Semoga membantu kawan2 yg suka membuat bengkok shaft motor BP-21 seperti saya.
Terima kasih P' Roji untuk filenya.

1. Pakai kunci hexa (populer dgn nama Kunci L, atau kunci ellen kata om WR) ukuran 1.5 mm untuk melonggarkan 2 buah baut penahan mounting motor yang dibagian belakang
2. Setelah baut dilonggarkan, tarik motor mounting. Jika masih keras ditarik sambil diputar ke kiri dan kekanan, atau sambil diketok-ketok ringan sampai motor mounting bisa dilepas.
3. Lepaskan e-clip (snap ring) di bagian belakang shaft menggunakan obeng minus tipis dengan cara mendorong e-clip ke arah luar. lepaskan juga ring kecil yang terpasang dibawah e-clip tadi.
4. Tarik bell dari stator. Bearing depan kemungkinan ikut tertarik bersama shaft, jika demikian lepaskan bearing tersebut dari shaft dan pasang kembali ke stator. Jika ditemukan kondisi dimana bearing sudah oblak sebaiknya langsung diganti saja sekalian.
5. Berikutnya, kita perlu melepaskan mur hitam besar yang didepan bell, untuk itu kita perlu .....
6. …peralatan untuk memegang dengan kuat metal penahan shaft di sebelah dalam bell, ....
7. … paling tepat gunakan tang besar seperti gambar diatas. Tang yang bisa disetel dan ada penguncinya juga bisa digunakan.
8. Tarik nafas panjang (kecuali yang tenaganya besar), dengan menahan mur hitam pakai kunci Inggris(lebih baik pakai kunci ring 10), putar tang dari sebelah dalam sehingga mur besar yang diluar bell menjadi longgar dan bisa dilepaskan.
Lakukan sebaik mungkin, jangan sampai bell menjadi penyok. bagi yang punya ragum akan sangat membantu.
9. Jika merasa capek, istirahat sejenak sambil makan snack.
10. Lepaskan shaft dari bell, dengan cara diketok ringan dari sebelah luar. Selalu ganti shaft dengan yang baru, shaft lama kemungkinan sudah tidak layak lagi (order ke UH atau ke LHS). Selanjutnya motor bisa dirakit kembali dengan cara kebalikan proses melepaskan diatas.