Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Moderators: Budiman, e12ry, Yudha
Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
- andy0208
- trainee
- Posts: 22
- Joined: 01 Jan 2008, 19:21
- Location: aichi
- Contact:
- Franky
- Airman
- Posts: 28
- Joined: 13 Mar 2007, 11:13
- Location: Jakarta
- Contact:
- Teguhes
- trainee
- Posts: 14
- Joined: 16 Jan 2008, 16:44
- Rony
- Posts: 1
- Joined: 04 Mar 2008, 12:14
- Location: Samarinda
- Contact:
- Teguhes
- trainee
- Posts: 14
- Joined: 16 Jan 2008, 16:44
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
Halo pak teguh... motor brush dan brushless beda pak, dari segi berat lbh berat brush, dari segi torsi masih kuat brushless, dari segi kekuatan masih kuat brushless... jadi banyak bedanya tapi harganya jauh lbh mahal brushless... sedangkan untuk batterynya idealnya kalau motor brushless pake lipo
Coba dibedakan pak dg ganti brushless akan sangat terasa sekali...
Coba dibedakan pak dg ganti brushless akan sangat terasa sekali...
- Teguhes
- trainee
- Posts: 14
- Joined: 16 Jan 2008, 16:44
Selamat Sore Pak Budiman dan para senior .......
Untuk Pak Budi apa masih sisa2 walkera 36 pak.... kalau masih bisa kah saya 'lelesin' ya saya manfaatkan....soalny kayaknya ada harapan walkera jadul saya bisa terbang.....biarpun harus hati2 sekali....nanti kalau udah bisa lumayan ngapung saya abadikan he he he
Maaf para senior menggangu aktifitasnya untuk memberikan pendapat
Terimakasih
Salam
TES
Untuk Pak Budi apa masih sisa2 walkera 36 pak.... kalau masih bisa kah saya 'lelesin' ya saya manfaatkan....soalny kayaknya ada harapan walkera jadul saya bisa terbang.....biarpun harus hati2 sekali....nanti kalau udah bisa lumayan ngapung saya abadikan he he he
Maaf para senior menggangu aktifitasnya untuk memberikan pendapat
Terimakasih
Salam
TES
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Teguhes wrote:Selamat Sore Pak Budiman dan para senior .......
Untuk Pak Budi apa masih sisa2 walkera 36 pak.... kalau masih bisa kah saya 'lelesin' ya saya manfaatkan....soalny kayaknya ada harapan walkera jadul saya bisa terbang.....biarpun harus hati2 sekali....nanti kalau udah bisa lumayan ngapung saya abadikan he he he
Maaf para senior menggangu aktifitasnya untuk memberikan pendapat
Terimakasih
Salam
TES
Alo Pak Teguh,
mohon maaf..saya baru buka forum hari ini...hehehe...kira2 apanya yg mau di lelesin dr walkera saya ya,Pak...?mungkin Pak Teguh bisa bisa memberikan gambaran kepada saya...terus terang saja ..helinya sudah saya protoliabis2an karena saking frustasinya saya
](./images/smilies/eusa_wall.gif)

Oh ya,sekedar menambahkan soal motor brushless dan brushed...kalo secara umum.. electric motor ini memiliki daya putar karena terjadinya permainan medan magnet di dalam tiap kumparan kawatnya...secara basic begini,Pak...arus yg melewati kawat ato kumparan akan menimbulkan induksi pada sekeliling kawat tadi...medan magnet berputar kalo tidak salah..berlawanan arah jarum jam(counter clockwise)...
Fenomena medan magnet inilah yg menyebabkan motor berputar...krn terjadi pertemuan kutub2 yg sama pada periode putaran terntentu sehingga menimbulkan daya tolak menolak kedua kutub tsb..dan terjadi pertemuan kutub2 yg berbeda sehingga menghasilkan daya tarik2 menarik...
Btw, itu tadi sekedar pengenalan soal electric motor secara dasar saja..
Kemudian dalam perkembangannya motor electric terbagi menjadi berbagai jenis...yg terus terang saya sendiri juga tidak hapal,Pak...hehehe....

Diantaranya adalah brushless motor dan brushed motor....dari segi torque dan speed sebenarnya kedua jenis ini boleh diadu...tergantung dr berbagai pertimbangan yg akan dilibatkan utk menentukan jenis mana yg akan dipake...
Salah satu pertimbangannya adalah maintenance cost ...

Untuk brushless motor dari segi maintenance cost jelas lebih murah daripada brushed motor, karena perputaran brushless motor memanfaatkan beda medan magnet yg ditimbulkan secara simultan oleh 3 kumparan(gulungan kawat) pada stator pada motor...inilah kenapa kita sebut 3 phase...
kemudian kumparan yg berputar yg kita namakan rotor berupa gulungan kawat jg yg nantinya akan menjadi magnet setelah terimbas ato terinduksi medan magnet yg dihasilkan oleh kumparan stator tadi...perputaran motor terjadi karena medan magnet yg ditimbulkan oleh stator dan medan magnet yg terjadi pada rotor masing2 memiliki kutub2 ato pole2 yg berbeda....contoh gampangnya..kalo sampean pny magnet dgn kutub Selatan lalu sampean deketin ke ujung magnet lain yg berkutub Utara...pasti akan terjadi tarik-menarik..terus kalo sampean deketin dua magnet dgn kutub yg sama,maka akan terjadi tolak-menolak....Nah,begitulah sebenarnya yg terjadi pada motor listrik,Pak

Tapi ada sedikit perbedaan pada motor brushless heli..bagian rotornya yg menyatu dengan shaft adalah magnet permanen...mungkin untuk mengurangi berat motor aja..soalnya kalo pake gulungan kawat jg..kuatirnya heli kita malah ga bisa terbang ntar..krn keberatan motor..hehehhe
Jadi praktis tidak ada gesekan secara physical ....sehingga tidak ada bagian yg habis pakai...problem utama pada motor brushless ini cuma pada bearing saja...itupun makan waktu yg lama sekali sampe bosen nunggunya..hehehe..tapi sampean tenang,Pak...ini cuma terjadi pada brushless motor 3 phase utk kebutuhan industri aja kok...hehehe

Lalu utk brushed motor ..nah ini..saya lebih suka meyebutnya motor DC(Direct Current)...krn secara konstruksinya..motor DC ini terdiri dari kumparan stator sebagai kumparan medan magnet(field winding) dan kumparan rotor yg biasa kita sebut armature...agar masing2 kumparan menghasilkan medan magnet..maka..masing2 harus mendapatkan suplay arus listrik....utk kumparan stator tidak jadi masalah..krn ini kumparan yg diam..tapi utk kumparan armature ato rotor yg notabene akan berputar utk mendapatkan arus listrik...maka dipakelah material penghantar..yg biasa kita sebut carbon brush..carbon brush ini yg merupakan material habis pakai..inilah yg bikin mahal motor brushed secara perawatannya..krn mesti sedia spare carbon brush..heheheh...ini yg bikin ga praktis,kalo diaplikasikan ke heli electric...life time motor pasti akan berkurang seiring dgn berkurangnya carbon brush tadi
Demikian..semoga bisa memberikan gambaran,Pak...kalo ada rekan2 yg mau menambahkan..monggo..monggo silakan nimbrung...mohon maaf kalo sedikit melenceng dr tema topik...

salam,
Budi