada tekanan karena dorongan angin belahan kemasukan angin jadi fuel ke carbu gak maksimal... Coba cek aja selang2nya Om... mudah2an bisa berhasil
ikutan ya om untuk engine ASP jgan pernah membuka silinder head sebab resikonya 70% sesudahnya akan bocor kalo dari penuturannya ada kemungkinan setelan atas nya ( jarum besar ) terlalu menutup..coba pertama anda tutup penuh kemudian buka 1 setengah putaran..disarankan engine sudah ter pasang pada model ketika sudah bisa idle coba buka penuh dan posisikan model dalam kondisi vertikal ..jika kondisi rpm mengendur ..jika berani dan aman sambil posisi vertikal anda tutup per 2 klik sampai ketemu putaran rpm yg sempurna ( jangan memutar setelan bawah dulu biarkan sesuai setingan pabrik )
kalo memang belum bisa artinya ganti fuel yg lebih tinggi nitronya ( 15% )...pengalaman di sini ada beberapa engine ASP yg tidak mau sempurna dengan nitro rendah ( 5 % ) terutama disaat proses break in belum benar2 sempurna kemudian ulangi langkah spt di atas..
Engine setelah mengalami overhit biasanya businya rusak ..meski kasat mata masih berpijar
kalo masih belum bisa ..nanti saya info langkah selanjutnya
Punya sy AP hornet 0.15 lancar jaya dg 0% nitro 4 : 1, setingan top speed di 2 1/4 putaran Mmg pernah ngalamain seperti itu setelah di cek ada sumbatan di niple yg balik ke tangki
Kalo ga sengaja / iseng ngebuka head silinder sblm pasan di pakein dulu lem gasket biar ga bocor
@suhu toto dan suhu hulmannapit: sudah saya coba klem setiap sambungan ke nipple mengunakan cablel-tiess setelah di coba rpm atas sudah ngk mati2 lagi setelah high needel di setting 2 1/2 putaran. . . akan tetapi engine belum maximal di putaran atas. . .
@suhu Yagee dan om Arya m 1991 engine sudah pernah saya lepas cylinder head nya bertujuan untuk melepas 1 lembar ring gasket pada head tapi saya tidak memberi lem gasket pada saat pemasangan. . .apa karna itu compresi jadi bocor. . .akan saya bongkar lagi dan memberi lem gasket pada packing headnya. . .
Oo pantes aja jd ga di lem, jd bocor kompresinya Punya sy jg pernah di lepas ringnya, pas mw di pasang coba di lem, kompresi lbh padet skrg ok ok aja enginenya throt di hentak2 ga apa2 di full throt normal aja, mmg sedikit mberebet sedikit maklum pake fuel oplos, topspeed 2 1/4 putaran
Mas ernest .... Selamat ya akhirnya engine bisa beroperasi seperti apa yang diharapkan ... Tapi baca dari hasil analisis nya ada yg menarik khususnya bagi saya yang masih belajar dan untuk itu pengen tanya :
1. Engine katanya belum maksimal pada putaran atas, apa ya tolok ukur nya atau ciri2 nya agar saya juga ikut jadi tahu bahwa putaran atas sudah maksimal; dan
2. Gimana kira2 setting engine nya kalau dalam kondisi cylinder head bocor kompresinya tapi engine tidak mati pada kondisi engine idle dengan putaran rendah soalnya yang saya alami kalau engine bocor begitu idle engine mati mau nya setting throttle tinggi terus malah enggak mau tuh di hidupan
Kira2 gitu deh keinginan tahu saya untuk nambah pengetahuan tentang engine dan mohon maaf sebelumnya ya kalau ampe bikin repot mas ernest nih dan terima kasih ya atas sharingnya
@om arya iya om sudah saya lem tribon tadi di workshop. . .berhubung tadi lembur jadi mau di tes lagi besok.engine om arya apa. . . ASP juga kah
@suhu toto wah suhu toto trlalu merendah ini. . .suhu kan senior kalau masalah engine 1.pada saat bukaan penuh rpm engine masih tersa batuk. . .sudah saya kurangi high needel suara engine malah mengecil,seperti rpm makin menurun saya kurang tau berapa max rpm untuk asp 0.15.saya coba besarkan engine makin batuk dan dari venturi karbu banyak keluar bahan bakar.
2.saya hanya coba2 memutar jarum mixture kalau tidak salah 1/2 putaran,starter makin mudah dari sebelum di setting masih bawaan pabrik dan pada saat langsam suara mesin lebih halus dan rpm stabil.dan di coba pinch tes engine mati ekitar 5 detik apa itu masih setingan lean suhu pada jarum mixture
ernest wrote:@om arya iya om sudah saya lem tribon tadi di workshop. . .berhubung tadi lembur jadi mau di tes lagi besok.engine om arya apa. . . ASP juga kah
@suhu toto wah suhu toto trlalu merendah ini. . .suhu kan senior kalau masalah engine 1.pada saat bukaan penuh rpm engine masih tersa batuk. . .sudah saya kurangi high needel suara engine malah mengecil,seperti rpm makin menurun saya kurang tau berapa max rpm untuk asp 0.15.saya coba besarkan engine makin batuk dan dari venturi karbu banyak keluar bahan bakar.
2.saya hanya coba2 memutar jarum mixture kalau tidak salah 1/2 putaran,starter makin mudah dari sebelum di setting masih bawaan pabrik dan pada saat langsam suara mesin lebih halus dan rpm stabil.dan di coba pinch tes engine mati ekitar 5 detik apa itu masih setingan lean suhu pada jarum mixture
Engine sy Asp / AP hornet 0.15, head warna hitam, knalpot di belakang Bkn yg Asp 15 blue head / silver head
ernest wrote:@om arya iya om sudah saya lem tribon tadi di workshop. . .berhubung tadi lembur jadi mau di tes lagi besok.engine om arya apa. . . ASP juga kah
@suhu toto wah suhu toto trlalu merendah ini. . .suhu kan senior kalau masalah engine 1.pada saat bukaan penuh rpm engine masih tersa batuk. . .sudah saya kurangi high needel suara engine malah mengecil,seperti rpm makin menurun saya kurang tau berapa max rpm untuk asp 0.15.saya coba besarkan engine makin batuk dan dari venturi karbu banyak keluar bahan bakar.
2.saya hanya coba2 memutar jarum mixture kalau tidak salah 1/2 putaran,starter makin mudah dari sebelum di setting masih bawaan pabrik dan pada saat langsam suara mesin lebih halus dan rpm stabil.dan di coba pinch tes engine mati ekitar 5 detik apa itu masih setingan lean suhu pada jarum mixture
Engine sy Asp / AP hornet 0.15, head warna hitam, knalpot di belakang Bkn yg Asp 15 blue head / silver head
dari dimensi sepertinya lebih kecil yang asp hornet yah om,apa bisa minum nitro tuh engine om. . .cari di HS lokal ngk dapat tu engine. . .kmaren orer di HK kah om