korelasi kompresi dg rpm

Diskusi pesawat rc tenaga engine
Post Reply
User avatar
Irwan Bossanova
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 22 Jun 2013, 16:02

korelasi kompresi dg rpm

Post by Irwan Bossanova »

Para master.......semenjak moving ke engine......cukup byk penyesuaian dn kesulitan yg menjdi tantangan termsuk hrus belajar ilmu engine yg terasa mentah sekali. begini para master.
1. apkah apabila kompresi kurng otomatis rpm juga kurang?
2. apa aja penyebab rpm turun? gmn ngtasinya?
3. pengukur rpm semisal tachometer yg handal dan akurat merk apa dn dmn bs ddapt?
Maaf klo pertanyaanya agak bnyak> mkash
User avatar
nomind
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 478
Joined: 04 Nov 2009, 12:25
Location: malang
Contact:

Re: korelasi kompresi dg rpm

Post by nomind »

ini yg dimaksudkan glow enjin yah.
secara glow enjin menggunakan kombinasi pemanasan dari glow plug dan kompresi. maka kalau kompresi turun, bakal lebih sulit nyala atau malah ga nyala sama sekali..
User avatar
Irwan Bossanova
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 22 Jun 2013, 16:02

Re: korelasi kompresi dg rpm

Post by Irwan Bossanova »

Bukan mas nomind mesin gasoline. Sy mau tahu korelasi antara kompresi dg rpm, apakh klo kompresi turun otomatis rpm turun. Dn apkh klo rpm sdh tdk mencpai rpm yg drekomendasi pabrik misal tuk jenis engine tertentu dg propeler tertentu tercatat rpm 8000 ternyata tdk mncpai jlh tsb, bs dikatakan kompresi turun skligus plane tdk disarankan tuk flight. Mkash!!!!
User avatar
nomind
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 478
Joined: 04 Nov 2009, 12:25
Location: malang
Contact:

Re: korelasi kompresi dg rpm

Post by nomind »

kalo gasser saya mundur teratur deh, ga ada pengalaman di gasser..
mungkin bisa sedikit membantu, di DIY steam engine saya, RPM bisa dapat tinggi saat saya bikin boiler yang bisa menghasilkan kompresi yang tinggi.
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: korelasi kompresi dg rpm

Post by flylow »

1. power untuk menggerakan propeller didapet dari kompresi
kalo kompresi kurang walhasil rpm juga turun
2. banyak faktor, setingan, pitch propeller, ketinggian dimana engine itu berada (kadar oksigen)
3. yg murmer produk HK jg bagus

om irwan jgn terlalu pusing dan terlalu banyak kekhawatiran dan sampai harus tahu detil semuanya
simply tune your engine, fly it and enjoy it
User avatar
Irwan Bossanova
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 22 Jun 2013, 16:02

Re: korelasi kompresi dg rpm

Post by Irwan Bossanova »

iya om......mksh. sy terkadang nanya bgitu om........krn dikabupaten saya baru sy sendiri yg main blom ada komunitas, jd klo ada problem tdk ada tempat sharing kecuali hrus berjuang sendiri dg segala dukanya....he...he....! makanya forum ini mnjadi curhat saya dlm kesendirian....! mhn dimaklum ya om>>>>>>>>
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: korelasi kompresi dg rpm

Post by Faridfadlan »

Semakin tinggi kompresi maka bahan bakar akan terbakar lebih cepat, RPM tinggi membutuhkan kecepatan pembakaran, Kompresi yang tinggi membutuhkan bahan bakar ber octane tinggi seperti pertamak 93 atau 95, kalau tidak akan terjadi detonasi, premium dengan octane 88 hanya mampu menahan kompresi sampai 1:9 RPM max sekitar 8000, octane 95 mampu menahan kompresi sampai 1:15 RPM bisa sampai 15000, maaf kalau tidak sesuai yang diinginkan.
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: korelasi kompresi dg rpm

Post by Faridfadlan »

Irwan Bossanova wrote:Para master.......semenjak moving ke engine......cukup byk penyesuaian dn kesulitan yg menjdi tantangan termsuk hrus belajar ilmu engine yg terasa mentah sekali. begini para master.
1. apkah apabila kompresi kurng otomatis rpm juga kurang?
2. apa aja penyebab rpm turun? gmn ngtasinya?
3. pengukur rpm semisal tachometer yg handal dan akurat merk apa dn dmn bs ddapt?
Maaf klo pertanyaanya agak bnyak> mkash


1. apkah apabila kompresi kurng otomatis rpm juga kurang?
Kalau kompresi berkurang artinya Piston mulai OBLAK maka ledakan bahan bakar tidak tersalurkan secara maksimal maka otomatis RPM pasti berkurang seiring dengan berkurangnya power dari Engine.

2. apa aja penyebab rpm turun? gmn ngtasinya?
Penyebab RPM turun
- Setting karburator yang tidak pas, setting needle High.
- Terlalu banyak olie untuk engine 2 tak, Olie : BBM 1: 40.
- Octane BBM rendah. ganti dengan octane lebih tinggi.
User avatar
Irwan Bossanova
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 22 Jun 2013, 16:02

Re: korelasi kompresi dg rpm

Post by Irwan Bossanova »

mkasih om farid atas pencerahannya
Post Reply