TREX flyers ayo gabung di sini

Diskusi tentang heli elektrik

Moderators: Budiman, irsansaputra

Post Reply
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Abi Ghiffa wrote:cari sourcenya, masa ga ada yang jualan sich MOSFET ini,....kayakk barang langka sekali sich ??

penasaran,..hiks.


Kalo yg model SMD gitu susah ,apalagi ini high current low voltage, kalo yg cuman 2 ampere sih kantor saya punya stock
Kalo di Glodok banyaknya yg model T.O.Package
User avatar
jedx
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 313
Joined: 17 Jan 2007, 16:34
Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
Contact:

Post by jedx »

iwan21 wrote:
Abi Ghiffa wrote:cari sourcenya, masa ga ada yang jualan sich MOSFET ini,....kayakk barang langka sekali sich ??

penasaran,..hiks.


Kalo yg model SMD gitu susah ,apalagi ini high current low voltage, kalo yg cuman 2 ampere sih kantor saya punya stock
Kalo di Glodok banyaknya yg model T.O.Package


ada typenya om itu mosfet? mungkin saya bisa looking-looking...kalo sempat.
analisa saya .. pas crash.. ESC masih mengalirkan arus tapi motornya ketahan gak muter, jadi mosfetnya yang KO...
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

wah typenya lupa, ESC nya udah di pak Supri lagi
User avatar
ferry
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 525
Joined: 18 Jan 2007, 08:49
Location: Surabaya
Contact:

Post by ferry »

jedx wrote:
ada typenya om itu mosfet? mungkin saya bisa looking-looking...kalo sempat.
analisa saya .. pas crash.. ESC masih mengalirkan arus tapi motornya ketahan gak muter, jadi mosfetnya yang KO...


bisa merembet driver mosfetnya jg KO......
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

jedx wrote:ada typenya om itu mosfet? mungkin saya bisa looking-looking...kalo sempat.
analisa saya .. pas crash.. ESC masih mengalirkan arus tapi motornya ketahan gak muter, jadi mosfetnya yang KO...


Wah, kalo bisa looking2 , tulung liatin yg tipe 4324 om, kalu murah ya nitip aja barang 10 biji ya...(talangin dulu heheheh)...tq sebelumna
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

SUPRI wrote:Halo teman-teman dan om, om semua......

Mau tannya dan minta petunjuk nih :

Saya punya TREX450S dengan spesifikasi sbb :

1. Trex450S
2. Gyro 401
3. Servo Gyro 9254
4. Servo HS65HG
5. ESC 35 A
6. Bateri Flight Prower 2500 MAH

Pada waktu dimainkan di acara Mago City Trex saya mengalami crash, namun kondisi fisiknya utuh karena posisi crashnya hard landing. Namun saya sedikit terkejut ketika Crash ESC mati (sewaktu baterai di colok tidak ada bunyi program pada ECS). setelah saya ganti dengan ESC baru, kejadian ini terulang kembali pada waktu bulan puasa minggu kedua Trex tersebut crash lagi, untuk kali ini lebih parah karena servo rontok, blade patah, main mash + spindle bengkok, blade holder patah. Yang bikin saya lebih kecewa lagi ESC yang baru diganti manti lagi yaitu ketika ESC di colok ke baterai tidak ada bunyi program pada esc (motor tidak bisa berputar) hanya BEC nya yang jalan (servo bisa bergerak)

Dua kali kejadian dengan ESC ALIGN35X mati karena heli Crash (BEC masih hidup)

Adakah teman-teman pernah mengalami hal tersebut, apakah ESC itu benar benar mati dan tidak bisa digunakan lagi atau ada cara lain untuk bisa menghidupkan kembali ESC tersebut, terima kasih

Mohon masukannya ya...........


Pak Supri,

ESC mati bisa disebabkan kelebihan beban pada awalnya...berapa pitch curve, throttle curve dan bagaimana jarak antara pinion motor dgn main gear pada saat terbang?...ini bisa jadi awal ESC kelebihan.. beban(overload)..pada saat crash,motor menahan beban yg besar sesaat saat impact...tertahan sepersekian detik..
throttle curve pd point ke tiga terlalu kecil,pitch terlalu besar pd point ke tiga..dan jarak antara pinion dgn maingear terlalu rapat.. menyebabkan ESC kepanasan..juga jenis blade yg dipakai..blade fiber rata2 lebi berat dr pada wooden blade..ini juga meyebabkan ESC kepanasan...kemudian baru saya ingat,bagaimana posisi ESC pd heli..apakah mendapatkan air flow yg cukup utk pendinginan?..
Saya rasa hal2 spt yg saya sebut di atas perlu mendapatkan perhatian...karena begitu Anda mengganti dgn ESC yg baru lagi...hal iyg sama bisa jadi terulang lagi...
Demikian semoga bisa membantu..

salam,

Budi
User avatar
Arrayan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 70
Joined: 27 Aug 2008, 19:14
Location: Green Rock
Contact:

Post by Arrayan »

Mumpung topiknya masih ttg ESC ...
Setiap ganti ESC baru , misal RCE-BL35X - sebaiknya gimana - apakah mesti inisialisasi lagi ( masuk set up mode) , atau langsung tancep aja pake default. Nah kalo mau ke set up mode dimanual disebutkan sebelum TX ON - motor sudah terkonek, kemudian posisi throttle FULL - baru TX ON dan konek batere : pada situasi ini apa motor gak langsung nyentak ya ... #-o #-o confuse - jadi gak berani masuk ke set up mode ... mohon pencerahan .. :thx: =P~
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Arrayan wrote:Mumpung topiknya masih ttg ESC ...
Setiap ganti ESC baru , misal RCE-BL35X - sebaiknya gimana - apakah mesti inisialisasi lagi ( masuk set up mode) , atau langsung tancep aja pake default. Nah kalo mau ke set up mode dimanual disebutkan sebelum TX ON - motor sudah terkonek, kemudian posisi throttle FULL - baru TX ON dan konek batere : pada situasi ini apa motor gak langsung nyentak ya ... #-o #-o confuse - jadi gak berani masuk ke set up mode ... mohon pencerahan .. :thx: =P~

Gak usah kuatir motor nyala waktu bat dikonek pak, secara otomatis esc akan memprotek tidak memutar motor karena masuk mode setup... meskipun tidak mode setup tapi stik throtle tidak diposisi paling bawah biasanya ada peringatan di tx dan kalau bat di konekkan motor tidak berputar, baru setelah stik diposisikan full bawah akan meuncul nada siap terbang...
User avatar
Arrayan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 70
Joined: 27 Aug 2008, 19:14
Location: Green Rock
Contact:

Post by Arrayan »

Trims Mas Syafik - saya dah terima juga PM nya. Ke 5 step : Brake Disable - Timing - Batt Protect - Heli Mode & Throttle Response udh saya program begitu ngeh ttg Thrott MAX di awal untuk enntering set up mode itu. :thx: :thx: :bow: :bow: O:) O:)
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Arrayan wrote:Trims Mas Syafik - saya dah terima juga PM nya. Ke 5 step : Brake Disable - Timing - Batt Protect - Heli Mode & Throttle Response udh saya program begitu ngeh ttg Thrott MAX di awal untuk enntering set up mode itu. :thx: :thx: :bow: :bow: O:) O:)

Selamat mencoba pak...
Post Reply