Oli untuk mesin DLE

Diskusi pesawat rc tenaga engine
Post Reply
User avatar
Janto_JAC
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 404
Joined: 02 Jul 2013, 19:38

Oli untuk mesin DLE

Post by Janto_JAC »

Teman-teman pecinta aeromodelling,

Demikian banyaknya oli 2 stroke yang ditawarkan di pasaran untuk mesin DLE kita.

Kita tinggal memilihnya, tapi kira-kira oli 2 stroke apa yang paling cocok untuk mesin DLE kita?

Setiap oli 2 stroke ada spesifikasinya (bisa dicari melalui google), terutama yang harus kita perhatikan adalah:
- Viscosity atau kekentalan oli. Dalam spesifikasi, kekentalan oli ada yang diukur pada suhu 40 dan 100 derajat Celcius
- Flash point atau titik nyala, dimana jika oli melewati titik nyala tersebut, oli akan terbakar, pelumasan tidak berjalan dengan sempurna, dampaknya mesin akan menjadi panas, power berkurang dan mesin bisa mati. Dalam jangka panjang, umur mesin akan berkurang.

Untuk memilih oli yang cocok untuk mesin DLE kita, kita harus mengacu ke manual DLE dengan kriteria sbb:
1. Pilih oli sintetik, bukan mineral atau semi sintetik
2. Pilih oli yang flash point/titik nyalanya diatas temp kerja mesin DLE. Berdasarkan Flying Giants Forum, Mesin DLE 55 cc, temperatur kerjanya pada saat terbang berkisar antara 100-165 derajat Celcius.

Dengan adanya 2 kriteria tersebut diatas, kita akan lebih mudah memilih oli sintetik yang tersedia di pasaran dengan cara mempelajarinya terlebih dahulu melalui internet untuk setiap oli yang akan kita pilih

Contohnya: Motul 800 Line Road Racing

https://azupim01.motul.com/media/motulD ... 210312.pdf

Melalui data spesifikasi tersebut, kita dapat mengetahui informasi sbb:
1. Viscosity 40C = 152.0
2. Viscosity 100 C = 18.7
3. Flash Point = 274C
4. Rekomendasi Mixing Ratio 33:1 to 25:1 (DLE 30:1)

Flash point/titik nyala oli Motul 800 Line Road Racing berada diatas temperatur kerja mesin DLE, jadi aman, pelumasan akan berjalan dengan sempurna, mesin "adem" dan bakalan awet, tidak mati-mati, apalagi lagi oli tersebut memang di-design untuk mixing ratio 33:1 yang sama dengan Manual DLE. Kalau dari baru langsung pakai oli dengan spesifikasi seperti ini, carburator setting tidak diperlukan, kita bisa gunakan factory carb set up. Pun kalau harus di-stel, hanya sedikit, dan tidak perlu selalu stel-stel carb.

Selamat memilih oli sintetik untuk mesin DLE-nya, ada banyak pilihan di pasaran yang bisa dicek melalui Toko Pedia salah satunya, seperti Ipone Stroke 2R, Ipone Samourai, AMSOil 2 stroke oil Dominator, Motorex Cross Power, Costrol A747, Maxima Formula K2 dll.

https://www.youtube.com/watch?v=SYTcJrOa5Kw

Ini pilihan oli 2 tak untuk referensi

Pilih oli yang tepat, agar mesin DLE-nya reliable/dapat diandalkan, tidak mati-mati atau power berkurang pada saat bermanuver

Salam aeromodelling

Referensi tambahan:

Spesifikasi Oli Ipon Samourai

https://cdn.shopify.com/s/files/1/0280/ ... 1605609510

Flash point-nya lebih tinggi daripada temperatur kerja maks mesin DLE yaitu 165 derajat Celcius

Spesifikasi Oli Maxima Formula K2

https://maximausa.com/rt-6004-2-stroke- ... -oils.html

Flash point-nya lebih rendah daripada temperatur kerja maks mesin DLE yaitu 165 derajat Celcius

Spesifikasi Oli Castrol A747

https://pdf.directindustry.com/pdf/cast ... 88350.html

Spesifikasi Motorex Cross Power 2T

https://motorex.com/Shared/Documents/TI ... 02T_EN.pdf

Spesifikasi Motul 510

https://azupim01.motul.com/media/motulD ... 210312.pdf

Motul 510, oli semi sintetik, tidak direkomendasikan oleh manual DLE, karena oli mesin DLE harus sintetik.
Post Reply