Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Post Reply
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

pak Teguhes (moga 2 enggak sedingin es he hehe), tolong avatarnya diisi dg foto diri, agar bisa saling kenal dan enak diskusinya , terima kasih

Admin.
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

Franky wrote:Bos Sinto, bedanya AVCS aktif dan tidak aktif pada saat terbang tuh dimana ya?
trus kalau TREX pake GY 401 dan servo digital, gua coba set GYRO Sens 0%, 25%, 50% dst koq kayanya ga ada efek ya?
kabel aux-2 tersambung... atau lebih baik Gyro sense di set 0% baik di mode-1 maupun di mode-2?
kan menu GYRO di X2 ada 3 (INH, Auto dan Rudder D/R), enaknya di set spt apa bos?
mohon pencerahannya nih...

rpramusinto wrote:Tambahan sedikit mas budi..

untuk menonaktifkan AVCS on/OFF pada bbrp gyro sedikit berbeda.. kalau pada FUTABA GY 240 ada dip switch kecil pada casing gyro yg mana memiliki posisi on/off. kita tinggal pilih saja mode yg kita mau.
Tetapi pada gyro yg memiliki remote gain (setting gain pada TX) AVCS mode dapat dipilih dgn cara sbb:
1. pada menu gyro sensitivity di TX apa bila nilainya 0% s/d 49% gyro pada posisi NORMAL MODE AVCS OFF.

2. nilai 50% Posisi Gyro off / bypass (pada mode ini kita melakukan setting rudder pitch yg diterangkan mas budi diatas)

3. nilai 51% s/d 100% gyro pada posisi AVCS (heading lock).

PS : AVCS = Angular Vector control system / Heading Lock 8-[



Om Franky.. Sori baru ngebaca postingan nya ni..
Mode AVCS dgn Non-AVCS beda pada saat terbang, kalo AVCS kemana pun arah heli terbang (contoh Kesamping) maka si gyro akan tetap berusaha mempertahankan arah heading heli. jadi terbang nya seperti bisa ngesot gitu deh. hehehe.. kalo non- AVCS, pada saat kita terbang nyamping lama kelamaan si buntut akan searah dgn arah head. kurang lebih si gitu.. jadi kalo mau heli bisa terbang "lari2 anjing" alias ngesot kesamping dgn heading yg ttp. harus pake AVCS. sebaliknya. kalo mau heading heli selalu searah dgn arah terbang, maka matikan AVCS. demikian kira2 om. tambahan dikit. mode AVCS sebaiknya ttp saja digunakan. lha wong kita mahal2 beli gyro kan buat nge-lok tail heheheh lagian lebih tahan terhaadap crosswind dgn mode ini.

trus kalau TREX pake GY 401 dan servo digital, gua coba set GYRO Sens 0%, 25%, 50% dst koq kayanya ga ada efek ya?

pak, seharusnya ada efek donk.. kecuali anda salah colok gyro gain nya. biasanya di AUX 2 pada JR 9ch. gyro gain apa bila untuk trex 450 bisa di set sekitar 80-85%. lebih dari itu biasanya wagging om, terutama pada saat idle up.

kan menu GYRO di X2 ada 3 (INH, Auto dan Rudder D/R), enaknya di set spt apa bos?

Kalo saya si recomended di set AUTO aja pak, jadi pada saat kita mengganti flight mode si gyro sens juga dapat ikut berubah tergantung posisi switch. soalnya optimalisasi gyro bergantung pada head speed juga. makin kenceng head speed biasanya gain nya maunya di kecilin dikit.

Mudah2an gak njlimet ya, agak susah pake ketikan.. harus di praktekin langsung aja om, ntar kalo kita ketemu deh. hehehe salam \:D/
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Teguhes wrote:Ok pak LURAH Budiman , terimakasih banget atas infonya.....mudah2 lebih beruntung ya pak .kan udah dilatih oleh suhu2 kan pak , oh ya pak tanya lagi nich, setelah saya lihat dan ukur teryata perbandingan RPM Main blade dan tail rotor sama terus ya pak ( pakai alat RPM meter ) walaupun trotle o% s/d max. jadi apa betul yang mengatur stabil heli gerakan servo yang menentukan angle picht di tail blade

Saya agak bingung dg penjelasan pak teguh, apakah yang dimaksud fungsi idle-up yang mempuat konstan RPM sedangkan pitch sebagai control untuk menaikkan dan menurunkan heli... tapi kok yang membuat heli stabil adalah di tail blade #-o #-o #-o

Teguhes wrote:... yang dimaksud gyro "ngelock apa ya pak" sorry kalau terlalu culon pertanyaan ini he he he

ngelock itu heli seperti terkunci arahnya, jadi kalau posisi menghadap ke suatu arah, dia tidak goleng2 kekiri dan kekanan
User avatar
sevenslidegrills
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 372
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Post by sevenslidegrills »

Teguhes wrote:Ok pak LURAH Budiman , terimakasih banget atas infonya.....mudah2 lebih beruntung ya pak .kan udah dilatih oleh suhu2 kan pak , oh ya pak tanya lagi nich, setelah saya lihat dan ukur teryata perbandingan RPM Main blade dan tail rotor sama terus ya pak ( pakai alat RPM meter ) walaupun trotle o% s/d max. jadi apa betul yang mengatur stabil heli gerakan servo yang menentukan angle picht di tail blade


Pak seharusnya putaran tail rotor lebih banyak dari mainrotor. Coba bapak putar main rotor 1 putaran, pasti tail rotor akan berputar lebih banyak dari mainrtor. Klo yg di maksud kestabilan heli untuk gerakan tail, memang tail pitch sedikit mempengaruhi. Tapi selain itu torsi yg dihasilkan tailblade juga harus cukup untuk mengimbangi torsi mainblade. Selain itu juga setting gyro dan rudder juga harus bagus seperti yg sdh dijelaskan di posting23 sebelumnya.
Mungkin itu yg bisa saya tambahkan klo memang yg dimaksud ada kestabilan rudder.
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 127
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

om syafik, aku coba translate maksud om TEGUHES ya...
sepertinya pak teguh sempat terpikir bahwa dikiranya putaran tail blade itu ratio perputaranya terhadap mainblade bisa berganti2. sperti pada heli yg menggunkan tail motor, yg mana heli dikunci oleh RPM tail rotor, dia baru "ngeh" kalo yg ngunci itu ternyata PITCH nya tail blade. bukannya putaran tail motor yg berubah.. kira2 begitu kali pak.. maaf kalo salah ngartiin kalimat beliau..
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Teguhes wrote:Ok pak LURAH Budiman , terimakasih banget atas infonya.....mudah2 lebih beruntung ya pak .kan udah dilatih oleh suhu2 kan pak , oh ya pak tanya lagi nich, setelah saya lihat dan ukur teryata perbandingan RPM Main blade dan tail rotor sama terus ya pak ( pakai alat RPM meter ) walaupun trotle o% s/d max. jadi apa betul yang mengatur stabil heli gerakan servo yang menentukan angle picht di tail blade ( sy ngerti pitch dari p syafik) dan yang dimaksud gyro "ngelock apa ya pak" sorry kalau terlalu culon pertanyaan ini he he he

Untuk Pak Syafik terimakasih juga pak

salam
TES


Pak Teguhes,

RPM pada main rotor(main blade) dgn RPM pada tail rotor(tail blade) adalah tidak sama..Anda bisa coba dgn putar pelan2 main rotor..dan Anda perhatikan tail rotor pd saat yg bersamaan...pasti beda,Pak.. O:) ...
Yang dimaksud stabil ini pada tail ya,Pak?...ato pada kontrol heli keseluruhan?...nah di sini yg saya agak kurang jelas..

Kalo yg dimaksud pada tail system.. bahasa gaulnya "ngelock"...artinya heli menghadap ke arah manapun..dijungkir balikkan sedemikian hingga....tail boom harus tetap lurus,tidak mengayun ke arah manapun,saat tanpa kita berikan input control ke rudder... O:
Gyro bertugas untuk melalukan koreksi pada tail rotor dengan cara memberikan command kepada tail servo utk secara mekanikal membentuk pitch(angle of attack) pd tail blade...dan Gyro melakukan tugasnya secara otomatis,tanpa adanya input control dr pilot...jadi seperti gangguan angin ke tail boom ato hentakan torsi dr main blade,akan mengaktifkan Gyro secara otomatis...sehingga tail heli akan tetap lurus..kemanapun heli terbang..
Begitu kira2,Pak...semoga bisa memberikan gambaran..dan jangan lupa pasang photo ya,Pak...

salam,

Budi
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 14
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

Ok para suhu trimakasih mau ngasih penjelasannya, mas Sinto benar ,klau tail blade pakai motor kan putaran tidak sama ......maksud saya perbandingan putaran pak selalu sama ( benar ngak ya.....) untuk foto nanti masih di buat he he he, boleh tanya lagi kan pak.....gini aja pak kemarin siang karena susah cari linkageball dan dana CUPET saya coba pakai resin bikin mirip hasilnya putaran penuh tidak rontok tapi heli saya ikat di meja jadi tidak lari kemana2....apa bisa 6Chanel saya disablekan 2chanel maksud saya biar bisa Hover aja seperti heli 4 hanel gitu lho

Klau memang tidak bisa di tolong terpaksa dimusiumkan,,,,dan gumpulin lagi untuk Trex tapi kapan kesampaian.....kalau naik Heli enak teryata nerbangin heliR/C suasah ya pak

Salam

TES
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Teguhes wrote:.....kalau naik Heli enak teryata nerbangin heliR/C suasah ya pak


Pilotnya yang nerbangin heli juga belajarnya sulit pak... kalau cuman naik aja sih gampang tinggal duduk enak.... :D
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Teguhes wrote:Ok para suhu trimakasih mau ngasih penjelasannya, mas Sinto benar ,klau tail blade pakai motor kan putaran tidak sama ......maksud saya perbandingan putaran pak selalu sama ( benar ngak ya.....) untuk foto nanti masih di buat he he he, boleh tanya lagi kan pak.....gini aja pak kemarin siang karena susah cari linkageball dan dana CUPET saya coba pakai resin bikin mirip hasilnya putaran penuh tidak rontok tapi heli saya ikat di meja jadi tidak lari kemana2....apa bisa 6Chanel saya disablekan 2chanel maksud saya biar bisa Hover aja seperti heli 4 hanel gitu lho

Klau memang tidak bisa di tolong terpaksa dimusiumkan,,,,dan gumpulin lagi untuk Trex tapi kapan kesampaian.....kalau naik Heli enak teryata nerbangin heliR/C suasah ya pak

Salam

TES



Pak..yg mau disable channel yg mana?...kalo salah satu ato dua channel Anda disable...saya ga bisa bayangkan gimana gaya terbangnya heli ntar... #-o ..jangan..bahaya... [-X

Begini,Pak...coba dibuka web site ini www.trextuning.com
Disini akan dijelaskan bagaimana fungsi dr sebuah heli model..merangkai..setting up..safety precaution,dsb...
Oh ya..naik helicopter ga enak,Pak...sama seperti naik bajaj,tanpa asap knalpot...

salam,

Budi
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 14
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

Selamat malam para suhu....heli kemarin saya coba heli JADUL saya , teryata tailnya malah muter2 dan udah tidak kuat lagi bergerak ke atas....atau munking battery udah soak....kalau di ganti Lipo apa yang perlu di ganti soket nya atau ada komponen yang perlu diganti pak


Terimakasih
Salam
TES
Post Reply