test discharge dengan 0.1A berlangsung...waktu menunjukkan 16 menit dan sisa tegangan menunjukkan 7.74V. seandainya lipo ini rusak, biasanya langsung drop menjadi 6V. saat ini proses pengosongan arus masih terus berlangsung. jadi sepertinya masih lumayan sehat ini lipo....
waktu yg dibutuhkan 87:31 dari 7.4V ke 6V dengan beban 0.1A
lipo sdh rusak?
Moderator: unding
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: lipo sdh rusak?
Pak coba test dg arus gede, misal pake motor langsung full throttle, saat full throttle tegangan drop sampe berapa?, itu yg harus jadi perhatian,
Kalo discharge pake arus kecil gak keliatan "cacat"nya (drop tegangan saat full load)
Kalo discharge pake arus kecil gak keliatan "cacat"nya (drop tegangan saat full load)
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: lipo sdh rusak?
ini batt aslinya berapa cell dan berapa mAH ?
lha itu dari 7.4 ke 6 butuh 1.5 jam pada 0.1A
kalau batt nya 2 cell berarti kapasitas nya cuman sekitar 250mAH om.
lha itu dari 7.4 ke 6 butuh 1.5 jam pada 0.1A
kalau batt nya 2 cell berarti kapasitas nya cuman sekitar 250mAH om.
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: lipo sdh rusak?
Walah...udah 3x nulis mental terus, ini gaero ato three.
- tegosuwarto
- Staff Sergeant
- Posts: 288
- Joined: 05 Sep 2011, 23:38
- Location: Jl.Muria 125 Kecila3/1,Kemranjen Banyumas, Indonesia 53194
- Contact:
Re: lipo sdh rusak?
christoffel wrote:kita tunggu hasilnya om anelah ...
untuk rekan2 gragerian yg mungkin belum tahu,
sekedar tahu saja, biar nggak salah kaprah ...
karena saya menangkap kesan dari postingan rekan2 di atas, seolah olah ada hal yg tidak dapat dilakukan charger digital dan pada charger manual malah bisa.
charger digital, sudah pasti lebih baik daripada charger biasa.
karena pada dasarnya charger digital ini adalah charger biasa juga, cuman di beri controller digital.
fungsi dari controller digital ini adalah untuk memantau proses charging/discharging agar tetap sesuai drngan batasan2 yg benar/baik. dengan begini, kita tidak perlu lagi memantau secara manual terus menerus proses charging yg mungkin bakal menghabiskan waktu beberapa jam.
seperti normal nya alat yg baik, maka setting-an nya juga lebih banyak. coba bandingkan instrumen pada pesawat capung dengan pesawat F16.
kalau ada yg gagal menggunakan charger digital untuk men-charge batt lipo di atas, ini artinya belum memahami benar cara kerja charger dan setting nya. ada baiknya jika bisa di pelajari lagi cara kerja dan aturan2 charging untuk tiap2 jenis batt.
dalam kasus om anelah, charger mendeteksi tegangan batt sudah dibawah 3V per cell nya.
si charger tidak berburuk sangka bahwa kita mau nge-charge batt yg rusak (tegangan cell lipo dibawah 3V berarti batt rusak).
jadi disimpulkan oleh si charger bahwa kemungkinan besar ini bukan batt yg benar seperti yg di setting. karena itu muncul pesan error, yg tujuan nya mengingatkan kita agar tidak keliru ... coba bayangkan seandainya kita memasang batt lipo 2 cell dan men-start charging dengan setting-an 3 cell, dan si charger mau aja tanpa memperingatkan ...
nb: istilah charger digital dan charger biasa ini sebenarnya kurang tepat, tapi kelihatan nya ini lebih mudah di terima, jadi agar keterangan saya bisa lebih mudah di baca terpaksa saya gunakan saja istilah ini.
SETUJU,...

- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: lipo sdh rusak?
Setelah discharge lalu charge full. Test dng 60% throttle selama kira2 6 menit sampai terasa daya dorong dari propeler agak kurang tapi lipo alarm kok belum bunyi. Tapi ini lipoalarm cap kampak mungkin aja sdh tdk akurat. Diukur tegangan masih 3.7v/cell. Di charge lagi sampe full... ketiduran. Bangun pagi langsung lari lihat apakah lipo sudah njeblugh (sdh dimasukkan kaleng) rupanya pak slamet sdh duluan ada disana. Apakah masih sehat liponya? Sepertinya iya...
-
- Posts: 1
- Joined: 23 May 2014, 03:15
Re: lipo sdh rusak?
christoffel wrote:pake charger digital juga nggak apa2 ...
pilih mode NiCd atau NiMh seperti saran om dino diatas.
arusnya samakan saja dengan batt nya, misal batt nya 1000mAh maka arus charge nya boleh di set 1000mA.
tunggu batt nya ngisi sampai kira2 3.6V per cell, jadi kalau batt nya 3S bisa di tunggu sampai tertera tegangan nya 10.8V
setelah ini baru chrager di stop, dan ganti mode lipo normal seperti biasanya.
batt kemungkinan bisa selamat, tapi jangan mengharapkan kembali 100%, biasanya capasitas nya bakal turun banyak, tapi yg penting kan masih bisa dipakai lagi ... mungkin buat fuel pump atau starter atau lain2 nya.
Maaf om chris ikut nimbrung, kalo batre saya salah satu cel nya yang di bawah 3v dan yg lain nya normal apa jg msh bisa di terapkan cara seperti ini? Batre saya 3s turnigy 2200mAh
- tegosuwarto
- Staff Sergeant
- Posts: 288
- Joined: 05 Sep 2011, 23:38
- Location: Jl.Muria 125 Kecila3/1,Kemranjen Banyumas, Indonesia 53194
- Contact:
Re: lipo sdh rusak?
christoffel wrote:kita tunggu hasilnya om anelah ...
untuk rekan2 gragerian yg mungkin belum tahu,
sekedar tahu saja, biar nggak salah kaprah ...
karena saya menangkap kesan dari postingan rekan2 di atas, seolah olah ada hal yg tidak dapat dilakukan charger digital dan pada charger manual malah bisa.
charger digital, sudah pasti lebih baik daripada charger biasa.
karena pada dasarnya charger digital ini adalah charger biasa juga, cuman di beri controller digital.
fungsi dari controller digital ini adalah untuk memantau proses charging/discharging agar tetap sesuai drngan batasan2 yg benar/baik. dengan begini, kita tidak perlu lagi memantau secara manual terus menerus proses charging yg mungkin bakal menghabiskan waktu beberapa jam.
seperti normal nya alat yg baik, maka setting-an nya juga lebih banyak. coba bandingkan instrumen pada pesawat capung dengan pesawat F16.
kalau ada yg gagal menggunakan charger digital untuk men-charge batt lipo di atas, ini artinya belum memahami benar cara kerja charger dan setting nya. ada baiknya jika bisa di pelajari lagi cara kerja dan aturan2 charging untuk tiap2 jenis batt.
dalam kasus om anelah, charger mendeteksi tegangan batt sudah dibawah 3V per cell nya.
si charger tidak berburuk sangka bahwa kita mau nge-charge batt yg rusak (tegangan cell lipo dibawah 3V berarti batt rusak).
jadi disimpulkan oleh si charger bahwa kemungkinan besar ini bukan batt yg benar seperti yg di setting. karena itu muncul pesan error, yg tujuan nya mengingatkan kita agar tidak keliru ... coba bayangkan seandainya kita memasang batt lipo 2 cell dan men-start charging dengan setting-an 3 cell, dan si charger mau aja tanpa memperingatkan ...
nb: istilah charger digital dan charger biasa ini sebenarnya kurang tepat, tapi kelihatan nya ini lebih mudah di terima, jadi agar keterangan saya bisa lebih mudah di baca terpaksa saya gunakan saja istilah ini.


