DIY Paratrike/parabuggy
Moderators: wa2n, christoffel
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy
om toto dan rekan2 yg lain, saya tunggu partisipasinya ...
terutama yg sudah punya mesin nya ...
hehehe ...
terutama yg sudah punya mesin nya ...
hehehe ...
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy


penampakan versi 3b (roda aluminium kecil + disc brake).
berat total siap terbang w/o fuel : 20kg (diet 12kg)
yg versi 3a (masih pake roda lama) berat total w/o fuel : 22kg
- endycute
- Staff Sergeant
- Posts: 214
- Joined: 26 Jun 2012, 21:41
- Location: Balikpapan-KalTim
- Contact:
Re: DIY Paratrike/parabuggy


- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy

ini saat sudah siap terbang.
- didin
- Major
- Posts: 1793
- Joined: 27 Aug 2008, 11:01
- Location: Pekanbaru
Re: DIY Paratrike/parabuggy
christoffel wrote:
yg tanya banyak sekali, yg paling sering ditanya :
"ini pakai mesin apa?"
jawaban saya selalu
"Mesin Aeromodelling"
![]()
![]()
![]()
yg sempat lihat siaran langsung di tv hari sabtu kemarin pasti kelihatanterbang formasinya. bagus banget deh ...
paratrike saya juga di wawancara profile oleh majalah angkasa, nggak tau kapan dimuatnya ...
pokoknya aeromodelling nggak kalah sama mesin lainnya ... hehehe ... murah meriah, minimalis realistis ...
This is my Life .. Flying for my Indonesia ...
Om Christ...
Carbu dan cdi unit apakah standard bawaan engine?
Starter bila eng mati di udara pakai cara apa?
Catatan terbang paling lama berapa menit?
Terima kasih Om Christ,
salam
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy
didin wrote:Om Christ...
Carbu dan cdi unit apakah standard bawaan engine?
Starter bila eng mati di udara pakai cara apa?
Catatan terbang paling lama berapa menit?
Terima kasih Om Christ,
salam
iya om, semua standart. supaya yg mau ikutan bikin nggak susah.
starter juga sama, jadi kalau mati di atas ya sudah, nggak bisa di nyalain lagi, mendarat saja ...
saya masih coba cari cara untuk pasang starter electric tapi belum dapat system yg bagus. yg standart terlalu berat ...
saya sudah 3x mengalami mati mesin diatas (baut knalpot lepas 1x, yg lainnya prop pecah diatas 2x, satu kayu dari cekoz satunya carbon dari china), dan ke tiga nya diatas laut (tapi nggak terlalu jauh dari pantai). alhamdulilah oke2 saja, masih bisa melayang ke pinggir pantai untuk mendarat.
untuk versi 1 dan 2 saya pake fueltank dari SDShobby yg 3 liter diparalel 2 buah, jadi total 6 liter, efektif nya 5 liter. bisa terbang hampir 1 jam.
yg ini versi 3 saya pake fueltank punya paramotor yg 12 liter, jadi bisa terbang 2 jam lebih, tapi dalam kenyataan nya saya terbang paling lama cuman 1 jam saja (itu pun karena terbang sama teman, jadi nggak merasa sendirian ... ) soalnya bosan juga kalau terbang lama2 sendirian. lintas selat madura cuman perlu 45 menit, tambah putar2 jadi sekitar 1 jam.
- topankaltim
- Senior Master Sergeant
- Posts: 672
- Joined: 20 Mar 2011, 18:47
- Location: Yogyakarta, Jakarta
Re: DIY Paratrike/parabuggy

Halo Om Christo, mohon ijin nanya ya....itu engine saya perhatikan dari 2 foto atas dan bawah posisi muffler/knalpot dipindah pindah menghadapnya (juga diganti kah?),ada maksud tertentu kah? kelihatannya posisi carbu juga ikut pindah posisi..
terima kasih
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy
iya om topan,
karbu juga ikut pindah posisi ...
standart nya menghadap ke bawah, yg biasa saya pakai terbang sampai sekarang juga yg begini.
yg atas itu menghadap keatas karena saya lagi coba knalpot buatan sendiri. posisi ini tidak dianjurkan pabrik, tapi dari experimen saya malah lebih bagus. selain itu saya butuh tempat dibawah mesin agak lapang karena disitu ada fueltank nya, jadi bisa pake fueltank yg lebih besar.
knalpot memang perlu di modif ulang karena suaranya terlalu bising, kalau lagi terbang saya nggak bisa komunikasi dengan rekan2 pake HT karena suara knalpot nya terlalu keras. Jadi saya desain ulang supaya suara lebih pelan tapi kalau bisa power mesin nya nambah. istilah nya di buatin tunedpipe lah, tapi dengan bentuk yg disesuaikan frame saya, jadinya mlungker2 gitu ...
kalau beli tuned pipe jadi kan cuman lurus panjang aja, nggak masuk di frame saya ...
karbu juga ikut pindah posisi ...
standart nya menghadap ke bawah, yg biasa saya pakai terbang sampai sekarang juga yg begini.
yg atas itu menghadap keatas karena saya lagi coba knalpot buatan sendiri. posisi ini tidak dianjurkan pabrik, tapi dari experimen saya malah lebih bagus. selain itu saya butuh tempat dibawah mesin agak lapang karena disitu ada fueltank nya, jadi bisa pake fueltank yg lebih besar.
knalpot memang perlu di modif ulang karena suaranya terlalu bising, kalau lagi terbang saya nggak bisa komunikasi dengan rekan2 pake HT karena suara knalpot nya terlalu keras. Jadi saya desain ulang supaya suara lebih pelan tapi kalau bisa power mesin nya nambah. istilah nya di buatin tunedpipe lah, tapi dengan bentuk yg disesuaikan frame saya, jadinya mlungker2 gitu ...
kalau beli tuned pipe jadi kan cuman lurus panjang aja, nggak masuk di frame saya ...
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy
hari ini rencana maiden CHR paramotor (versi gendong) nggak bisa dilaksanakan karena faktor cuaca yg tidak mendukung.
jadi hanya ground test dan simulasi gantung saja.

jadi hanya ground test dan simulasi gantung saja.

- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy

new training pilot prepare for maiden flight and test yg akhirnya dibatalkan karena cuaca ...